Wikipedia:Penyalahgunaan bak pasir

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Wikipedia:BADSAND)
Halaman ini BUKANLAH bak pasir.

Jika Anda ingin mencoba menyunting, gunakanlah bak pasir, yaitu halaman yang disediakan khusus untuk uji coba menulis dan menyunting di Wikipedia.

Bak pasir adalah halaman yang dipakai oleh pengguna untuk melakukan uji coba dan mempratinjau hasil suntingannya. Pengguna memiliki kebebasan yang lebih dalam menyunting bak pasir; dengan kata lain, pengguna dapat menyunting tanpa harus mengikuti kebijakan di Wikipedia. Kendatipun demikian, masih ada beberapa aturan yang membatasi suntingan dari pengguna Wikipedia. Sebagai contoh, pengguna tidak diperbolehkan untuk menyunting sesuatu hal yang berkaitan dengan ancaman hukum atau memfitnah seseorang (apalagi yang masih hidup). Konten-konten seperti itu dapat dianggap sebagai vandalisme dan dihapus kapan saja; jika pelanggaran tersebut terus dilakukan berulang, maka akan dapat berujung ke pemblokiran.

Penggunaaan bak pasir yang tak dapat diterima[sunting sumber]

Penghapusan tajuk[sunting sumber]

Penghapusan tajuk {{Bak pasir}}, seharusnya tidak dihapus. Tajuk tersebut merupakan informasi yang sangat penting. Karena tanpanya, pengguna baru tidak dapat mengetahui manakah halaman yang dapat diterima untuk suntingannya. Selain itu, pengguna baru tidak dapat mengetahui bahwa perubahan suntingannya tidak akan permanen. Akibatnya, pengguna baru akan terkejut ketika menemukan bahwa suntingannya telah hilang.

Konten hak cipta[sunting sumber]

Suntingan di bak pasir, atau halaman mana pun, yang memuat konten berhak cipta tanpa adanya izin sangat tak bisa diterima. Pengguna yang menyunting hal tersebut dapat diblokir.

Serangan pribadi dan pelecehan[sunting sumber]

Serangan pribadi dari seorang pengguna sangat tak dapat diterima, baik di bak pasir maupun di halaman-halaman lainnya. Komentar yang kasar di halaman bak pasir dapat menakutkan pengguna baru yang telah memberikan kontribusi yang lebih baik. Bak pasir semestinya tidak digunakan untuk melecehkan pengguna atau orang-orang, yakni dengan membeberkan informasi pribadi mengenai seseorang yang Anda kenal, atau pengguna Wikipedia lainnya.

Suntingan demikian akan segera dibalikkan atau ditimpa dengan suntingan uji coba lainnya oleh seseorang (atau dihapus segera berdasarkan kebijakan pengawas dalam kasus pembeberan informasi pribadi). Jika hal tersebut dilakukan secara berulang, yakni suntingan yang mengenai serangan pribadi dan/atau pelecehan di bak pasir atau di halaman mana pun, penyuntingnya dapat diblokir.

Mengalihkan bak pasir[sunting sumber]

Bak pasir seharusnya tidak dialihkan karena hal tersebut dapat membingungkan pengguna yang suka melakukan uji coba. Selain itu, mengalihkan bak pasir dapat mengakibatkan pengguna baru menyunting di halaman target pengalihan yang bukan merupakan bak pasir.

Peringatan pengguna dan peringatan pemblokiran[sunting sumber]

Peringatan pengguna maupun peringatan pemblokiran seharusnya tidak dicantumkan di bak pasir karena dapat mengakibatkan pengguna baru merasa bahwa ia melakukan sesuatu hal yang tidak baik, atau diblokir.

Andaikata Anda ingin menguji templat peringatan atau pemblokiran, silakan menggunakan salah satu bak pasir templat: X1, X2, X3, X4, X5, X6, X7, X8, X9, X10, X11, X12, X13, X14, X15, X16, X17, X18, X19, X20, atau bak pasir templat. Anda juga dapat menggunakan bak pasir pribadi Anda sendiri jika Anda punya akun. Akan tetapi, bak pasir semestinya tidak diperbolehkan untuk memuat sesuatu yang berupa vandalisme atau berita bohong; jika tidak, maka isinya akan dihapus sewaktu-waktu sesuai dengan kriteria penghapusan cepat, khususnya kriteria yang membahas vandalisme murni atau terang-terangan. Selain itu, bak pasir juga tidak digunakan sebagai halaman yang bersifat serangan; jika tidak, maka isinya akan dihapus sewaktu-waktu sesuai dengan kriteria penghapusan cepat G10. Suntingan atau pembuatan halaman (bak pasir) yang bersifat mengganggu, dan bahkan terus-menerus,[a] dapat dianggap sebagai suntingan yang menganggu berdasarkan kebijakan Wikipedia, akan mengakibatkan Anda diblokir.

Membuat bak pasir pribadi Anda[sunting sumber]

Jika Anda membuat bak pasir pribadi Anda sendiri di Istimewa:Halaman saya/bak pasir, beberapa aturan di atas tidak akan diterapkan. Meskipun Anda memiliki bak pasir pribadi, Anda masih tidak diperbolehkan untuk menuliskan sesuatu yang berhak cipta tak bebas; sesuatu yang berupa penghinaan kepada seseorang; serangan pribadi atau pelecehan; ataupun tulisan, informasi, pembahasan, dan/atau aktivitias yang sama sekali tidak berhubungan dengan tujuan Wikipedia. Bahkan promosi dan iklan di bak pasir tidak dapat diterima pula, sebab Wikipedia bukanlah tempat untuk memperkenalkan iklan atau promosi; gunakan Templat:Db-spam untuk menangani kasus tersebut. Dalam bak pasir pribadi Anda sendiri, Anda mungkin tidak mengalami perang suntingan karena bisa jadi hanya Anda pengguna yang menyuntingnya.[b]

  1. ^ Suntingan tersebut di antaranya adalah vandalisme, serangan, atau suntingan yang dianggap mengganggu berdasarkan kebijakan Wikipedia.
  2. ^ Jika Anda tidak mempunyai akun, Anda dapat membuat bak pasir di halaman pembicaraan pengguna Anda alih-alih di halaman pengguna Anda.