Wikipedia:Pengurus/Pemungutan suara/Symphonium264 untuk pengurus 30 Januari 2021/STJ

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Berikut merupakan halaman sesi tanya jawab untuk calon pengurus Wikipedia bahasa Indonesia tahun 2021, Symphonium264 (bicarakontr.kontr. yang dihapuspemindahanblokirlog pemblokiranCentralAuth).

Sesi tanya jawab berlangsung mulai 13 Januari hingga 26 Januari. Proses pemilihan akan berlangsung jika calon pengurus telah memberi konfirmasi persetujuan dengan menandatangani pada bagian yang telah disediakan di halaman pemilihan.

Format[sunting sumber]

Tambahkan pertanyaan di bawah baris dengan menggunakan format berikut: #{{PP pertanyaan
|T=Pertanyaan
|J=Jawaban}}

Pertanyaan[sunting sumber]

Rachmat04[sunting sumber]

Hai! Selamat telah lolos dari sesi verifikasi. Agar saya dapat mengenal Anda, izinkan saya bertanya beberapa hal.

  1. Sejak menjadi kontributor di Wikipedia bahasa Indonesia, bagaimana Anda memandang Wikipedia ini dan masalah apa yang menurut Anda perlu dihadapi?
    Saya lihat WBI ini memiliki banyak pekerjaan rumah yang semestinya dibenahi, seperti banyak artikel yang kualitasnya masih kurang dan tak terurus serta tukang vandal yang datang silih berganti (baik yang singkat maupun jangka panjang). Permasalahan yang saya sampaikan itulah yang perlu dihadapi, mengingat Wikipedia sering kali digunakan khalayak umum untuk dijadikan bacaan mengenai suatu hal, dan apabila terjadi suatu kesalahan pada artikel yang diketahui oleh publik secara cepat sebelum kita ambil tindakan, maka sewaktu-waktu bisa terjadi semacam #BoikotWikipedia lagi dan Wikipedia dicap sebagai ensiklopedia yang tidak benar.
  2. Jika Anda lolos menjadi Pengurus, aspek apa saja dari tanggung jawab Pengurus yang ingin Anda tangani?
    Tentu saja segala aspek yang semestinya dilakukan oleh pengurus, seperti menghapus revisi yang menyalahi aturan atau artikel yang tidak memenuhi kriteria kelayakan, memberi perlindungan pada artikel yang membutuhkan, mengubah hak kelompok atau memblokir pengguna, dan sebagainya.

Trims, ··· 🌸 Rachmat04 · 13 Januari 2021 03.18 (UTC)

Terima kasih juga atas pertanyaannya, Bung Rachmat! – S264 [badhé ngobrol?] 13 Januari 2021 07.34 (UTC)

Johnstad Di Maria[sunting sumber]

Halo! Berikut pertanyaan dari saya.

