Wikipedia:Artikel pilihan/Usulan/Yohanes Calvin

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
CATATAN PENUTUP

Sudah ditinjau oleh dua pengguna, tinjauannya juga sudah ditanggapi dan pengusulannya sudah melewati dua minggu. Maka dari itu, saya loloskan usulan ini. --Glorious Engine (bicara) 8 Desember 2023 04.01 (UTC)

Diskusi di bawah adalah arsip dari pengusulan artikel pilihan. Terima kasih atas partisipasi Anda. Mohon untuk tidak menyunting lagi halaman ini. Komentar selanjutnya dapat diberikan di halaman pembicaraan artikel.

Artikel ini disetujui.


Yohanes Calvin[sunting sumber]

Pengusul: Jonoo27 (b • k • l)
Status:    Selesai

Artikel mengenai tokoh Reformasi Protestan, sudah menjadi AP di Wikipedia bahasa Inggris dan beberapa bahasa lainnya. Jonoo27 (bicara) 9 November 2023 15.58 (UTC)[balas]

Komentar Glorious Engine[sunting sumber]

  • "Kovenan" diganti jadi "Perjanjian" (kata sifat, sementara Testament=Perjanjian dalam arti kata benda)
    Covenant dan Testament memang keduanya dapat diterjemahkan sebagai perjanjian. Namun, covenant juga adalah kata benda, sehingga tidak bisa dikatakan bahwa covenant adalah "perjanjian" kata sifat.
    Selain itu, kata perjanjian sudah sangat sering digunakan untuk testament seperti Perjanjian Lama dan Perjanjian Baru (bagian Alkitab), sehingga agar tidak rancu, saya menggunakan terjemahan "kovenan". Sudah ada beberapa yang menggunakan terjemahan ini. Serta, sudah ada artikel WBI yang menerjemahkan menggunakan "kovenan", meskipun bukan dalam konteks teologi Kovenan (hukum)--Jonoo27 (bicara) 18 November 2023 15.27 (UTC)[balas]
  • "(melawan penerimaan Katolik atas tujuh sakramen)" → "(bertentangan dengan penerimaan Katolik terhadap tujuh sakramen)"
     Selesai--Jonoo27 (bicara) 18 November 2023 08.12 (UTC)[balas]
  • "(Artikel-Artikel mengenai Pengorganisasian Gereja dan Ibadahnya di Jenewa)" → "(Pasal-Pasal mengenai Organisasi Gereja dan Peribadatannya di Jenewa)"
     Selesai Saya ganti menjadi "(Pasal-Pasal mengenai Pengorganisasian Gereja dan Peribadatannya di Jenewa)", karena l'organisation di sini merujuk pada proses/langkah-langkah dan bukan pada badan organisasinya.--Jonoo27 (bicara) 18 November 2023 14.49 (UTC)[balas]
  • "checks and balances" → "pemeriksaan dan keseimbangan"
     Selesai--Jonoo27 (bicara) 18 November 2023 14.40 (UTC)[balas]
  • "Yudaisme" diganti jadi "agama Yahudi"
     Selesai--Jonoo27 (bicara) 18 November 2023 14.40 (UTC)[balas]
  • "Ia membantah klaim kepausan atas keutamaan paus dan tuduhan bahwa para reformator adalah sekelompok orang yang skismatik." → "Ia menyangkali klaim kepausan terhadap keutamaan paus dan tuduhan bahwa para reformator bersifat skismatik."
     Selesai--Jonoo27 (bicara) 18 November 2023 08.12 (UTC)[balas]
  • "Maka, umat manusia yang jatuh memerlukan penebusan yang dapat ditemukan di dalam Kristus." → "Sehingga, kejatuhan manusia membutuhkan penebusan yang dapat ditemukan di dalam Kristus."
     Selesai--Jonoo27 (bicara) 18 November 2023 08.12 (UTC)[balas]
  • "dosa dimulai dengan kejatuhan Adam dan menyebar ke seluruh umat manusia." → "dosa bermula dari kejatuhan Adam dan menurun ke seluruh umat manusia."
     Selesai--Jonoo27 (bicara) 18 November 2023 08.12 (UTC)[balas]
  • "Teologi Calvin bukan tanpa kontroversi." → "Teologi Calvin menuai kontroversi."
     Selesai--Jonoo27 (bicara) 18 November 2023 08.12 (UTC)[balas]
  • "Ia kemudian mengalihkan perhatiannya pada surat-surat umum, mendedikasikannya untuk Edward VI dari Inggris." → "Ia kemudian mengalihkan perhatiannya pada surat-surat umum, yang didedikasikan kepada Edward VI dari Inggris."
     Selesai--Jonoo27 (bicara) 18 November 2023 08.12 (UTC)[balas]
  • "Karena pekerjaan misionaris Calvin di Prancis, program reformasinya akhirnya menjangkau provinsi-provinsi berbahasa Prancis di Belanda." → "Karena karya pewartaan Calvin di Prancis, karya reformasinya kemudian mencapai wilayah penutur bahasa Prancis di Belanda."
    Apakah ada alasan untuk tidak menggunakan "pekerjaan misionaris" bung? Kalau saya lihat, "karya pewartaan" adalah terminologi yang lebih sering dipake oleh gereja Katolik. Selain itu, saya rasa pekerjaan misionaris lebih cocok karena yang dilakukan Calvin memang adalah mengirim misionaris ke Prancis.--Jonoo27 (bicara) 18 November 2023 15.03 (UTC)[balas]
  • "Karena Kesultanan Utsmaniyah tidak memaksakan agama Islam kepada wilayah-wilayah barat yang ditaklukkannya, gagasan-gagasan reformasi dengan cepat diterima di dua pertiga wilayah Hungaria yang mereka duduki (sepertiga bagian Hungaria yang dikuasai Habsburg tetap Katolik)." → "Karena Kesultanan Utsmaniyah tak melakukan pengislaman paksa di wilayah-wilayah taklukan baratnya, gagasan-gagasan reformasi sangat diterima di dua pertiga wilayah pendudukan Hungaria (sepertiga wilayah Hungaria pimpinan Habsburg masih menganut Katolik)."
     Selesai saya ganti ke "Karena Kesultanan Utsmaniyah tidak melakukan pengislaman paksa di wilayah-wilayah taklukan baratnya, gagasan-gagasan reformasi sangat diterima di dua pertiga wilayah pendudukan Hungaria (sepertiga wilayah Hungaria, yaitu yang dikuasai Habsburg, masih menganut Katolik)"--Jonoo27 (bicara) 18 November 2023 15.07 (UTC)[balas]
  • "Saat-saat terakhir hidup Calvin (Barcelona: Montaner y Simón, 1880–1883)" → "Akhir hayat Calvin (Barcelona: Montaner y Simón, 1880–1883)"
     Selesai--Jonoo27 (bicara) 18 November 2023 08.12 (UTC)[balas]
  • "Calvin juga diperingati di Gereja Inggris dengan sebuah peringatan pada tanggal 26 Mei." → "Di Gereja Inggris, Calvin juga diperingati dengan sebuah perayaan pada tanggal 26 Mei."
     Selesai--Jonoo27 (bicara) 18 November 2023 08.12 (UTC)[balas]
  • "Defensio sanae et orthodoxae doctrinae de sacramentis (Sebuah Pembelaan terhadap Doktrin Sakramen yang Sadar dan Ortodoks) karya Calvin adalah tanggapannya pada tahun 1555." → "Calvin menanggapinya dengan menerbitkan Defensio sanae et orthodoxae doctrinae de sacramentis (Sebuah Pembelaan terhadap Doktrin Sakramen yang Sejati dan Ortodoks) pada tahun 1555."
     Selesai sudah saya ganti, tapi saya masih mempertahankan kata "sadar" sebagai terjemahan yang lebih presisi dari "sanae" atau "sober"--Jonoo27 (bicara) 18 November 2023 14.55 (UTC)[balas]
  • "Hal membawa kepada perumusan Katekismus Heidelberg pada tahun 1563." → "Hal tersebut berujung pada perumusan Katekismus Heidelberg pada tahun 1563."
     Selesai--Jonoo27 (bicara) 18 November 2023 08.15 (UTC)[balas]

