Wonokeling, Jatiyoso, Karanganyar

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

[1]

Wonokeling
Desa
Negara Indonesia
ProvinsiJawa Tengah
KabupatenKaranganyar
KecamatanJatiyoso
Kodepos57785
Luas... km²
Jumlah penduduk... jiwa
Kepadatan... jiwa/km²

Wonokeling adalah desa di kecamatan Jatiyoso, Karanganyar, Jawa Tengah, Indonesia. Desa Wonokeling terdiri dari beberapa dusun yaitu: - Watugede - Ngesep Kidul - Ngesep Lor - Duwetan - Metro - Selobentar - Wonokeling - Gandri - Kemengan Mayoritas penduduk desa Wonokeling berprofesi petani di lahan kering serta sebagian besar generasi mudanya merantau ke kota-kota lain di seluruh pelosok negeri guna memperbaiki ekonomi mereka yang kurang bisa diandalkan dari bertani. Di tanah rantau umumnya mereka berdagang, sebagian mereka berdagang bakso keliling bagi kaum lelaki dan jamu gendong yang mayoritas di tekuni oleh kaum wanitanya.

Sekilas pandang mengenai beberapa dusun di desa wonokeling 1. Watugede Dusun Watugede yang letaknya paling utara dari desa wonokeling, saat ini di pimpin kepala dusun Bapak Sumadi yang di dampingi ketua RW yaitu Bapak Nardi yang di dampingi oleh tiga orang ketua RT, yaitu bapak Purwanto selaku ketua RT 01 serta bapak Wignyo yang membawahi rukun tetangga 02 dan yang terahir bapak Narto yang menjadi kepala RT 03.

Walaupun dusun watugede desa wonokeling kecamatan jatiyoso merupakan desa terpencil dan mungkin kurang di kenal oleh sebagian besar masyarakat kab. Karanganyar pada umumnya. namun dusun watugede mempunyai sejarah yang mungkin menjadi kenangan dan kerinduan pendudukya siapapun yang pernah tinggal di dusun watugede.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ tulisan Ahmad Irhamni Sularno okt 2015