  1. Beberapa bulan yang lalu, ada halaman fanspage di Facebook yang mempermasalahkan penyuntingan yang dilakukan anak berkebutuhan khusus di beberapa topik seperti pertelevisian atau perkeretaapian. Apa yang dapat Anda lakukan untuk menangani masalah penyuntingan anak berkebutuhan khusus tersebut?
    Wah... masalah kemarin ini cukup membuat kepala pusing, bahkan hingga sekarang, karena masalah suntingan ABK masih terjadi. Mau bagaimanapun, ABK ini harus dikhawatirkan karena ada kemungkinan terjadinya doxxing, sehingga ini menjadi tugas kita agar privasi dia tidak dibeberkan ke mana-mana, cukup secara internal saja, demi menghargai dan menjalankan prosedur sesuai kebijakan yang sudah ada. Peran orang tuanya juga penting agar kegiatan anak berkebutuhan khusus ini terkontrol. Mungkin kedepannya, perlu adanya penambahan esai Wikipedia mengenai penyuntingan anak (meliputi perlindungan anak juga) dan pedoman untuk orang tua, ya. Kemudian, peran para pengguna aktif juga dibutuhkan untuk menjaga dan mengawasi artikel yang biasa menjadi sasaran ABK, sehingga dapat ditangani dengan cepat dan baik.
  2. Sempat ada pengguna yang berpengalaman yang terindikasi melakukan penyuntingan berbayar. Apa pandangan Anda mengenai penyuntingan berbayar? Apakah Anda menyetujui atau menolak? Jika menyetujui, apa yang perlu dilakukan agar penyuntingan berbayar ini tidak menurunkan kualitas artikel Wikipedia? Jika menolak, bagaimana cara Anda untuk mencegah adanya penyuntingan berbayar di Wikipedia?
    Sebenarnya saya kurang setuju, namun berhubung adanya kebijakan yang mengatur mengenai kontributor berbayar, saya rasa boleh-boleh saja, asalkan si penyunting ini wajib menyingkap perihal kontribusi berbayarnya secara terang-terangan, intinya mengikuti prosedur yang tertulis di laman kebijakan, dan si pemberi kerja juga wajib tahu mengenai kebijakan Wikipedia yang berkaitan dengan di atas. Kemudian, agar artikel ini kualitasnya tidak buruk, perlu ada semacam peninjauan dari editor maupun pengurus sebelum dipublikasikan ke ruang utama, sehingga artikel ini bobotnya tidak berat sebelah dan tetap mengikuti kaidah penulisan Wikipedia.
  3. Apa kontribusi Anda di Wikipedia bahasa Indonesia yang menurut Anda bisa dibanggakan? Kontribusi tidak terbatas pada pengembangan artikel, tetapi juga bisa usulan kebijakan atau teknis.
    Mungkin yang saya banggakan tergolong 'sederhana', seperti membantu pengurus dalam menyelidiki dan mengawasi PJP dan berusaha membuat artikel mengenai musik secara baik. Saya juga memiliki rencana untuk menata ulang ProyekWiki Musik.
  4. Apakah jika diangkat jadi pengurus nanti, Anda bersedia untuk ikut acara-acara komunitas seperti kopdar?
    Insyallah bersedia jika tiada aral melintang.

Salam -- Johnstad Почта 13 Januari 2021 05.37 (UTC)

Terima kasih atas pertanyaannya, Bung Johnstad! – S264 [badhé ngobrol?] 13 Januari 2021 07.49 (UTC)

Terima kasih telah menjawab pertanyaan dari saya. Saya ada pertanyaan tambahan.

  1. Apa yang Anda ketahui mengenai Growth Feature? Apakah Anda setuju atau tidak jika fitur ini diberlakukan di Wikipedia bahasa Indonesia? Berikan alasan setuju atau tidak. Jika Anda setuju, apakah nantinya Anda bersedia menjadi mentor dalam fitur ini?
    Wahh.. fitur yang sempat disinggung di warkop pada waktu yang lalu, fitur mentoring untuk membantu pengguna baru. Saya sangat setuju jika fitur ini diberlakukan di WBI. Selain menjadi daya tarik sekaligus menumbuhkan minat kontribusi di WBI, ini juga membantu para penyunting pemula yang ingin berkontribusi dengan baik. Insyallah saya bersedia menjadi mentor jika fitur ini diterapkan.

Salam -- Johnstad Почта 21 Januari 2021 08.09 (UTC)

Siap, terima kasih lagi! – S264 [badhé ngobrol?] 21 Januari 2021 08.28 (UTC)

Hanamanteo[sunting sumber]

