Wisma Tamu Negara Diaoyutai

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Gerbang menuju Wisma Tamu Negara Diaoyutai
Wisma Tamu Negara Diaoyutai

Wisma Tamu Negara Diaoyutai (Hanzi sederhana: 钓鱼台宾馆; Hanzi tradisional: 釣魚台賓館; Pinyin: Diàoyútái Guó Bīnguǎn) adalah sebuah kompleks wisma tamu dan hotel bersejarah di Beijing, Tiongkok. Tempat tersebut meliputi sejumlah bangunan, rumah dan taman. Nama "Diaoyutai" artinya "platform mata pancing", dan dinamai demikian karena tempat tersebut adalah tempat memancing kesukaan Kaisar Zhangzong dari Jin. Tempat tersebut tidak ada kaitannya dengan Kepulauan Diaoyutai. Kompleks hotel tersebut juga disebut sebagai salah satu dari Sepuluh Bangunan Besar, sebuah daftar markah tanah yang dibangun pada 1959 untuk peringatan ke-10 Republik Rakyat Tiongkok.

Wisma tamu tersebut digunakan sebagai tempat singgah tamu-tamu asing dan pejabat-pejabat pemerintah provinsi. Pada masa Revolusi Kebudayaan, tempat tersebut digunakan sebagai kantor Kelompok Revolusi Kebudayaan pusat, dan tempat tinggal Mao Zedong, Jiang Qing (Madame Mao), Chen Boda dan Kang Sheng. Wisma Tamu Negara Diaoyutai dibuka untuk membayar para pelanggan.

Wisma tamu tersebut terletak di Distrik Haidian, Beijing, berada di sebelah barat Jalan Sanlihe dan sebelah timur Taman Yuyuantan.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Koordinat: 39°55′0.83″N 116°19′40.51″E / 39.9168972°N 116.3279194°E / 39.9168972; 116.3279194

Templat:Bangunan dan Struktur di Beijing