Yasmin Muntaz

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Yasmin Muntaz (lahir di Jakarta, 20 Juli 1970; umur 49 tahun) adalah penyiar program berita 'Cakrawala Sore' dan 'Cakrawala Minggu' di antv pada tahun 1997-2000. Ia bergabung di antv sejak tahun 1995. Sejumlah peristiwa penting pernah diliput anak sulung dari Ny.Nargis dan Muntaz Ishak (alm) ini.

Liputan besarnya antara lain, kerusuhan 27 Juli 1996, Tragedi Semanggi 1998, dan Bom di rumah dubes Filipina tahun 2000. Dalam tragedi Semanggi, Yasmin bahkan pernah diisukan kena pukul aparat[butuh rujukan]. Sedangkan pada saat meliput Bom di rumah dubes Filipina, Yasmin dan kru antv, menjadi tim pertama yang tiba di lokasi karena saat kejadian sedang berada tak jauh dari TKP. Liputan Bom tersebut mengantarkan Yasmin meraih Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI) Award tahun 2000, sebagai reporter terbaik.

Tahun 2000, Yasmin hijrah ke Trans TV. Di Trans TV, ibu 3 anak ini ikut membidani lahirnya divisi pemberitaan Trans TV. Di stasiun TV milik Chairul Tanjung tersebut, Yasmin lebih banyak berkiprah di belakang layar yang memang adalah juga cita-citanya. Namun hingga 2004, lulusan Magister Hukum Tata Negara dari Universitas Indonesia ini masih kerap tampil di program berita "Berita Hari Ini" dan "Berita Trans Petang" serta dialog dengan para calon Presiden dalam 'Cafe Presiden'.

Tahun 2009, nominator Panasonic Award tahun 1998 dan 2000 untuk kategori pembaca berita terfavorit ini, juga terjun ke Politik. Yasmin menjadi calon anggota legislatif (caleg) dari Partai Amanat Nasional (PAN) untuk daerah pemilihan Banten 3 (kota dan kabupaten Tangerang).[1] Yasmin memang belum berhasil ke Senayan, dan kembali ke Trans TV. Sebagai produser di Trans TV, istri dari Muhammad Rahmani dan ibu dari Aqila Zahra Rahmani, Syafiq Ghazi Rahmani dan Ghazan Malik Rahmani ini, telah membidani sejumlah program, antara lain: Reportase Malam, Good Morning, Jelajah, Warna Warni Jelang Siang dan Aku Mau Sembuh (program anti narkoba pertama di televisi Indonesia).

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Sita Planasari Aquadini (2 April 2009). "Yasmin Muntaz Jengkel Banner Besarnya Hilang". Tempo.co. Diakses tanggal 23 Januari 2013.