  1. Ketika Anda melihat seorang calon editor sudah memenuhi keenam persyaratan pengajuan, apakah Anda akan langsung mengangkat calon itu atau mempertanyakan hal di luar keenam persyaratan itu sepanjang masih berkaitan dengan pengajuan editor?
    Tentu saja saya akan mempertanyakan hal di luar persyaratan pengajuan, seperti yang saya lakukan saat menangani permohonan hak editor pada waktu sebelumnya. Pemberian status editor ini tidak terpaku atas keenam persyaratan, tetapi kontribusinya juga dipertanyakan, seperti riwayat si pengusul menangani vandalisme, kemampuan berbahasa dan suntingannya, sehingga nantinya editor dapat bertugas dengan baik dan dapat membantu pengurus dengan baik pula.
  2. Ketika Anda melihat halaman yang belum terperiksa dan tergolong sepi dikunjungi, apakah Anda akan langsung memeriksa halaman itu atau tidak?
    Tidak. Tidak semua halaman harus diperiksa karena nantinya menyulitkan penyunting niat baik dalam berkontribusi, yang suntingannya nanti akan tertahan dan menumpuk. Pemberian validasi cukup pada artikel-artikel yang berpotensi divandal.
  3. Anda mengutamakan mutu atau jumlah artikel? Pertanyaan yang sama juga untuk editor dan peninjau otomatis.
    Mutu artikel adalah yang utama.
  4. Ada ribuan halaman yang memliki perubahan tertunda, tetapi belum kunjung ditinjau editor. Jika seandainya sistem validasi artikel tetap dipertahankan, bagaimana cara Anda mengurai permasalahan ini yang belum terpecahkan selama bertahun-tahun?
    Saya akan mengingatkan para editor yang aktif untuk meninjau halaman yang tertinjau usang maupun halaman yang sekiranya memerlukan peninjauan segera. Tak hanya editor saja, saya juga akan ikut serta memantau dan meninjau halaman-halaman tadi.
  5. Ada ribuan berkas tak terpakai yang terkatung-katung hingga kini, ratusan pengalihan rusak dan kategori tak terpakai yang tidak jelas nasibnya. Sistem patroli artikel baru juga masih menemui kendala manakala banyak artikel tak layak yang bisa lolos selama berbulan-bulan. Apa yang Anda lakukan seandainya Anda terpilih menjadi pengurus?
    Jika saya terpilih menjadi pengurus, berkas-berkas yang tak terpakai ini perlahan-lahan akan dicek dan dibersihkan sesuai ketentuan yang berlaku, hal yang sama juga akan dilakukan pada halaman pengalihan rusak dan kategori tak terpakai. Tentunya hal ini tidak saya kerjakan sendirian, melainkan bekerja sama dengan pengurus lain. Mengenai banyaknya artikel tak layak yang lolos berbulan-bulan, saya akan berusaha untuk lebih aktif lagi dalam berpatroli di RC maupun log pembuatan halaman jika sekiranya ada artikel tak layak yang lolos sejak lama sekali, serta mengajak para pengguna aktif, editor, maupun pengurus lainnya untuk terus semangat dalam berpatroli.
Terima kasih atas pertanyaannya, Bung! – S264 [badhé ngobrol?] 13 Januari 2021 10.20 (UTC)

NFarras[sunting sumber]

Halo! Berikut beberapa pertanyaan dari saya:

  1. Apa yang Anda lakukan apabila menemukan artikel dengan kualitas terjemahan buruk, apakah Anda akan memperbaikinya atau hanya memberikan tag pemeliharaan?
    Jika saya paham mengenai artikel tersebut atau terjemahannya masih bisa ditolerir, maka akan saya coba perbaiki semampu saya. Jika kualitas terjemahan benar-benar buruk, maka pemberian tag pemeliharaan akan berlaku, agar si penerjemah mengetahui apa yang harus diperbaiki, sehingga tidak hanya asal menerjemahkan kemudian diserahkan kepada siapa saja yang mau memperbaiki.
  2. Bagaimana cara Anda menyelesaikan konflik dengan pengguna lain?
    Yang terpenting, lakukan sesuai kebijakan yang telah ada, diskusikan secara baik-baik, bersikap sabar, tidak egois, dan friendly terhadap pengguna tersebut dengan tidak menyerang pribadinya. Apabila saya berhadapan dengan pengguna baru, maka saya akan berusaha untuk tidak 'menggigit'nya dan berasumsi niat baik terlebih dahulu.
  3. Ada ribuan topik artikel di Wikipedia. Pada suatu hari, Anda menerima usulan penghapusan terhadap sebuah artikel dengan topik yang belum pernah Anda pelajari sebelumnya. Apa yang akan Anda lakukan?
    Saya akan coba cek kelayakan artikel tersebut, apakah sudah memenuhi kriteria umum maupun kriteria khususnya. Apabila ada sesuatu hal yang sekiranya saya tidak pahami, maka saya akan diskusikan dengan yang lebih mengerti topik artikelnya. Jika nyatanya layak dipertahankan, maka tetap pertahankan. Namun apabila terbukti tidak layak, langsung beri tindakan hapus.
  4. Mengapa Anda membutuhkan hak pengurus untuk menyelesaikan masalah-masalah di Wikipedia Bahasa Indonesia?
    Dari sekian banyaknya pengurus di WBI, hanya beberapa saja yang aktif/rajin menggunakan 'alat pel'nya, sehingga penanganan hanya terpaku kepada mereka saja. Kemudian jika mereka sedang sibuk di dunia nyata, segala hal yang menjadi tanggung jawabnya tertahan dan apabila tidak tertangani, masalah tersebut perlahan tenggelam tanpa penyelesaian. Maka dari itu, hak pengurus dibutuhkan agar penanganan suatu masalah dapat dilakukan dengan cepat, tanpa harus menunggu lama.– S264 [badhé ngobrol?] 13 Januari 2021 14.39 (UTC)

