Wikipedia:Artikel pilihan/Usulan/I Gusti Ngurah Rai

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
CATATAN PENUTUP

Sudah lewat batas maksimal pengusulan AP (3 bulan) dan peninjauannya masih belum menyeluruh --Glorious Engine (bicara) 1 Desember 2022 00.27 (UTC)

Diskusi di bawah adalah arsip dari pengusulan artikel pilihan. Terima kasih atas partisipasi Anda. Mohon untuk tidak menyunting lagi halaman ini. Komentar selanjutnya dapat diberikan di halaman pembicaraan artikel.

Pencalonan artikel ini dikembalikan kepada pengusulnya.


I Gusti Ngurah Rai[sunting sumber]

Pengusul: Glorious Engine (b • k • l)
Status:    Tidak akan dilanjutkan

Artikel biografi tentang Pahlawan Nasional Hindu Bali pertama yang diangkat di Indonesia. Sudah diterjemahkan dan dikembangkan oleh bung Muthia Wulandari dan dikoreksi oleh Bapak Alex selaku pengembang dari versi Wikipedia bahasa Rusia yang merupakan asal dari terjemahan artikel ini. --Glorious Engine (bicara) 30 Agustus 2022 00.24 (UTC)Balas[balas]

Komentar JumadilM[sunting sumber]

Setelah membaca sekilas isi artikel ini, sepertinya banyak hal yang perlu diperbaiki khususnya penambahan informasi yang berbeda bahkan tidak disebutkan sama sekali dalam sumber rujukan.

