Pantai Base G

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Pantai Base G atau juga dikenal sebagai Tanjung Ria terletak disebelah utara Kota Jayapura, Papua. Pantai Base G berlokasi sekitar 10 km dari Kota Jayapura di Distrik Jayapura Utara. Pantai Base G dapat dikunjungi dengan menggunakan berbagai jenis kendaraan dengan waktu tempuh kurang lebih 20 menit dari kota, dengan akses jalan beraspal. Apabila pengunjung mengambil patokan Bandara Sentani, waktu tempuh darat sekitar 1,5 jam.

Nama Base G berasal dari sejarahnya yang dahulu merupakan basis militer dengan nama Base G Camp pada masa Perang Dunia II. Kawasan Pantai Base G mempunyai luas sekitar 90 ha, panjang garis pantai 6-15 meter, dengan lebar pantai belakang 15-40 meter, lebar perairan 150-400 meter.[1]

Pantai Base G Jayapura merupakan salah satu tujuan wisata unggulan di kota Jayapura, Papua. Meskipun masih berada dalam wilayah kota, pantai ini menyuguhkan keindahan alam yang jarang dimiliki oleh pantai-pantai lain di Jayapura. Lokasinya yang terletak di sebelah barat kota Jayapura membuat pantai ini mudah diakses.

Pantai Base G
Pantai Base G

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Pantai Base G Jayapura memiliki sejarah yang erat kaitannya dengan Perang Dunia II. Pada tahun 1944, pasukan sekutu mendirikan basis militer di kawasan Tanjung Ria dan memberinya nama Base G Camp. Basis militer ini didirikan sebagai bagian dari strategi pasukan sekutu dalam menghadapi pasukan Jepang yang saat itu tengah menguasai wilayah Papua.

Saat ini, bekas lokasi Base G Camp telah menjadi salah satu objek wisata yang terkenal di Kota Jayapura. Pantai yang terletak di sekitarnya pun dinamai dengan nama Pantai Base G. Meskipun telah mengalami sejumlah perubahan dan pembangunan, namun tetap saja pantai ini masih menyimpan sejarah dan kenangan yang tak terlupakan bagi masyarakat setempat.

Selain menjadi saksi sejarah Perang Dunia II, Pantai Base G juga menawarkan keindahan alam yang memukau. Air laut yang jernih dan pasir putih yang halus menjadi daya tarik utama pantai ini. Tidak heran jika pantai ini menjadi salah satu destinasi wisata favorit bagi wisatawan lokal maupun mancanegara yang berkunjung ke Jayapura.

Keindahan Pantai[sunting | sunting sumber]

Pantai Base G Jayapura memiliki pemandangan alam yang luar biasa indah, masih alami dan asri. Hamparan pasir putih yang lembut dengan deburan ombak yang tidak terlalu besar menjadikan pantai ini sebagai tempat yang pas bagi Anda yang ingin mencari ketenangan dan melepas segala rasa stres.

Apalagi jika Anda mengunjunginya pada pagi hari, suguhan khas terbitnya matahari pagi pun akan memanjakan mata siapapun yang melihatnya. Air lautnya yang jernih kebiruan juga ikut memantulkan keindahan matahari pagi yang berwarna keemasan.

Dibandingkan dengan pantai lainnya di Kota Jayapura, Pantai Base G memiliki ombak yang lebih besar karena letak geografisnya yang langsung berhadapan dengan samudra Pasifik.

Namun, pihak pengelola sudah memasang pemecah karang sekitar satu kilometer dari pantai untuk mengurangi besarnya ombak. Dari kejauhan terlihat garis pantai yang panjang dan landai dengan air yang berwarna biru. Ditambah lagi pepohonan hijau yang tumbuh di sekitar pantai, menjadikan pantai ini elok dan indah.

Aktivitas di Pantai Base G[sunting | sunting sumber]

Dengan keindahan yang ditawarkan, membuat pantai ini selalu ramai dikunjungi oleh para wisatawan. Selain menikmati suasana pantai yang indah dan nyaman, Anda bisa melakukan berbagai aktivitas, antara lain berenang, mengelilingi pantai dengan perahu, memancing ataupun menyelam.

Disana terdapat pondok-pondok dan juga bangku yang dibangun warga setempat. Selain bangku, terdapat beberapa jenis pohon yang tumbuh di tepian pantai sebagai peneduh, salah satunya adalah pohon keben.

Para pengunjung pantai dapat melakukan berbagai aktivitas wisata, diantaranya berenang, mengelilingi pantai dengan perahu, memancing maupun menyelam. Pantai yang berpasir putih menghadap ke arah timur dan berhubungan langsung dengan lautan Pasifik yang air lautnya terlihat jernih dengan hamparan pasir putihnya.

Di lokasi ini terdapat beberapa tempat penginapan, namun yang paling dekat dengan pantai adalah Hotel Andalusia yang terletak di Kawasan Dok IX dengan kisaran pengunjung sebanyak 200-300 orang per minggu.

Dari segi fasilitas, Pantai Base G tidak terlalu lengkap. Namun, ada beberapa warung makan yang menjual makanan ringan dan minuman yang cukup untuk menghilangkan rasa lapar dan dahaga Anda. Anda juga dapat membawa bekal makanan dan minuman dari luar untuk menghemat pengeluaran.

Untuk akomodasi, di sekitar pantai terdapat beberapa penginapan yang cukup baik dan nyaman untuk menginap. Penginapan di pantai ini cukup terjangkau, sehingga Anda tidak perlu khawatir tentang biaya penginapan yang mahal. Jika Anda ingin mencari penginapan dengan fasilitas yang lebih lengkap dan mewah, Anda dapat memilih hotel atau penginapan yang berada di Kota Jayapura.

Pantai Base G juga cocok untuk Anda yang ingin berlibur bersama keluarga. Anda dapat menikmati keindahan pantai sambil menikmati waktu bersama keluarga Anda. Terdapat juga beberapa wahana bermain anak yang dapat digunakan oleh anak-anak untuk bermain dan beraktivitas di pantai.

Namun, perlu diingat bahwa ketika berkunjung ke Pantai Base G, Anda harus menjaga kebersihan dan kelestarian alam. Jangan membuang sampah sembarangan dan jangan merusak lingkungan pantai. Kita semua memiliki tanggung jawab untuk menjaga keindahan alam Indonesia, termasuk pantai-pantai yang menjadi tujuan wisata.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Pantai Bersejarah Nan Cantik di Bumi Papua". Indonesiakaya.com. Diakses tanggal 29 Februari 2020.