Whiplash (film)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Whiplash
Whiplash poster.jpg
Poster film Whiplash
Sutradara Damien Chazelle
Produser Jason Blum
Helen Estabrook
Michel Litvak
David Lancaster
Skenario Damien Chazelle
Pemeran Miles Teller
J. K. Simmons
Paul Reiser
Musik Justin Hurwitz
Sinematografi Sharone Meir
Penyunting Tom Cross
Perusahaan
produksi
Bold Films
Blumhouse Productions
Right of Way Films
Distributor Stage 6 Films
Tanggal rilis
Durasi
106 menit[1]
Negara Amerika Serikat
Bahasa Bahasa Inggris
Anggaran $3.3 juta[2]
Pendapatan kotor $48,982,041[2]

Whiplash adalah film drama Amerika Serikat tahun 2014 yang disutradarai oleh Damien Chazelle dan diproduseri oleh Jason Blum, Helen Estabrook, Michel Litvak dan David Lancaster. Naskah film ini ditulis oleh Damien Chazelle. Film ini dibintangi oleh Miles Teller, J. K. Simmons dan Paul Reiser.

Film Whiplash ditayangkan secara perdana di Festival Film Sundance pada tanggal 16 Januari 2014[3] dan dirilis di Amerika Serikat pada tanggal 10 Oktober 2014.[4] Film ini mendapatkan review positif dari para kritikus.

Plot[sunting | sunting sumber]

Andrew Neiman (Miles Teller) adalah seorang mahasiswa jazz tahun pertama di Konservatorium Shaffer yang bergengsi di New York. Ia telah bermain drum sejak usia muda dan bercita-cita menjadi seperti Buddy Rich. Konduktor terkenal, Terence Fletcher (J. K. Simmons), melihat Andrew berlatih di ruang musik dan mengundang Andrew ke band studionya sebagai cadangan untuk pemain drum inti Carl Tanner (Nate Lang). Terence sangat ketat dan kasar terhadap para siswanya, mengejek dan menghina mereka. Ketika band ini mempraktikkan potongan lagu "Whiplash" dari Hank Levy dan Andrew berusaha untuk menjaga tempo, Terence melemparkan kursi ke arahnya, menampar dan memarahinya di depan kelas.

Pada kompetisi jazz, Andrew salah menaruh lembaran Carl. Karena Carl tidak bisa bermain tanpa lembaran itu, Andrew masuk dan mengatakan pada Terence bahwa ia bisa melakukan "Whiplash" tanpa lembaran tersebut. Setelah penampilan band tersebut sukses, Terence menjadikan Andrew sebagai pemain drum inti. Segera setelah itu, Terence merekrut Ryan Connolly (Austin Stowell), pemain drum inti dari kelas bawah Andrew, yang sebelumnya berada di tingkat rendah. Andrew percaya Ryan adalah pemain drum yang kurang ahli dan sangat marah ketika Terence menjadikan Ryan sebagai pemain drum inti. Bertekad untuk membuat Terence terkesan dengannya, Andrew berlatih sampai tangannya berdarah dan putus dengan kekasih barunya, Nicole (Melissa Benoist), percaya bahwa Nicole akan menahan Andrew kembali. Ia bertahan dalam sesi uji coba jam 2 pagi yang melelahkan dengan Terence dan para pemain drum lainnya di kelas, di mana Terence menendang perabotan dan berteriak kepadanya, dan kembali ke titik inti.

Dalam perjalanan menuju kompetisi lain, bis Andrew rusak. Ia menyewa mobil namun ia terlambat datang dan menyadari bahwa ia meninggalkan stik drumnya di kantor persewaan. Setelah berpakaian rapi, Andrew kembali ke kantor persewaan untuk mengambil stik drum namun mobilnya terbalik. Ia merangkak dari mobil tersebut, berlari ke teater dan tiba di atas panggung dalam kondisi terluka dan berdarah. Ketika ia berusaha untuk bermain lagu "Caravan" karena luka-lukanya, Terence menghentikan pertunjukannya dan memberitahu Andrew bahwa Andrew telah "selesai". Marah, Andrew menyerang Fletcher di depan penonton dan dikeluarkan dari Konservatorium Shaffer.