  • Subjudul Kehidupan awal dan pendidikan
  1. Paragraf pertama mengandung banyak informasi yang tidak ada pada sumber rujukan. Informasi tentang desa kelahiran, status keluarga, status sebagai anak, dan nama ibu tidak disebutkan. Informasi ini bisa dilengkapi dengan menautkan rujukan nomor 2.
     Selesai --Glorious Engine (bicara) 6 September 2022 09.32 (UTC)Balas[balas]
  2. Paragraf kedua sebaiknya dibuat menjadi dua kalimat. Kalimat pertama untuk kepribadian Ngurah Rai dan kalimat kedua untuk hobinya saja. Penggalan akhir kalimat "... dan lain sebagainya." lebih baik dihilangkan saja dan ditulis menjadi "... seperti pencak silat dan gulat."
     Selesai --Glorious Engine (bicara) 6 September 2022 09.32 (UTC)Balas[balas]
  3. Paragraf ketiga sebaiknya diringkas saja, Karena keterangan mengenai sekolah Belanda tidak disebutkan pada rujukan nomor 1. Sementara rujukan nomor tiga sebaiknya diganti dengan sumber rujukan lain. Informasi pada paragraf ketiga meragukan karena informasinya berasal dari Wikipedia dengan artikel yang sama (cek referensi).
     Selesai Saya ganti jadi rujukan nomor 2 karena ternyata dari sanalah informasinya --Glorious Engine (bicara) 6 September 2022 09.32 (UTC)Balas[balas]
  4. Paragraf keempat mengandung beberapa informasi yang berbeda dengan sumber rujukan nomor 4. Berdasarkan sumber rujukan, Ngurah Rai memasuki sekolah calon perwira pada tanggal 1 Desember 1936 dan bukan tahun 1938. Informasi ini perlu dibetulkan pada kalimat. Tugas Prajoda dan perekrutan anggotanya juga tidak disebutkan pada rujukan, jadi perlu diberi rujukan tambahan.
     Selesai Bagian "Prajoda bukan bagian dari struktur Tentara Kerajaan Hindia Belanda (KNIL) dan berstatus sebagai unit pembantu setingkat batalion, yang diserahi tugas menjaga ketertiban di pulau itu dan menjalankan pengawalan kehormatan pada berbagai dinas dan acara-acara penting. Prajurit dan sersan direkrut dari penduduk setempat — kebanyakan pria muda dari keluarga bangsawan Bali, sedangkan militer Belanda diangkat ke posisi perwira senior, dan perwira junior direkrut dari kedua golongan tersebut." saya hapus, karena tidak berhubungan dengan Ngurah Rai sendiri dan bisa dijelaskan lebih lanjut di pranala Korps Prajoda. --Glorious Engine (bicara) 6 September 2022 09.32 (UTC)Balas[balas]
  5. Paragraf kelima mengandung beberapa informasi yang tidak terdapat pada rujukan nomor 2 maupun nomor 4. Informasi seperti Kabupaten Gianyar di bagian tenggara Bali, prestasi akademik khususnya bahasa Inggris, tinggi rata-rata orang Bali, dan pelatihan militer perlu diberi rujukan lain. Informasi seperti rata-rata tinggi orang Bali juga sepertinya tidak perlu disebutkan.
     Selesai Paragraf kelima saya hapus karena yang relevan dengan sumbernya hanya tentang "tinggi 154 cm dan berat 45 kg" dan maka dari itu paragraf keempat dan keenam --Glorious Engine (bicara) 6 September 2022 09.32 (UTC)Balas[balas]
  6. Paragraf keenam mengutip dari referensi nomor 3. Referensi ini dihapus saja dengan alasan yang sama dengan poin nomor 3.
     Selesai Kalimatnya juga saya ganti jadi "Setelah lulus dari sekolah militer dengan pangkat letnan dua pada tahun 1940, Ngurah Rai dikirim ke Corps Opleiding Voor Reserve Officieren (CORO) di Magelang dan kemudian Pendidikan Artileri di Malang." sesuai dengan rujukan nomor 3 --Glorious Engine (bicara) 6 September 2022 09.32 (UTC)Balas[balas]
  • Subjudul Kegiatan selama Perang Dunia II
  1. Kalimat pertama pada paragraf pertama tidak disebutkan di dalam sumber rujukan nomor 5, sehingga perlu diberi rujukan lain. Penggalan awal kalimat kedua "Pada saat invasi Jepang ke Hindia Belanda pada Januari 1942,..." juga demikian. Pernyataan kalimat ketiga "... yang bertanggung jawab untuk pertahanan bagian timur Jawa, Bali, dan Madura dengan markasnya di Surabaya, ..." tidak ada pada sumber rujukan nomor 5, jadi perlu diberi rujukan tambahan.
     Selesai Kalimat "Pada akhir tahun 1941, setelah pecahnya permusuhan di teater Pasifik, Ngurah Rai dipanggil kembali dari Malang untuk mengabdi di Korps Prajoda. Pada saat invasi Jepang ke Hindia Belanda pada Januari 1942" diganti jadi "Pada 19 Februari 1942, pasukan Jepang mendarat di dekat kota Sanur, Bali." sesuai dengan sumber. Pernyataan "yang bertanggung jawab untuk pertahanan bagian timur Jawa, Bali, dan Madura dengan markasnya di Surabaya" saya hapus. --Glorious Engine (bicara) 6 September 2022 09.55 (UTC)Balas[balas]
  2. Kalimat pertama dan kedua pada paragraf kedua tidak ditemukan pada sumber rujukan nomor 4. Sebaliknya, paragraf pertama ini ada pada rujukan nomor 5. Jadi perlu ditambahkan.
     Selesai --Glorious Engine (bicara) 6 September 2022 09.55 (UTC)Balas[balas]
  3. Rujukan nomor 1 dan 3 pada paragraf ketiga dihilangkan saja. Karena pernyataan pada kalimat-kalimatnya tidak ditemukan pada sumbernya. Jika bisa, ditambahkan rujukan lain dengan tautan yang dapat diakses terbuka.
     Selesai --Glorious Engine (bicara) 6 September 2022 09.55 (UTC)Balas[balas]
  4. Kalimat-kalimat pada paragraf keempat sebaiknya diperbanyak saja. Beberapa tanda baca koma dan titik koma dapat diganti menjadi titik saja agar kalimat tidak terlalu panjang.
     Selesai --Glorious Engine (bicara) 6 September 2022 09.55 (UTC)Balas[balas]