Semoga sukses! Naufal Farrasbicara 13 Januari 2021 14.11 (UTC)

Terima kasih, Bung NFarras! – S264 [badhé ngobrol?] 13 Januari 2021 14.39 (UTC)
Sama-sama dan terima kasih atas jawabannya Naufal Farrasbicara 15 Januari 2021 12.44 (UTC)

Saya ingin menambah satu pertanyaan lagi:

  1. Akhir-akhir ini, Wikipedia Bahasa Indonesia dibanjiri oleh artikel artis atau selebriti yang minim referensi dan bahkan mungkin tidak layak untuk dipertahankan di Wikipedia. Di sisi lain, Wikipedia Bahasa Indonesia saat ini hanya mengandalkan WP:LAYAK untuk menangani artikel artis/selebriti karena WP:ARTIS belum mencapai konsensus. Padahal, sudah seharusnya ada kebijakan yang mengatur hal ini secara spesifik. Bagaimana tanggapan anda mengenai permasalahan ini?
    Terkait masalah ini, tentunya harus ada kelanjutan diskusi mengenai kriteria kelayakan khusus artikel selebritas (yang didalamnya termasuk juga personalia YouTube) dan juga artikel bertopik acara televisi karena ada kaitannya. Keterlibatan kontributor yang mengerti di bidang ini juga diperlukan. Sebenarnya tidak hanya artikel mengenai pertelevisian yang perlu didiskusikan lagi mengenai kriteria kelayakan khusus, tetapi kriteria khusus topik lainnya yang masih belum tercapai konsensus juga perlu dibicarakan. Saya setuju jika proposal ini dilanjutkan hingga mencapai kesepakatan komunitas, demi kemajuan kualitas artikel di WBI.

Naufal Farrasbicara 22 Januari 2021 02.58 (UTC)

Terima kasih lagi, Mas. – S264 [badhé ngobrol?] 24 Januari 2021 04.59 (UTC)

Hidayatsrf[sunting sumber]

Halo, saya ingin mengajukan pertanyaan-pertanyaan berikut. Beberapa pertanyaan mungkin agak bersifat teknis (khususnya tetang fitur-fitur kepengurusan), bisa Anda skip jika kurang mengerti:

  1. Meskipun sudah melakukan sesuai kebijakan, saat menjadi pengurus Anda mungkin akan menerima berbagai ketidaksukaan, komplain, bahkan "hujatan" dari pengguna lain terkait tindakan Anda sebagai pengurus (misalnya saat menghapus halaman/berkas). Bagaimana Anda akan menyikapi hal tersebut?
    Saya akan mencoba sabar untuk menerangkan kepada pengguna tersebut mengenai kebijakan yang berlaku pada tindakan yang seharusnya saya lakukan jika menjadi pengurus.
  2. Jika Anda menemui artikel yang secara faktual layak dimasukkan Wikipedia tetapi minim rujukan apakah Anda akan langsung menghapusnya?
    Jika layak, maka saya akan mencoba mengembangkannya, memberikan tag pemeliharaan, atau mengajak pengguna yang sekiranya tertarik pada topik artikel tersebut untuk mengembangkannya.
  3. Bagaimana Anda akan menggunakan fitur pemblokiran pengguna? Apakah Anda akan menjadikan pemblokiran sebagai sebuah "hukuman" atau tindakan preventif?
    Fitur pemblokiran akan saya gunakan sebagai tindakan preventif.
  4. Berdasarkan halaman Istimewa:Statistik validasi rata-rata penundaan tinjauan di WBI saat ini mencapai 500 hari lebih. Halaman dengan perubahan tertunda mencapai 39.000 lebih. Bahkan jika semua pengguna aktif dijadikan editor, butuh waktu yang luar biasa lama untuk meninjaunya. Bagaimana menurut Anda menyikapi masalah ini?
    Tidak perlu semua pengguna aktif dijadikan editor. Saya yakin apabila halaman-halaman tertinjau usang akan diperiksa secara perlahan tapi pasti, dengan mengajak pengurus lain dan para editor untuk memeriksa halaman-halaman tersebut. Hal ini akan mudah dilakukan apabila ProyekWiki per bidangnya dapat aktif dengan lancar, sehingga editor yang paham di bidangnya dapat memeriksa halaman-halaman tersebut (terutama yang saya pantau adalah artikel mengenai pertelevisian, mencakup artis Indonesia).
  5. Di WBI banyak sekali templat dan modul yang belum dilengkapi dokumentasi. Padahal dokumentasi sangat penting untuk mengetahui cara menggunakan templat/modul tersebut. Menurut Anda bagaimana cara menghadapi persoalan ini?
    Saya kedepannya akan berusaha untuk membuat dokumentasi modul maupun templat. Tentu saja tidak sendirian, saya juga akan mengajak teman-teman pengurus lainnya serta para editor untuk membuat dokumentasi.
  6. Selain penghapusan halaman, pengurus juga bisa melakukan penghapusan/penyembunyian revisi. Apa yang Anda ketahui tentang fitur penghapusan revisi (RevisionDelete) yang nantinya bisa Anda akses jika menjadi pengurus? Kira-kira bagaimana Anda akan memanfaatkan fitur tersebut?
    Penghapusan revisi merupakan salah satu fitur yang dimiliki pengurus untuk menghapus suatu revisi agar tidak dilihat secara publik. Jika saya terpilih menjadi pengurus, fitur ini akan saya gunakan untuk menghapus/menyembunyikan revisi yang mengandung ujaran kebencian, berisi hasutan, berisi informasi pribadi suatu pengguna, dan hal-hal lainnya yang tidak semestinya dilihat publik.
  7. Jika terpilih menjadi pengurus bagaimana Anda Akan memanfaatkan fitur Nuke atau penghapusan massal?
    Sebagaimana fungsinya, fitur ini akan saya gunakan untuk menghapus serangkaian halaman secara massal. Fitur ini memudahkan pengurus untuk menghapus serangkaian artikel buatan pengguna yang tidak layak maupun bersifat spam.
  8. Apa yang Anda ketahui tentang range block?
    Range block adalah suatu fitur yang memungkinkan untuk memblokir sekelompok alamat IP yang dapat mencegahnya untuk menyunting, membuat akun, dsb.
  9. Apa yang Anda ketahui tentang fitur AbuseFilter?
    AbuseFilter atau filter penyalahgunaan merupakan fitur yang dapat menyaring suatu suntingan yang bekerja dengan mendeteksi suatu bentuk suntingan yang kemudian diberi tindakan otomatis sesuai konsekuensinya.
  10. Apa yang Anda ketahui tentang fitur MergeHistory (penggabungan riwayat halaman) yang bisa Anda akses jika nanti menjadi pengurus?
    Sepengetahuan saya, MergeHistory merupakan fitur yang memungkinkan penggabungan 2 sejarah halaman secara otomatis.
  11. Jika terpilih menjadi pengurus Anda bisa menyunting sebagian halaman di ruang nama MediaWiki, modul, dan templat-templat yang dilindungi. Seandainya Anda menemukan masalah di luar pengetahuan Anda, apakah Anda akan coba-coba menyuntingnya sendiri atau meminta bantuan pengurus lain yang lebih paham?
    Saya akan diskusikan bersama pengurus lain yang lebih mengerti, toh saya tidak bekerja sendirian dan saya akan terus belajar mengenai kepengurusan jika saya terpilih nanti. Jika saya sudah mengerti mengenai pemecahan masalah tersebut setelah melakukan diskusi, baru saya sunting halaman tersebut.

