Zerre: Pendekar Ufuk Timur

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Zerre: Pendekar Ufuk Timur
Zerre- Pendekar Ufuk Timur poster.jpeg
SutradaraR. Jiwo Kusumo
ProduserDitha Samantha
Yuanita Ardistia
Penulis skenarioSad Purnadi
Penulis ceritaR. Jiwo Kusumo
Pemeran
Penata musikAdi Lazuardi
SinematograferUboth
PenyuntingSugi Compros
Perusahaan
produksi
Kalchakra Multi Sinema
PB PON XX Papua 2021
Tanggal rilis
  • 7 Oktober 2021 (2021-10-7)

(Indonesia)

Durasi106 menit
NegaraIndonesia
BahasaBahasa Indonesia

Zerre: Pendekar Ufuk Timur adalah film drama-aksi-olahraga Indonesia tahun 2021 kerjasama Kalchakra Multi Sinema dan Pengurus Besar Pekan Olahraga Nasional XX Papua 2021 guna menyambut pagelaran olahraga tersebut. Film yang disutradarai oleh R. Jiwo Kusumo ini menampilkan Aditya Zoni serta aktor pendatang baru asal Papua, Yudas Alep Itlay sebagai pemeran utama.[1][2][3]

Latar belakang[sunting | sunting sumber]

Untuk memeriahkan ajang Pekan Olahraga Nasional 2021 yang diselenggarakan di Papua bulan Oktober mendatang Panitia Besar (PB) PON XX Papua 2021 menggandeng PT Kalachakra Multi Sinema untuk ikut serta berkontribusi mempromosikan PON XX Papua 2021. PB PON XX Papua 2021 bersama PT Kachakra Multi Sinema membuat film yang berjudul Zerre: Pendekar Ufuk Timur yang disutradarai R. Jiwo Kusumo.

Pengambilan gambar dilakukan di beberapa daerah di Papua yaitu Jayapura, Timika, Biak, Merauke, Wamena serta tempat wisata alam seperti Teluk Yotefa, Air Terjun Harapan, Bukit Buper Waena, dan Pantai Base G. Film ini menyelesaikan pengambilan gambar pada 18 Maret 2021.

Untuk pemilihan tokoh utama perlu untuk berdialog dalam bahasa Indonesia serta dialek Papua dan memiliki kemampuan bela diri. Yudas terpilih sebagai pemeran utama setelah ia lolos casting setelah tim produksi menyeleksi mahasiswa Papua yang kuliah di Jakarta. Tim produksi menjelaskan bila pemilihan pemeran utama benar-benar berdasarkan kemampuan dan tak sekedar nama besar. Tim produksi memiliki visi untuk melahirkan the rising star dari Papua, terutama untuk aktor laga.

Sinopsis[sunting | sunting sumber]

Zerre (Yudas Alep Itlay), pemuda papua dengan talenta bela diri, yang mimpi menjadi juara PON XX Papua. Namun perjuangannya tak mudah. Ia harus berhadapan dengan sindikat kejahatan human trafficking dan narkoba dalam perjalanannya meraih mimpi tersebut.

Pemeran[sunting | sunting sumber]

Lagu tema[sunting | sunting sumber]

Tahun Judul Penyanyi
2021 "Pemenang Sejati" Drive
"Jangan Pernah Menyerah" Mace Purba

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]