Radio edit

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Dalam musik, radio edit adalah modifikasi, biasanya terpotong, dimaksudkan untuk membuat lagu lebih cocok untuk mengudara, apakah itu disesuaikan durasi, kata-kata tidak senonoh, materi pelajaran, instrumentasi, atau bentuk. Radio edit juga dapat digunakan untuk komersial satu versi, yang dapat dinotasikan sebagai 7" versi. Namun, tidak semua "radio edit" lagu yang dimainkan di radio.

Editing untuk waktu[sunting | sunting sumber]

Radio edit yang sering memperpendek durasi lagu dalam rangka untuk membuatnya lebih layak secara komersial untuk stasiun radio. Panjang normal untuk lagu-lagu yang diputar di radio adalah 3 sampai 4 menit. Kadang-kadang, lagu tersebut hanya akan memudar sebelumnya, umum pada trek dengan panjang instrumental ujung. Misalnya, radio edit 'Heroes' oleh David Bowie memudar sesaat sebelum awal dari ayat ketiga dan memudar sesaat sebelum vokal merayu wanita di bagian akhir lagu. Contoh lain adalah B. o.B's song, "Nothin' On You" yang menampilkan Bruno Mars, dan radio edit melompat 5 detik pertama & dimulai dengan 6 detik di mana Bruno Mars mulai menyanyikan chorus pertama. Paruh kedua dari yang pertama paduan suara ini kadang-kadang diabaikan, bersama dengan 24 detik yang normal fade-out bagian di mana B. o.B mengatakan, "Yeah, and that's just how we do it/And I'ma let this ride/B. o.B and Bruno Mars", dan radio edit berakhir dengan keempat dan terakhir paduan suara dengan sebelumnya fade-out. 3 contoh akan menjadi lagu, "The Man" oleh Aloe Blacc, di mana radio edit melompat "I'm the man/Go ahead & tell everybody/What I'm saying ya all" & 10 detik pertama. Juga, 3rd chorus dari lagu ini dipersingkat. Namun, banyak radio edit juga akan mengedit verses, bridges, dan interlude, seperti aslinya single edit dari "Piano Man" oleh Billy Joel yang pengganti akhir verses ketiga untuk akhir dari kedua verses. Contoh lain untuk kasus ini adalah Justin Timberlake's "Cermin", di mana radio edit pemotongan seluruh "You are the love of my life" bagian. Contoh lain akan menjadi Remaja's "Kembali Bahwa Thang Up" di mana Lil' Wayne's outro pudar keluar di "goyangan de wop" bagian.

Beberapa lagu akan menjadi remix berat dan memiliki pengaturan yang berbeda dari aslinya versi yang lebih lama, kadang-kadang bahkan menjadi benar-benar rekaman yang berbeda. Contoh-contoh dari ini adalah "Revolusi" oleh The Beatles yang benar-benar perekaman yang berbeda dari versi yang muncul di The White Album. Contoh lain adalah Miley Cyrus's "Adore You", dan album asli versi lebih lambat, tenang versi clocking in di 4 menit dan 37 detik; radio edit adalah benar-benar berbeda dengan versi yang adalah sebuah remix yang dilakukan oleh Cedric Gervais berjalan di 3 menit dan 36 detik. Demikian juga, sebuah usaha di radio edit untuk Arlo Guthrie's 18-menit epik "Alice Restoran" membatalkan seluruh monolog yang menjabat sebagai basis utama dari lagu ini popularitas dan bukan adalah 4 menit, tiga-verses rock and roll lagu. Ini juga menjadi lebih umum dengan kenaikan 12" catatan, sebagai seniman seperti Orde Baru mulai membuat lagu khusus untuk format. Banyak dari 7" campuran bertujuan untuk pop radio airplay lagu-lagu mereka memiliki pengaturan yang berbeda, seperti "Bizarre Love Triangle", atau bahkan benar-benar perekaman yang berbeda, seperti "Temptation".

