Zinia anggun

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Zinia anggun
Zinnia July 2010-1.jpg
Klasifikasi ilmiah
Kingdom: Plantae
(tanpa takson): Angiospermae
(tanpa takson): Eudikotil
(tanpa takson): Asteridae
Ordo: Asterales
Famili: Asteraceae
Genus: Zinnia
Spesies: Z. elegans
Nama binomial
Zinnia elegans
Jacq. 1793, conserved name not Jacq. 1797 nor Sessé & Moc. 1890
Sinonim[1][2]
  • Zinnia violacea Cav.
  • Crassina elegans (Jacq.) Kuntze
  • Zinnia australis F.M.Bailey

Zinia anggun atau lebih dikenal dengan nama ilmiah Zinnia elegans[3] adalah salah satu tumbuhan berbunga semusim paling terkenal dari genus Zinia. Tanaman ini berasal dari Meksiko, namun tumbuh sebagai tanaman hias di banyak tempat dan menyebar di beberapa tempat, termasuk di Amerika Tengah dan Selatan, Hindia Barat, Amerika Serikat, Australia dan Italia.[4][5][6][7][8][9]

Zinnia elegans di Kerala.
Seekor bumblebee (Bombus lucorum) hinggap di zinia anggun di Kebun Botani Munich, Jerman.

Deskripsi[sunting | sunting sumber]

Tanaman yang tumbuh liar di alam tumbuh setinggi 30 inci (76 cm) dengan ukuran kepala bunga sekitar 2 inci (5 cm).

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Spesies ini pertama kali ditemukan pada tahun 1789 di Tixtla, Guerrero oleh Sessé dan Mociño. Tanaman ini kemudian secara resmi diberi nama Zinnia violacea oleh Cavanilles pada tahun 1791. Jacquin lalu kembali memberi nama untuk tanaman ini pada tahun 1792 sebagai Zinnia elegans.[10] Nama genus diberikan oleh Carl von Linné yang diambil dari nama ahli botani jerman Johann Gottfried Zinn yang sebelumnya memasukkan spesies yang sekarang dikenal sebagai Zinnia peruviana sebagai Rudbeckia foliis oppositis hirsutis ovato-acutis, calyce imbricatus, radii petalis pistillatis pada tahun 1757. Linné menyadari bahwa tanaman ini bukan termasuk Rudbeckia.

Kebiasaan[sunting | sunting sumber]

Zinnia berbunga antara musim semi hingga musim gugur.

Budidaya[sunting | sunting sumber]

Zinnia kebun diciptakan melalui hibridisasi dari zinnia yang tumbuh di alam liar. Zinnia merupakan tanaman kebun yang populer dengan ratusan kultivar dalam banyak warna, ukuran dan bentuk bunga. Zinnia raksasa memiliki bentuk bunga kepala dengan diameter 6 inci (15 cm).

Warna bunga berkisar dari putih dan krim hingga merah muda, merah, ungu, hijau, kuning, aprikot, jingga, salmon, dan perunggu. Beberapa memiliki kelopak bergaris, berbintik atau dua warna. Ada juga bentuk "pom-pom" yang menyerupai dahlia. Untuk jenis kerdilukurannya kurang dari 6 inci (15 cm) dengan tinggi sekitar 3 kaki (90 cm). Embun tepung biasa menyerang zinnia yang tumbuh di iklim lembab.

Kultivar lainnya antara lain 'Magellan', 'Envy Double', 'Fireworks', 'Purple Prince', 'Blue Point Purple', 'Profusion Cherry', 'Profusion Orange', 'Star Gold', 'Star Orange', dan beberapa jenis dengan kelopak putih seperti 'Crystal White', 'Purity', and 'Profusion White'.

Pertumbuhan[sunting | sunting sumber]

Zinnias tumbuh dengan mudah dan lebih menyukai tanah geluh dengan sinar matahari penuh. Mereka tumbuh dengan baik di daerah yang kering, hangat dan bebas musim dingin, serta banyak di antaranya memiliki toleran terhadap kekeringan. Beberapa mungkin dapat tumbuh di dalam ruangan.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Tropicos, Zinnia elegans Jacq.
  2. ^ The Plant List, Zinnia violacea Cav.
  3. ^ "BSBI List 2007". Botanical Society of Britain and Ireland. Diarsipkan dari versi asli (xls) tanggal 25 Februari 2015. Diakses tanggal 17 Oktober 2014. 
  4. ^ Biota of North America Program 2014 county distribution map
  5. ^ Altervista Flora Italiana, Zinnia elegans Jacq.
  6. ^ Atlas of Living Australia
  7. ^ Berendsohn, W.G. & A.E. Araniva de González. 1989.
  8. ^ Dodson, C.H., A.H. Gentry & F.M. Valverde Badillo. 1985.
  9. ^ Balick, M. J., M. H. Nee & D.E. Atha. 2000.
  10. ^ Kirkbride, J. H. & J. H. Wiersma. (2007).

Sumber[sunting | sunting sumber]

Kultivar[sunting | sunting sumber]