Winter's Bone

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Winter's Bone
Poster film Winter's Bone
SutradaraDebra Granik
ProduserAnne Rosellini
Alix Madigan-Yorkin
Ditulis olehDebra Granik
Anne Rosellini
Berdasarkan
Winter's Bone
oleh Daniel Woodrell
PemeranJennifer Lawrence
John Hawkes
Penata musikDickon Hinchliffe
SinematograferMichael McDonough
PenyuntingAffonso Gonçalves
Perusahaan
produksi
Anonymous Content
Winter's Bone Productions
DistributorRoadside Attractions
Tanggal rilis
Durasi98 menit[1]
NegaraAmerika Serikat
BahasaBahasa Inggris
Anggaran$2 juta[2]
Pendapatan
kotor
$16.131.551[2][3]

Winter's Bone adalah film drama Amerika Serikat tahun 2010 yang disutradarai oleh Debra Granik dan diproduseri oleh Anne Rosellini dan Alix Madigan-Yorkin. Naskah film ini ditulis oleh Debra Granik dan Anne Rosellini berdasarkan buku Winter's Bone karya Daniel Woodrell. Film ini dibintangi oleh Jennifer Lawrence dan John Hawkes.

Film Winter's Bone ditayangkan secara perdana di Festival Film Sundance pada tanggal 21 Januari 2010[4] dan dirilis di Amerika Serikat pada tanggal 11 Juni 2010.[5] Film ini mendapatkan review positif dari para kritikus.

Plot[sunting | sunting sumber]

Ree Dolly (Jennifer Lawrence) yang berusia 17 tahun merawat ibunya yang sakit mental, adik laki-lakinya yang berusia 12 tahun, Sonny (Isaiah Stone), dan adik perempuannya yang berusia 6 tahun, Ashlee (Ashlee Thompson), di daerah Ozarks di Missouri. Ree memastikan adik-adiknya makan dan mengajarkan mereka keterampilan dasar bertahan seperti berburu dan memasak. Keluarga Ree sangat miskin. Ayah Ree, Jessup, belum lama berada di rumah dan keberadaannya tidak diketahui. Jessup keluar dengan jaminan setelah penangkapan karena pembuatan "engkol".

Sherif Baskin (Garret Dillahunt) memberitahu Ree bahwa jika ayahnya tidak hadir pada tanggal sidang yang ditentukan di pengadilan, mereka akan kehilangan rumah karena dianggap sebagai bagian dari jaminannya. Ree mulai mencari ayahnya dan bertemu dengan pamannya, yang merupakan pecandu metamfetamina, Teardrop (John Hawkes), lalu ia melanjutkan perjalanannya ke keluarga yang jauh dan akhirnya ia mencoba untuk berbicara dengan bos kriminal setempat, Thump Milton (Ronnie Hall). Thump menolak bertemu dengan Ree dan satu-satunya informasi yang Ree sampaikan adalah peringatan untuk meninggalkan situasinya sendiri dan cerita bahwa Jessup meninggal karena kebakaran laboratorium metamfetamina atau meninggalkan kota untuk menghindari persidangan.

Ketika Jessup tidak datang ke persidangan, si pemberi jaminan datang mencari Jessup dan memberitahu Ree bahwa Ree memiliki sekitar satu minggu sebelum rumah dan tanah disita. Ree memberitahunya bahwa Jessup pasti telah mati, karena "keluarga Dolly tidak akan lari". Ia memberitahu Ree bahwa ia harus mendapatkan bukti bahwa ayahnya meninggal untuk menghindari jaminan yang akan hangus.

Ree mencoba bertemu dengan Thump lagi dan dipukuli oleh para wanita dari keluarga Thump. Teardrop muncul dan menyelamatkan Ree, menjanjikan penyerangnya bahwa Ree tidak akan mengatakan apapun atau menyebabkan lebih banyak masalah. Teardrop memberitahu Ree bahwa ayahnya terbunuh karena ia akan memberitahukan pembuat metamfetamina lainnya, namun Teardrop tidak tahu siapa yang membunuhnya. Teardrop memperingatkan Ree bahwa jika ia tahu pelakunya, Ree tidak boleh memberitahunya, karena si pembunuh kemungkinan akan membunuh Teardrop juga.

