Mataram Raya

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Kawasan Metropolitan Mataram

Mataram Raya
Mataram Raya.jpg
Negara Indonesia
Provinsi Nusa Tenggara Barat
Kota intiMataram
Daerah penyanggaKabupaten Lombok Barat
Kabupaten Lombok Tengah
Kabupaten Lombok Timur
Kabupaten Lombok Utara
Zona waktuUTC+8 (WITA)
Kode telepon+0370
Kota Mataram Kawasan Inti metropolitan Mataram Raya

Mataram Raya adalah salah satu kawasan metropolitan yang meliputi 5 kabupaten/kota di Provinsi Nusa Tenggara Barat[1][2]. Kota Mataram, Kabupaten Lombok Barat, Kabupaten Lombok Tengah, Kabupaten Lombok Timur dan Kabupaten Lombok Utara. Secara keseluruhan metropolitan Mataram Raya saat ini mencakup luas dari Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat.

Latar Belakang[sunting | sunting sumber]

Mataram Raya merupakan kawasan metropolitan di luar Pulau Jawa dan menjadi metropolitan kedua di Kepulauan Nusa Tenggara setelah metropolitan Sarbagita yang sedang dikembangkan oleh kementerian PPN/Bappenas menjadi kota metropolitan berbasis kota wisata dan budaya. Melihat letak Mataram Raya yang strategis berada di wilayah tujuan wisata terkenal di Indonesia, Pulau Lombok.

Keberadaan Kawasan Ekonomi Khusus Mandalika (KEK Mandalika) dan Sirkuit Mandalika (Sirkuit moto gp) yang saat ini tengah di bangun di wilayah Kabupaten Lombok Tengah juga akan menjadi salah satu penunjang ekonomi di kawasan metropolitan Mataram Raya.

Demografi[sunting | sunting sumber]

Mataram Raya memiliki populasi 3,167 juta (2010), kota ini berjarak sekitar 111 km dari metropolitan Sarbagita. Mataram Raya merupakan satu dari lima kawasan pengembangan metropolitan yang berada di zona Waktu Indonesia Tengah dan merupakan Kota Metropolitan keempat terbesar di kawasan Indonesia Timur setelah metropolitan Banjar Bakula.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]