Demikian pertanyaan saya, maaf kalau cukup panjang, semoga sukses! Terima kasih. --Hidayatsrf (bicara) 13 Januari 2021 14.32 (UTC)

Terima kasih juga, Bung Hidayatsrf! Sudah saya jawab sebagaimana yang saya ketahui mengenai di atas, saya akan terus belajar mengenai teknis Wikipedia, khususnya fitur kepengurusan. – S264 [badhé ngobrol?] 14 Januari 2021 05.01 (UTC)

Padliansyah553[sunting sumber]

  1. Apa visi dan misi Anda di WBI dan apa visi dan misi Anda jika terpilih menjadi pengurus di WBI?
    Visi saya di WBI adalah membangun ensiklopedia daring bebas yang memiliki banyak artikel berkualitas, yang berguna bagi siapa saja. Sedangkan misi saya adalah membuat maupun mengembangkan artikel agar layak dibaca dan berkualitas serta memberantas vandalisme di WBI. Hal yang sama berlaku juga bagi saya ketika terpilih menjadi pengurus, dengan tambahan menjaga ketertiban dan lebih giat membantu para pengguna di WBI ini.
  2. Apa yang akan Anda lakukan bila menemukan artikel yang dibuat oleh pengguna baru namun tak memenuhi standardisasi di WBI?
    Jika memungkinkan untuk diperbaiki (dalam artian saya paham mengenai artikel tersebut), saya akan coba perbaiki dan kembangkan. Kalau tidak, saya akan beri tag pemeliharaan dan komunikasikan dengan pengguna baru itu.
  3. Bagaimana Anda membimbing pengguna baru?
    Saya akan bimbing melalui panduan kontribusi yang dikirimkan secara otomatis oleh bot yang ada di setiap laman pembicaraan pengguna. Apabila ada yang tidak dipahami oleh ybs., maka saya akan ajarkan secara spesifiknya sesuai kemampuan saya.

Semoga sukses!— Padliansyah553 pandir?  13 Januari 2021 14.43 (UTC)

Terima kasih, Bung! – S264 [badhé ngobrol?] 14 Januari 2021 00.40 (UTC)

Ardfeb[sunting sumber]

  1. Bagaimana pendapat Anda tentang artikel mengenai perusahaan-perusahaan besar, tapi isinya masih sangat sedikit atau bahkan belum ada referensinya? Adakah upaya khusus yang akan Anda lakukan untuk memperbanyak isi dari artikel mengenai perusahaan?
    Sebenarnya menurut yang saya lihat, tak hanya artikel bertopik perusahaan besar saja, nyatanya banyak artikel dengan topik bermacam-macam yang mengalami kondisi serupa. Jika dalam konteks artikel perusahaan besar, maka perlu adanya kiat mengajak para kontributor yang ahli di bidangnya untuk gotong royong mengembangkan artikel perusahaan besar yang masih berstatus rintisan, sekiranya notabel. Sama halnya dengan artikel topik lainnya. Namun hal yang menjadi perhatian utama perihal artikel perusahaan besar ini adalah suntingan konflik kepentingan, jadi selain pengembangannya, pengawasan terhadap revisi pada artikel-artikel tersebut juga perlu agar artikel tetap layak dan tidak berat sebelah.

ardhan (bicara) 14 Januari 2021 15.36 (UTC)

Terima kasih atas pertanyaannya! – S264 [badhé ngobrol?] 15 Januari 2021 09.22 (UTC)

Dimas Laksani[sunting sumber]

Halo, saya ingin bertanya beberapa hal kecil saja.

  1. Apa kelemahan anda dalam berwikipedia dan bagaimana strategi anda untuk menghadapi kelemahan tersebut? (jika merasa tidak ada tidak perlu dibuat-buat)
    Hmmm, sepertinya tidak ada.
  2. Jika anda bosan berwikipedia, apa yang akan anda lakukan untuk mengembalikan semangat berwikipedia anda? Bagaimana cara anda agar tidak bosan berwikipedia?
    Biasanya saya akan 'keluar' sebentar, mencari inspirasi yang membuat saya semangat nge-wiki lagi. Semisal saya menemukan sesuatu yang belum ada di Wikipedia, maka itu menjadi motivasi saya untuk kembali ber-wikipedia. Terkadang saat saya bosan, tiba-tiba teringat vandalisme yang pernah saya lihat di RC, itu juga menjadi motivasi saya untuk patroli di WBI lagi, hehehe.
  3. Apa harapan anda untuk wikipedia kedepannya?
    Saya berharap agar Wikipedia memiliki banyak artikel berkualitas yang pastinya berguna bagi siapa saja, tanpa coretan nakal dari tukang vandal, dan kegiatan para kontributor lancar tanpa ada gangguan.