Sementara itu saja komentar dari saya. Selebihnya akan saya sampaikan setelah membaca artikel ini lebih lanjut. Salam JumadilM Diskusi 6 September 2022 04.49 (UTC)Balas[balas]

Setelah saya baca subjudul-subjudul berikutnya, saya tidak bisa memberi komentar terlalu banyak. Karena sebagian besar sumber rujukannya tidak dapat dicek secara langsung. Saya hanya akan memberikan komentar lanjutan berikut:

  • Subjudul Berpihak pada Pemerintah Republik Indonesia
  1. Sebaiknya kalimat-kalimat awal pada paragraf pertama diringkas dan dikhususkan saja ke pembahasan I Gusti Ngurah Rai. Saya menyarankan referensi nomor 8 Sejarah Kebangkitan Nasional Daerah Bali ditautkan ke rujukan ini sehingga ada akses terbuka. Isi dan halamannya sama, hanya beda tahun terbit dan perlu penyesuaian konteks. Referensi ini juga bisa melengkapi keterangan waktu, nama pasukan dan jumlahnya. Keterangan-keterangan ini tidak tercantum dalam paragraf ini.
     Selesai Saya ringkas jadi begini ya "Setelah pengumuman resmi oleh Kaisar Jepang Hirohito tentang penerimaan syarat penyerahan diri pada tanggal 15 Agustus 1945 dan disusul Proklamasi Kemerdekaan Indonesia pada dua hari kemudian, pada tanggal 17 Agustus, Ngurah Rai segera mendukung kemerdekaan secara terbuka. Datang ke Bali pada 1 Januari 1946, I Gusti Ketut Pudja diangkat oleh Presiden Soekarno menjadi gubernur Kepulauan Sunda Kecil dengan ibu kota di Singaraja. Setelah menjalin kerjasama yang erat dengan Ketut Pudja, Ngurah Rai mulai membentuk angkatan militer dan polisi di pulau itu, yang dirancang untuk melawan kekuasaan Belanda yang kembali." --Glorious Engine (bicara) 9 September 2022 14.27 (UTC)Balas[balas]
  2. Paragraf kedua seperti memisahkan paragraf pertama dan ketiga, sehingga sebaiknya dihilangkan saja. Dalam buku aslinya, kalimat yang dinyatakan terletak di bagian catatan kaki.
     Selesai Saya hilangkan --Glorious Engine (bicara) 9 September 2022 14.27 (UTC)Balas[balas]
  3. Kalimat pertama dan kedua pada paragraf ketiga bisa digabungkan dengan paragraf kesatu (yang jika jadi diringkas). Informasinya saling berhubungan dan disediakan pada halaman yang sama (halaman 155).
     Selesai Saya gabungkan --Glorious Engine (bicara) 9 September 2022 14.27 (UTC)Balas[balas]
  • Saya menemukan akses ke dua rujukan pada daftar pustaka. Jika berkenan, Anda bisa tambahkan ke pranalanya:
  1. Robinson, Geoffrey. (1998). The Dark Side of Paradise: Political Violence in Bali
  2. Ide Anak Agung Gde Agung. (1996). From the Formation of the State of East Indonesia Towards the Establishment of the United States of Indonesia
     Selesai Sudah saya tambahkan pranalanya --Glorious Engine (bicara) 9 September 2022 14.27 (UTC)Balas[balas]

Itu saja komentar dan saran dari saya. Semoga dapat sedikit membantu pengembangan artikel ini supaya menjadi artikel pilihan. Selanjutnya mungkin dapat menunggu komentar dan saran dari pengguna lain. Salam JumadilM Diskusi 9 September 2022 13.32 (UTC)Balas[balas]


Diskusi di atas adalah arsip. Terima kasih atas partisipasi Anda. Mohon untuk tidak menyunting lagi halaman ini. Komentar selanjutnya dapat diberikan di halaman pembicaraan artikel.