Xiaomu

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Permaisuri Wang (王皇后, nama pribadi tidak diketahui) (†21 M), resminya Ratu Xiaomu (孝睦皇后, secara harfiah, Permaisuri yang Berbakti dan Menyenangkan) merupakan seorang permaisuri pada masa Dinasti Xin.

Lady Wang menikah dengan suaminya, calon kaisar Xin, Wang Mang saat ia masih menjadi orang biasa (meskipun orang biasa yang memiliki koneksi baik, menjadi keponakan permaisuri Han, Permaisuri Wang Zhengjun). Dia adalah putri Wang Xian (王咸), Markis Yichun, yang adalah cucu dari perdana menteri Han, Wang Xin (王訢). (Pernikahannya dengan Wang Mang adalah bukti bahwa pada saat itu, larangan orang Tionghoa melawan endogami berdasarkan nama keluarga yang sama tidak seketat itu.) Dia, mengambil teladan Wang Mang, hemat dalam kehidupannya, dan pada satu kesempatan, ketika para utusan kekaisaran datang ke rumahnya, caranya berpakaian dan tingkah lakunya menyebabkan para utusan kekaisaran mengira ia adalah pembantu rumah tangga, bukannya istri seorang markis terkemuka.

Lady Wang memberi setidaknya lima orang anak kepada suaminya—putra-putra: Wang Yu (王宇), Wang Huo (王獲), Wang (王安), dan Wang Lin (王臨), dan putri (nama tidak diketahui) yang kemudian menjadi permaisuri Kaisar Ping dari Han dan diberi gelar Putri Huanghuang pada masa Dinasti Xin.

Wang Mang dikenal publik karena kesetiaan pernikahannya, dan dia menunjukkan bahwa dia tidak memiliki selir, atau berhubungan dengan wanita lain selain istrinya. Namun, itu tidak benar, karena Wang Mang memiliki urusan dengan setidaknya tiga pelayan wanita dan, kemudian, dayang Permaisuri Wang. Dia juga dikenal karena kehidupan hematnya, yang diturunkan ke istrinya, dan dalam satu insiden ketika dia adalah komandan pasukan bersenjata di bawah sepupunya Kaisar Cheng dari Han, ketika ibundanya meninggal dan Lady Wang datang untuk menyambut para pelayat, dia berpakaian sederhana sehingga dia disangka sebagai pelayan.

Selama karier suaminya, Lady Wang kehilangan dua putra di tangan suaminya. Wang Huo dipaksa bunuh diri pada tahun 5 SM setelah membunuh seorang pembantu. Wang Yu juga dipaksa untuk bunuh diri, pada tahun 3 M, setelah gagal dalam konspirasi dengan paman maternalnya Kaisar Ping dari klan Wei untuk menggulingkan pemerintahan diktator Wang Mang. Karena tragedi-tragedi ini, Lady Wang sering meratap dan menangis sehingga akhirnya dia menjadi buta.

Pada tahun 9 M, setelah Wang Mang merebut takhta Han dan menyatakan dirinya sebagai kaisar Dinasti Xin, Lady Wang diciptakan sebagai permaisuri. Dari dua putranya yang masih hidup, yang lebih muda, Wang Lin dianggap lebih cakap, jadi Wang Mang menjadikannya sebagai putra mahkota, sementara Wang An dijadikan Lord Xinjia. Karena kebutaannya, Putra Mahkota Lin akhirnya diminta oleh ayahandanya untuk pindah ke istana untuk merawatnya.

Permaisuri Wang meninggal pada tahun 21 M. Setelah kematiannya, dua putranya yang masih hidup juga meninggal pada tahun yang sama—Wang Lin bunuh diri dengan pedang setelah komplotannya untuk membunuh ayahandanya (karena dia takut ayahandanya akan mengetahui bahwa dia berselingkuh dengan dayang permaisuri Yuan Bi (原碧), dengan siapa Wang Mang juga punya hubungan asmara dengannya) ditemukan, dan Wang An meninggal karena penyebab alami. Suaminya dan putrinya akan meninggal pada tahun 23 M ketika Dinasti Xin dihancurkan oleh orang-orang yang memberontak akibat ketidakmampuan kaisar.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Keluarga Aisin Gioro
Dinasti baru Permaisuri Dinasti Xin
9–21
Diteruskan oleh:
Permaisuri Shi
Didahului oleh:
Permaisuri Wang dari Dinasti Han Barat
Permaisuri Tiongkok
9–21