Terima kasih. Salam. ✿Dimas Laksani✿ 16 Januari 2021 01.57 (UTC)

Terima kasih juga atas pertanyaannya. – S264 [badhé ngobrol?] 16 Januari 2021 09.19 (UTC)

Ronniecoln Loudtiago[sunting sumber]

Halo! Saya ingin menanyakan beberapa pertanyaan, semoga bermanfaat bagi Anda.

  1. Bagaimana Anda menyikapi kasus vandalisme dan penyalahgunaan jangka panjang (long-term abuse) yang terjadi akhir-akhir ini, terutama banyaknya informasi palsu di artikel-artikel bertopik pertelevisian?
    Kasus mengenai vandalisme, PJP, maupun informasi palsu perlu ditanggapi secara serius. Peran para pengguna aktif, editor, maupun pengurus dibutuhkan untuk memantau pengguna PJP serta menjaga dan mengawasi artikel yang biasa menjadi sasaran vandalisme atau informasi palsu, bila perlu, beri perlindungan pada artikel tersebut. Pemeriksaan artikel oleh kontributor yang ahli di bidangnya juga harus dilakukan untuk mencegah adanya informasi palsu pada artikel. Jika ada pengguna yang dicurigai PJP, segera ajukan ke IPS, dan bila perlu dapat diblokir sementara untuk mencegah suntingan yang merusak.
  2. Bisa dijelaskan perbedaan antara block dan ban?
    Block merupakan metode pengurus untuk mencegah pengguna dari penyuntingan, sedangkan ban adalah metode untuk melarang secara formal suatu pengguna dari penyuntingan, yang diberikan berdasarkan konsensus komunitas atau Komite Arbitrase.
  3. Bila ada pengguna baru yang kebetulan tidak mengetahui cara menyunting di Wikipedia, apa yang akan Anda lakukan?
    Setiap pengguna baru biasanya menerima pesan otomatis dari bot berupa ucapan selamat datang dan panduan berkontribusi. Saya akan bimbing pengguna tersebut menggunakan panduan kontribusi yang ada disana. Apabila ada yang tidak dipahami oleh ybs., maka saya akan bimbing secara spesifik sesuai kemampuan saya.
  4. Apa pandangan Anda mengenai artikel-artikel perusahaan kecil di Wikipedia dan juga kontribusi berbayar di Wikipedia?
    Kebanyakan artikel-artikel mengenai perusahaan kecil ini mengarah ke vanitas (dan kemungkinan besar kontribusi berbayar), yang kelayakannya dipertanyakan. Oleh karenanya, pemeriksaan artikel perusahaan kecil ini perlu dilakukan agar artikel yang dipublikasikan tidak memuat unsur iklan, kelayakannya jelas, dan penulisan sesuai dengan kaidah Wikipedia. Jika tidak layak, maka dihapus sesuai kriteria penghapusannya. Mengenai kontribusi berbayar, saya rasa boleh-boleh saja, asalkan si penyunting ini wajib menginformasikan kontribusi berbayarnya secara terang-terangan sesuai kebijakan yang ada. Mengenai penjelasan lebih lanjut, sudah saya jelaskan pada pertanyaan Bung Johnstad Di Maria di atas.

Sekian pertanyaan dari saya. Salam. – Ronniecoln Loudtiago (bicara)  16 Januari 2021 pukul 14.19 WIB

Terima kasih atas pertanyaannya, Bung! – S264 [badhé ngobrol?] 17 Januari 2021 06.33 (UTC)

Adhiwangsa[sunting sumber]

Halo, saya ingin bertanya kepada Anda

  1. Apabila Anda merasa perlu melakukan pemblokiran sebagai langkah untuk menangani vandalisme, pemblokiran jenis apa yang akan Anda pilih, blokir IP atau range block? Jika Anda mengambil langkah range block, bagaimana Anda memastikan langkah tersebut tidak salah sasaran? Jika Anda mengambil langkah blokir IP, bagaimana Anda memastikan orang tersebut tidak melakukan vandalisme kembali?
    Ini tergantung bagaimana motifnya, kalau menurut saya. Saya akan memberlakukan range block untuk kasus ekstrim dari serangkaian alamat IP. Karena dapat digunakan oleh orang lain, masa pemblokiran juga jangan terlalu lama. Saya lebih memilih blokir IP untuk kasus biasa, apabila peringatan yang diberikan tidak diindahkan penyunting IP tersebut. Sama seperti sebelumnya, masa pemblokirannya juga jangan keterlaluan lamanya. Untuk mencegah kembalinya suntingan vandal dari dia, perlu pemantauan pasca penindakannya.

