Rahma Alia

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
Rahma Alia
Berkas:Rahma Alia.jpg
Lahir 17 Maret 1981 (umur 37)
Bendera Indonesia Jakarta, Indonesia
Pekerjaan Presenter

Rahma Alia atau biasa dipanggil Alia (lahir di Jakarta, Indonesia, 17 Maret 1981; umur 37 tahun). Alia menempuh sekolah menengahnya di Jakarta (SMAN 8) dan Australia (Geelong Grammar School), ia kemudian melanjutkan ke Fakultas Teknik Industri Universitas Trisakti, Jakarta. Memulai kariernya sebagai jurnalis dan presenter di stasiun tv ANTV. Selain menjadi presenter beberapa program berita seperti Topik Petang, ia juga dikenal sebagai pemandu acara beberapa talkshow, antara lain, Dialog Khusus, Bincang Eksklusif dan Ring Politik.

Biografi[sunting | sunting sumber]

Walaupun sangat tertarik dengan dunia televisi, penggemar berat musik Jazz ini mengawali kariernya sebagai presenter tanpa proses berliku. Awalnya dia hanya menemani temannya untuk casting presenter di antv yang diadakan di kampusnya. Iseng-iseng, temannya mengajak ikut casting. Tak dinyana Alia lulus dan sebulan kemudian langsung diminta siaran. Karena masih kuliah, ia hanya bekerja paruh waktu. Setelah meraih gelar sarjana, Alia memutuskan untuk bekerja penuh di ANTV. Keputusan yang tidak salah, karena ia kemudian menjadi ikon Antv dan menjadi salah satu presenter favorit penonton.

Penyuka makanan Jepang Sushi ini banyak mengisi waktu senggangnya dengan membaca buku dan bermain piano. The Alchemsit karangan Paulo Coelho adalah buku favoritnya. Setelah menikah, Alia kini tinggal di Kairo, Mesir.

Kontes kecantikan[sunting | sunting sumber]

Alia adalah pemenang None Jakarta 2001. Pada tahun 2005, ia berkompetisi pada ajang Puteri Indonesia dan meraih posisi Top 5. Ia juga mendapatkan gelar Puteri Atribut, Puteri Indonesia Pariwisata.

Sebagai Putri Pariwisata ia banyak terlibat dalam promosi pariwisata Indonesia di dalam maupun luar negeri, antara lain Cina dan Jepang. Pada saat promosi pariwisata di Jepang, Alia membawakan lagu Bengawan Solo karangan almarhum Gesang, namun dalam irama jazz dengan diiringi permainan piano musisi Dwiki Dharmawan.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Didahului oleh:
Natasya Ken Hapsari
Bendera Daerah Khusus Ibukota Jakarta None DKI Jakarta
2001
Diteruskan oleh:
Orchida Ramadhania
Didahului oleh:
Nadia Mulya
(2004)
Puteri Indonesia Pariwisata
2005
Diteruskan oleh:
Rahma Landy
(2006)