Where Do You Go To (My Lovely)?

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

" Where Do You Go To (My Lovely)? " adalah sebuah lagu karya penyanyi-penulis lagu Inggris Peter Sarstedt. Rekamannya diproduksi oleh Ray Singer, direkayasa oleh John Mackswith di Lansdowne Recording Studios dan dirilis pada tahun 1969. Musiknya digambarkan sebagai "lagu waltz Eropa palsu",[1] dan aransemennya sangat sederhana berupa petikan gitar akustik dan bass tegak, dengan semburan singkat akordeon gaya Prancis di awal dan akhir. Penata dan konduktornya adalah Ian Green.[2]

Lirik[sunting | sunting sumber]

Lagu ini berkisah tentang seorang gadis fiksi bernama Marie-Claire yang tumbuh di daerah miskin di Napoli, menjadi anggota jet set, dan terus tinggal di Paris . Liriknya menggambarkan dirinya dari sudut pandang teman masa kecilnya; masih belum jelas apakah mereka tetap dekat. Pertanyaan retoris dari judul tersebut menunjukkan bahwa gaya hidupnya yang glamor mungkin tidak membawa kebahagiaan atau kepuasan bagi Marie-Claire.

Meskipun Sarstedt sendiri bukan orang Prancis, lagu tersebut mendapat manfaat dari kesadaran kontemporer di Inggris terhadap penyanyi seperti Serge Gainsbourg dan Jacques Brel dari Prancis ( Belgia -kelahiran keturunan Flemish ).

Liriknya mengandung banyak referensi kontemporer dan lainnya:

Versi di album Peter Sarstedt lebih panjang dari versi edit radio yang dirilis sebagai single, memiliki bait tambahan yang dimulai dengan "Anda pergi ke pesta kedutaan ..." dan "Anda berada di antara dua puluh dan tiga puluh ....". Perbedaan durasi kedua versi tersebut kurang lebih 30 detik.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Eder, Bruce. "Peter Sarstedt: biography". Allmusic. Diakses tanggal 7 October 2012. 
  2. ^ "Record Details". 45cat. Diakses tanggal 26 June 2017.