William Walker

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
William Walker
WilliamWalker.jpg
Presiden Republik Nikaragua
Masa jabatan
12 Juli 1856 – 1 Mei 1857
PendahuluPatricio Rivas
PenggantiMáximo Jerez dan Tomás Martínez
Presiden Republik Sonora Pertama
Masa jabatan
21 Januari 1854 – 8 Mei 1854
Presiden Pertama Republik California Hilir
Masa jabatan
3 November 1853 – 21 Januari 1854
Informasi pribadi
LahirNot recognized as a date. Years must have 4 digits (use leading zeros for years < 1000).
Nashville, Tennessee
Meninggal dunia12 September 1860(1860-09-12) (umur 36)
Trujillo, Honduras
Partai politikDemokrat (Nikaragua)
Tanda tangan

William Walker (8 Mei 1824 – 12 September 1860) adalah seorang dokter, pengacara, jurnalis dan tentara bayaran Amerika Serikat yang melancarkan ekspedisi-ekspedisi militer pribadi ke Amerika Latin dengan maksud untuk mendirikan koloni berbahasa Inggris di bawah kendali pribadinya. Upaya semacam ini dijuluki "filibuster".

Kiprah[sunting | sunting sumber]

Walker lahir di Nashville, Tennessee, pada tahun 1824 dari pasangan James Walker dan istrinya Mary Norvell. Ayahnya adalah anak seorang pendatang Skotlandia, sementara ibunya adalah anak perempuan Lipscomb Norvell, seorang perwira Virginia yang aktif dalam Perang Revolusi Amerika. William Walker pernah bertunangan dengan Helen Martin, tetapi ia tidak pernah menikah dan ia meninggal tanpa dikaruniai seorang anak.

Pada 15 Oktober 1853, Walker dan 45 pasukannya menaklukkan kota La Paz dan menyatakan berdirinya "Republik California Hilir". Namun, ia harus memindahkan markasnya dua kali dalam waktu tiga bulan untuk menghindari serangan Meksiko: pertama-tama ke Cabo San Lucas dan kemudian ke Ensenada. Walaupun ia tidak pernah mengendalikan wilayah Sonora, dalam waktu kurang dari tiga bulan kemudian ia menyatakan Baja California sebagai bagian dari Republik Sonora yang lebih besar.

Sekembalinya ke California, ia diadili karena telah mengobarkan perang secara ilegal dan melanggar Undang-Undang Netralitas 1794. Namun, proyek yang ia lancarkan merupakan proyek yang populer di Amerika Serikat selatan dan barat pada masa itu, sehingga juri hanya membutuhkan waktu delapan menit untuk membebaskannya.[1] Ia kemudian melancarkan beberapa ekspedisi militer pribadi ke Amerika Latin. Ia mengambil alih posisi kepresidenan di Nikaragua pada tahun 1856 dan menguasainya hingga tahun 1857, tetapi ia kemudian dikalahkan oleh koalisi pasukan Amerika Tengah. Ia kembali mencoba melakukan proyek serupa di Honduras, tetapi ia malah dihukum mati oleh pemerintah Honduras pada tahun 1860.

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "The Biography of William Walker". Latinamericanhistory.about.com. 2014-03-07. Diakses tanggal 2014-05-03. 

Bacaan lanjut[sunting | sunting sumber]