--Glorious Engine (bicara) 18 November 2023 02.01 (UTC)[balas]


Komentar Agus Damanik[sunting sumber]

  • tradisi Agustinian belum dipranalakan
     Selesai--Jonoo27 (bicara) 7 Desember 2023 16.04 (UTC)[balas]
  • yang tak kenal lelah - saya rasa ini dihapus aja, terlalu hiperbolis rasanya dan tidak ensiklopedik
     Selesai--Jonoo27 (bicara) 7 Desember 2023 16.04 (UTC)[balas]
  • Ia juga bertukar surat dengan ramah dan mendukung - bertukar surat dukungan dan surat sapaan dengan banyak reformator
     Selesai--Jonoo27 (bicara) 7 Desember 2023 16.04 (UTC)[balas]
  • Calvin asalnya berpendidikan sebagai seorang ahli hukum humanis. - Calvin memiliki latar belakang pendidikan sebagai seorang pengacara humanis
     Selesai--Jonoo27 (bicara) 7 Desember 2023 16.04 (UTC)[balas]
  • untuk bergabung dengan Reformasi di Jenewa, di mana ia secara teratur berkhotbah sepanjang minggu. - Yang secarasecara teratur berkhotbah sepanjang minggu
     Selesai
  • Strasbourg, di mana ia menjadi pendeta di sebuah gereja pengungsi Prancis - dan menjadi pendeta di sebuah gereja untuk para pengungsi dari Prancis
     Selesai

ini aja ya. Kata di mana tidak boleh digunakan dalam kaidah bahasa Indonesia selain sebagai pertanyaan Agus Damanik (bicara) 30 November 2023 08.29 (UTC)[balas]


Diskusi di atas adalah arsip. Terima kasih atas partisipasi Anda. Mohon untuk tidak menyunting lagi halaman ini. Komentar selanjutnya dapat diberikan di halaman pembicaraan artikel.