Wok

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Wok

Wajan Cina yang digunakan untuk menumis
Hanzi tradisional:
Hanzi sederhana:
nama alternatif
Hanzi tradisional: 炒鍋
Hanzi sederhana: 炒锅
Wajan untuk memasak bakmi

Wajan atau kuali (Inggris: wok) adalah alat penggorengan dengan dasar bulat yang berasal dari Tiongkok. Peralatan dapur ini umum dipakai di Tiongkok. Wajan yang serupa juga ditemukan di beberapa bagian Asia Timur, Selatan dan Tenggara, serta populer di bagian lain dunia. Agar wajan tidak mudah lengket dan berkarat, perlu dilakukan pelapisan terlebih dahulu dengan menggunakan minyak atau lemak padat.

Peristilahan[sunting | sunting sumber]

Kata "wajan" berasal dari kata waja yang dalam bahasa Jawa berarti "baja" atau "besi", penggunaanya terutama digunakan di Pulau Jawa termasuk di Jakarta. Di daerah lainnya, istilah Melayu "kuali" lebih umum. Di pulau Jawa, kata "kuali" (bahasa Jawa: kwali) lebih merujuk pada wadah serupa panci namun terbuat dari tanah liat.

Wajan ala Tionghoa[sunting | sunting sumber]

Dalam bahasa Inggris dan di Dunia Barat pada umumnya dikenal sebagai wok yang berasal dari Bahasa Kanton. Dalam bahasa Tionghoa disebut chǎo guō (炒鍋)

Wajan merupakan alat terpenting dalam memasak masakan Tionghoa.[1] Sejak periode Dinasti Han, wajan dibuat dari bijih besi.[1] Ia memiliki dasar yang cekung atau rata dan digunakan untuk menggoreng, merebus, mengukus, memanggang dan menumis.[1]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c Chunjiang, Fu (2003). Asal Mula Budaya Makanan Cina. Elex Media Computindo. hlm. 19. ISBN 981-229-318-3.