Republik Sonora

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
República de Sonora

Republik Sonora
1854–1854
Bendera Sonora
Bendera
RepublicofSonora.png
StatusNegara yang tidak diakui
Ibu kotaLa Paz
PemerintahanRepublik
Presiden 
• 21 January 1854 – 8 May 1854
William Walker
Sejarah 
• Kemerdekaan
10 Januari 1854
• Dibubarkan
8 Mei 1854
Luas
1854323.091 km2 (124.746 sq mi)
Didahului oleh
Digantikan oleh
Republik Federal Meksiko Kedua
Republik Baja California
Republik Federal Meksiko Kedua

Republik Sonora adalah sebuah republik federal yang terdiri dari dua negara bagian: Baja California (sekarang Baja California dan Baja California Sur) dan Sonora.

Deklarasi kemerdekaan dari Meksiko ditulis pada tanggal 10 Januari 1854. Republik Sonora terdiri dari Republik Baja California dan negara bagian Sonora. William Walker yang menjadi presiden, Watkins, rekan Walker menjadi wakil presiden, dan Emory, menjadi sekretaris negara.

Eksploitasi Walker dihasilkan sejumlah besar bunga kembali di San Francisco, di mana obligasi untuk Republik Sonora yang dijual dan benderanya bahkan dibesarkan di tempat. Namun, Walker tidak pernah dapat mengambil keuntungan dari popularitas proyek nya. Kurangnya pasokan yang serius, ketidakpuasan dalam partainya dan resistansi tak terduga yang kuat oleh pemerintah Meksiko dan Walker terpaksa mundur.

Di California, Walker diadili karena telah melakukan perang ilegal. Namun, masa tersebut merupakan masa Manifest Destiny dan akibatnya proyek filibusteringnya populer di selatan dan barat Amerika Serikat. Karena ini, juri butuh waktu delapan menit untuk membebaskannya.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]