Beberapa malam kemudian, wanita dari keluarga Thump yang memukul Ree datang ke rumahnya dan menawarkan untuk membawanya ke "tulang ayahnya". Wanita itu menempatkan karung goni di kepalanya dan mengantarnya ke danau, di mana mereka mendayung ke daerah dangkal tempat tubuh ayahnya terendam. Mereka menyuruh Ree untuk menyentuh air dan memegang tangan ayahnya agar mereka bisa memotong tangan ayahnya dengan gergaji mesin. Tangan yang terputus tersebut akan menjadi bukti kematian bagi pihak berwenang. Ree membawa tangan tersebut ke sherif dan memberitahunya bahwa seseorang melemparkannya ke teras rumahnya.

Si pemberi jaminan memberikan Ree sebagian uang dari jaminan tersebut, yang disiapkan oleh rekan Jessup yang tidak dikenal. Ree mencoba memberikan banjo Jessup ke Teardrop, namun Teardrop menyuruh Ree menyimpan banjo tersebut di rumah untuk Jessup. Saat Teardrop pergi, ia memberitahu Ree bahwa ia sekarang tahu siapa pembunuh ayahnya. Ree meyakinkan Sonny dan Ashlee bahwa ia tidak akan pernah meninggalkan mereka.

Pemeran[sunting | sunting sumber]

  • Jennifer Lawrence sebagai Ree Dolly
  • John Hawkes sebagai Teardrop Dolly
  • Dale Dickey sebagai Merab
  • Garret Dillahunt sebagai Sherif Baskin
  • Lauren Sweetser sebagai Gail
  • Shelley Waggener sebagai Sonya
  • Kevin Breznahan sebagai Little Arthur
  • Ashlee Thompson sebagai Ashlee Dolly
  • Tate Taylor sebagai pemberi jaminan
  • Sheryl Lee sebagai April
  • Cody Shiloh Brown sebagai Floyd
  • Isaiah Stone sebagai Sonny Dolly
  • Ronnie Hall sebagai Thump Milton

Tanggapan Kritikus[sunting | sunting sumber]

Film Winter's Bone mendapatkan review positif dari para kritikus. Berdasarkan Rotten Tomatoes, film ini memiliki rating 94%, berdasarkan 164 ulasan, dengan rating rata-rata 8,3/10.[6] Berdasarkan Metacritic, film ini mendapatkan skor 90 dari 100, berdasarkan 38 kritik, menunjukkan "ulasan yang baik".[7]

Box Office[sunting | sunting sumber]

Film Winter's Bone mendapatkan $6.531.503 di Amerika Utara dan $9.600.048 di negara lain. Total pendapatan yang dihasilkan oleh film ini mencapai $16.131.551, melebihi anggaran produksi film $2 juta.[3]

Pada pembukaan akhir pekan, film ini mendapatkan $84.797, menempati posisi ke-35 di box office.[2]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "WINTER'S BONE (15)". British Board of Film Classification. December 21, 2010. Diakses tanggal February 7 ,2018. 
  2. ^ a b c "Winter's Bone (2010)". Box Office Mojo. Diakses tanggal February 7, 2018. 
  3. ^ a b "Winter's Bone (2010)". The Numbers. Diakses tanggal February 7, 2018. 
  4. ^ Zeitchik, Steven (January 31, 2010). "'Winter's Bone' wins grand jury prize for drama at Sundance". Los Angeles Times. Diakses tanggal November 30, 2010. 
  5. ^ "Toolkit Case Study: How Indie Hit "Winter's Bone" Came to Be". IndieWire. November 4, 2010. Diakses tanggal February 7, 2018. 
  6. ^ "Winter's Bone (2010)". Rotten Tomatoes. Diakses tanggal February 7, 2018. 
  7. ^ "Winter's Bone reviews". Metacritic. Diakses tanggal February 7, 2018. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]