Atas saran ayahnya, Andrew bertemu dengan seorang pengacara yang mewakili orang tua Sean Casey, mantan murid Terence. Bertentangan dengan klaim Terence sebelumnya bahwa Sean meninggal karena kecelakaan mobil, pengacara tersebut menjelaskan bahwa Sean bunuh diri karena mengalami kecemasan dan depresi selama dan setelah menjadi murid Terence. Orang tua Sean ingin mencegah Terence mengajar lagi. Andrew setuju untuk memberi kesaksian tentang kondisi anonimitas dan Terence dipecat.

Beberapa bulan kemudian, Andrew meninggalkan drum dan bekerja di sebuah restoran sambil mendaftar ke berbagai perguruan tinggi. Ia melihat Terence tampil di klub jazz. Setelah pertunjukan, Terence mengajak Andrew untuk minum bersamanya. Ia menjelaskan bahwa ia mendorong murid-muridnya melampaui perkiraan sehingga mereka bisa meraih kesuksesan dan menjadi seperti Louis Armstrong atau Charlie Parker. Andrew mendapatkan undangan Terence untuk mengganti pemain drum saat ini di band barunya di JVC Jazz Festival mendatang. Andrew mengajak Nicole ke pertunjukkan tersebut namun ia telah berhubungan dengan orang lain.

Di atas panggung, sebelum pertunjukan dimulai, Terence mengungkapkan bahwa ia tahu Andrew bersaksi melawannya. Terence memimpin band dengan sepotong lembaran lagu yang Andrew tidak tahu. Andrew meninggalkan panggung karena merasa dipermalukan, namun ia kembali ke drumnya, mulai bermain lagu "Caravan" dan mengisyaratkan band tersebut. Saat bagian itu berakhir dan lampu turun, Andrew melanjutkan penampilan tunggalnya. Terence tercengang namun ia mulai membimbing Andrew. Ketika penampilan tunggalnya berakhir, mereka tersenyum dan Terence mengisyaratkan bagian akhirnya.

Pemain[sunting | sunting sumber]

  • Miles Teller sebagai Andrew Neiman
  • J. K. Simmons sebagai Terence Fletcher
  • Paul Reiser sebagai Jim Neiman
  • Melissa Benoist sebagai Nicole
  • Austin Stowell sebagai Ryan Connolly
  • Nate Lang sebagai Carl Tanner
  • Chris Mulkey sebagai Paman Frank
  • Damon Gupton sebagai Mr. Kramer
  • Suanne Spoke sebagai Bibi Emma
  • Jayson Blair sebagai Travis
  • Kofi Siriboe sebagai Greg
  • Kavita Patil sebagai Sophie
  • Michael Cohen sebagai Overbrook Stagehand
  • April Grace sebagai Rachel Bornholdt
  • Henry G. Sanders sebagai Red Henderson

Tanggapan Kritikus[sunting | sunting sumber]

Film Whiplash mendapatkan review positif dari para kritikus. Berdasarkan Rotten Tomatoes, film ini memiliki rating 94%, berdasarkan 269 ulasan, dengan rating rata-rata 8.6/10.[5] Berdasarkan Metacritic, film ini mendapatkan skor 88 dari 100, berdasarkan 49 kritik, menunjukkan "pengakuan universal".[6]

Box Office[sunting | sunting sumber]

Film Whiplash mendapatkan $13,092,000 di Amerika Utara dan $35,890,041 di negara lain. Total pendapatan yang dihasilkan oleh film ini mencapai $48,982,041, melebihi anggaran produksi film $3.3 juta.[2]

Pada pembukaan akhir pekan, film ini mendapatkan $135,388, menempati posisi ke-34 di box office.[2]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Whiplash". British Board of Film Classification. August 5, 2014. Diakses tanggal November 12, 2014. 
  2. ^ a b c d "Whiplash (2014)". Box Office Mojo. Diakses tanggal November 9, 2015. 
  3. ^ Cohen, Sandy (17 January 2014). "Sundance Film Festival 2014 opens with premiere of 'Whiplash,' Damien Chazelle's tale of a brutal drumming instructor and his protege". The Oregonian. Associated Press. Diakses tanggal January 18, 2014. 
  4. ^ Horn, John (January 16, 2014). "Sundance 2014: Sony grabs international rights to 'Whiplash'". Los Angeles Times. Tribune Company. Diakses tanggal January 19, 2014. 
  5. ^ "Whiplash (2014)". Rotten Tomatoes. Diakses tanggal November 18, 2017. 
  6. ^ "Whiplash reviews". Metacritic. Diakses tanggal November 18, 2017. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]