Wikipedia:13 tahun

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Wikipedia bahasa Indonesia kini berusia 13 tahun!

Terima kasih dari kami untuk Anda


Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas – kini berusia 13 tahun
Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas – kini berusia 13 tahun

Bayangkan sebuah dunia di mana setiap manusia mendapatkan akses secara gratis untuk setiap pengetahuan. Itulah yang kami lakukan.

— Jimmy Wales, penggagas Wikipedia

Wikipedia adalah proyek ensiklopedia daring yang dibuat pada tahun 2001 dengan tujuan untuk memberikan pengetahuan secara gratis, bebas, dan terbuka untuk siapa saja. Sejak saat itu, Wikipedia terus bertumbuh menjadi ensiklopedia terbesar yang dibuat oleh manusia, dan tentu saja dikerjakan oleh para sukarelawan. Kami, komunitas Wikipedia bahasa Indonesia berterima kasih atas kontribusi yang Anda berikan, baik berupa teks, gambar, video, maupun yang lainnya.

Informasi singkat

Wikipedia bahasa Indonesia (sering disingkat WBI) adalah versi bahasa Indonesia dari ensiklopedia Wikipedia sebagai ensiklopedia yang dapat disunting bebas oleh siapa saja melalui jaringan Internet. Seperti Wikipedia dalam bahasa lainnya di dunia, Wikipedia bahasa Indonesia mengikuti peraturan-peraturan dasar Wikipedia yang bermula dari bahasa Inggris seperti penulisan artikel dengan sudut pandang netral. Salah satu bidang di mana Wikipedia Indonesia mempunyai lebih banyak artikel jika dibandingkan versi bahasa lain adalah artikel-artikel wilayah administratif di Indonesia, meskipun banyak yang isinya masih merupakan rintisan saja.

Artikel pertamanya adalah Elektron yang mulai disunting pada tanggal 30 Mei 2003, Halaman utamanya sendiri pertama kali dibuat enam bulan kemudian pada tanggal 29 November. Pada bulan Mei 2014 Wikipedia bahasa Indonesia merupakan Wikipedia terbesar keempat di Asia Tenggara, ketujuh di seluruh Asia, dan ke-21 dari seluruh dunia.

Proyek yang tidak akan berhenti

Jumlah suntingan yang tidak akan berhenti.

Meskipun Wikipedia sudah menjadi besar, tetapi ini merupakan proyek yang tidak akan pernah berhenti. Masih ada banyak topik yang belum dijangkau oleh Wikipedia. Dari 691.459 artikel yang ada di Wikipedia bahasa Indonesia, hanya beberapa di antaranya merupakan artikel pilihan (artikel dengan kualitas terbaik). Dengan kata lain, masih banyak yang perlu dikerjakan. Istimewanya, kami akan menerima Anda dengan tangan terbuka untuk berkontribusi di Wikipedia.

Apa yang dapat Anda lakukan?

Video yang menampilkan Wikipediawan dari seluruh dunia.

Wikipedia ditulis oleh siapa saja, termasuk Anda. Sungguh! Apapun latar belakang Anda, sangat diperbolehkan untuk berkontribusi di Wikipedia. Anda tidak perlu mendaftar atau masuk log (meskipun ada keuntungannya jika memiliki akun). Jika Anda menemukan artikel yang ingin diperbaiki, sunting artikel tersebut agar menjadi lebih baik dan berguna untuk orang lain. Setiap halaman di Wikipedia disediakan tombol sunting yang dapat diakses kapan saja. Apapun dan seberapa jumlah kontribusi yang Anda lakukan, akan sangat dihargai.

Jangan ragu untuk berkontribusi dan jangan lupakan aturan yang berlaku. Jika Anda tidak sengaja melakukan kesalahan, jangan takut! Wikipedia adalah ensiklopedia berbasis penyuntingan kolaboratif, di mana setiap pengguna saling bekerja sama untuk menjadikan Wikipedia lebih baik. Setiap halaman di Wikipedia memiliki halaman pembicaraan yang digunakan untuk mendiskusikan mengenai artikel tersebut, dan setiap Wikipediawan juga memiliki halaman pembicaraannya sendiri yang digunakan layaknya kotak surat untuk saling berdiskusi.

Anda pengguna baru? Selamat datang!

Anda baru bergabung di Wikipedia? Izinkan kami untuk menyambut Anda: Selamat datang! Kami berharap Anda dapat merasa nyaman dan tetap berkontribusi di Wikipedia. Sebelum memulai, ada baiknya Anda membaca hal-hal berikut:

Jika Anda ingin mencari artikel yang akan dikembangkan, ini adalah tempatnya:

Jika Anda merasa kesulitan, ada banyak cara yang bisa Anda lakukan. Halaman Wikipedia:Tanya jawab akan memberikan jawaban mengenai hal-hal yang sering ditanyakan. Ada banyak rekan yang siap membantu Anda, para Wikipediawan namanya. Bertanya mengenai penyuntingan di Wikipedia? Silakan kunjungi Warung Kopi kami untuk mendapatkan jawabannya. Ingin bertemu dengan Wikipediawan secara langsung? Cari informasi lebih lanjut di Wikipedia:Kopi darat.

Jika Anda sudah menjadi Wikipediawan, terima kasih atas kontribusi yang Anda berikan. Kami berharap Anda dapat terus mengembangkan ensiklopedia ini menjadi lebih baik dan berguna bagi masyarakat luas.

Hormat kami,
Komunitas Wikipedia bahasa Indonesia

Kontak pers

Jika Anda adalah wartawan yang akan melakukan peliputan, silakan kirimkan surel ke:

info-id﹫wikimedia.org