Terima kasih, Adhiwangsa ❯❯❯ Ngobrol 20 Januari 2021 02.19 (UTC)

Mohon maaf karena saya agak lama menjawab pertanyaan dari Anda. Terima kasih juga atas pertanyaannya, Mas.– S264 [badhé ngobrol?] 24 Januari 2021 05.14 (UTC)

NaufalF[sunting sumber]

Halo, saya ingin memberikan tiga pertanyaan untuk Anda, semoga sukses atas pencalonannya!

  1. Bagaimana cara Anda menyikapi konflik antar pengguna? (Misal konflik penyuntingan maupun konflik di halaman pembicaraan yang berkepanjangan)
    Ikuti pedoman mengenai penyelesaian perselisihan dan usahakan untuk berdiskusi sehat terlebih dahulu. Toh, WBI memiliki EtikaWiki sebagai pedoman berinteraksi antarkontributor. Apabila konflik tersebut kiranya sudah melanggar kebijakan, maka perlu didiskusikan dengan pengurus lainnya. Lebih jelasnya seperti yang saya sampaikan pada pertanyaan Bung NFarras.
  2. Bagaimana Anda menyikapi pengguna yang tidak terima penghapusan artikel yang dibuatnya dan/atau diblokir dan malah menyerang Anda pribadi?
    Saya akan berusaha untuk bersabar menerangkan penyebab artikelnya dihapus atau akunnya diblokir kepada pengguna tersebut. Usahakan diselesaikan secara baik. Apabila si pengguna ini mulai menyerang pribadi saya secara ekstrim, saya akan diskusikan dengan pengurus lain untuk diambil tindakan mengenai pelanggaran yang dilakukan (kebijakan pemblokiran dapat berlaku).
  3. Menurut Anda, pengguna seperti apa yang pantas mendapatkan hak peninjau otomatis?
    Tentu saja bagi pengguna aktif yang riwayat kontribusinya baik, dalam artian suntingan-suntingannya ini banyak membantu dan dapat dipertanggung jawabkan.

Suwun, Naufal Fuadi [diskusi?] 20 Januari 2021 02.24 (UTC)

Sami-sami, Mas. Jika jawaban kurang memuaskan, silakan untuk ditanyakan lagi. – S264 [badhé ngobrol?] 22 Januari 2021 04.50 (UTC)

Mrbonbon[sunting sumber]

Halo, terima kasih sudah mau mencalonkan diri menjadi pengurus.

  1. Pertanyaannya, bagaimana Anda bisa meyakinkan kami bahwa pencalonan pengurus ini bukan semata alat panjat sosial sesaat, dan setelah terpilih beberapa bulan menjadi tidak aktif seperti contoh-contoh di waktu terdahulu?
    Menurut saya, pengurus hanyalah pengguna biasa yang kebetulan dipercaya komunitas untuk menggunakan alat pel sebaik-baiknya agar tidak disalahgunakan. Salah besar namanya jika seorang pengurus berperilaku gumedhe hanya karena memiliki hak tersebut. Mengenai hal ini pun, sudah ada nasihat untuk pengurus baru. Entah saya terpilih menjadi pengurus atau tidak, saya tetap menganggap diri saya sebagai pengguna baru yang ingin terus belajar, karena saya merasa banyak kontributor yang lebih berpengalaman dibandingkan saya. Kemudian, ketidakaktifan merupakan suatu kewajaran, karena pastinya ada kesibukan lain di dunia nyata. Beberapa waktu yang lalu, kontribusi saya sempat menurun karena sibuk, tetapi saya tetap usahakan aktif di WBI.

Mrbonbon (bicara) 24 Januari 2021 04.11 (UTC)

Terima kasih atas pertanyaannya! – S264 [badhé ngobrol?] 25 Januari 2021 04.19 (UTC)

Lihat pula[sunting sumber]