Beberapa lagu lama yang tidak memiliki radio edit, meskipun selama 5, 6, 7, atau 8 menit panjang, mungkin karena permintaan dari pendengar stasiun radio. Contoh ini termasuk berikut 10 lagu: "Vicarious" (2006) dengan Alat pukul 7 menit dan 6 detik, "Hey Jude" (1968) oleh The Beatles di 7 menit dan 11 detik, "You're the Voice" (1986) oleh John Farnham di 5 menit dan 4 detik, "Stairway to Heaven" (1971) oleh Led Zeppelin pada 8 menit dan 3 detik,"Satu" (1989) oleh Metallica di 7 menit dan 24 detik, "American Pie" (1971) oleh Don McLean dengan panjang 8 menit dan 32 detik, "Georgia Dome" (2004) by Ying Yang Twins (yang benar-benar memiliki radio edit tapi mengeluarkan kata-kata kotor & tidak shortening) pada 6 menit dan 6 detik, "Like a Rolling Stone" (1965) oleh Bob Dylan di 6 menit dan 13 detik (meskipun album ini dirilis pada 7" single yang menampilkan dua ayat di 1 sisi dan sisa lagu di side 2, lagi versi dari lagu ini dimainkan di atas versi yang lebih pendek pada kesempatan tersebut), "Seseorang Menyelamatkan Hidup Saya Malam ini" (1975) oleh Elton John di 6 menit dan 45 detik, dan "Kembali" (2015) oleh Fetty Wap at 5 menit dan 13 detik. Ide diperpanjang menerima lagu-lagu diputar di radio komersial sangat jarang sampai kelahiran progresif radio di pertengahan 1960-an, sebagian besar musik rock format yang turun dari radio progresif, dan dengan demikian, lagu-lagu rock cenderung dimainkan di lebih dari panjang aslinya dari lagu-lagu dari format lain.

Pada kesempatan langka, radio edit mungkin akan lebih lama dari yang asli album version. Hal ini dapat terjadi ketika lagu ini diedit untuk bentuk, seperti dalam kasus "Creep" Radiohead, "2" by Tinashe, dan "Miserable" by Lit. "Creep"'s radio edit memiliki 4-kedua paha menghitung sebelum reguler pertama kedua, "2" mengulangi bagian chorus 1 lebih banyak waktu daripada yang dilakukannya pada versi normal, dan radio edit Miserable menambahkan paduan suara antara yang pertama dan kedua ayat. Beberapa radio edit memperpanjang beberapa bagian dari lagu sementara memperpendek lain-lain. Misalnya, radio edit "Thinking Out Loud" by Ed Sheeran memiliki 6-kedua pendahuluan sebelum ayat pertama tapi kemudian dalam lagu luka dari ujung kedua ayat untuk awal chorus, menghilangkan kedua paduan suara dan gitar solo. Stasiun radio yang berbeda dapat mengedit lagu-lagu yang berbeda untuk panjang; contoh adalah "Uptown Funk" Mark Ronson dan Bruno Mars. Beberapa stasiun radio cut jembatan dan outro, beberapa mempersingkat kait dan lain-lain pergi dari kedua chorus ke outro.

Sindikasi radio format "QuickHitz", terutama yang diadopsi oleh Calgary stasiun radio CKMP-FM di bulan agustus 2014, memanfaatkan bahkan suntingan pendek dari lagu-lagu, dari 1 menit dan 30 detik sampai 2 menit di suhu udara.[1][2]

Editing untuk konten[sunting | sunting sumber]

Radio edit sering datang dengan apapun yang diperlukan sensor yang dilakukan untuk menyesuaikan diri dengan kesusilaan standar yang diberlakukan oleh instansi pemerintah, seperti Federal Communications Commission di Amerika Serikat, Canadian Radio-television and Telecommunications Commission di Kanada, Kapisanan ng mga Brodkaster ng Pilipinas di Filipina, Australian Communications and Media Authority di Australia, dan Ofcom di Inggris Raya. Menyinggung kata-kata dapat dibungkam, terbalik, terdistorsi, atau diganti dengan nada atau suara efek. Suntingan mungkin datang dari label rekaman sendiri, penyiar di tingkat perusahaan sebelum lagu ini dikirim untuk airplay untuk stasiun mereka, atau dalam kasus-kasus langka, di sebuah stasiun radio itu sendiri tergantung pada standar lokal.

Salah satu contoh akan menjadi "Dynamite" dari Taio Cruz, mengganti kata, "fuck" dengan efek suara. Contoh lain adalah "Talk Dirty" Jason Derulo featuring 2 Chainz, di mana radio edit menghilangkan 3 kata-kata yang ada dalam lagu: "penis", "sex", dan "vagina". "Penis" diganti dengan gajah efek suara, "seks" diganti dengan gema dari kata-kata, "oral" yang mendahului dalam standar album version dari Tattoos & Talk Dirty, & "pussy" diganti dengan efek suara kucing mengeong. Kadang-kadang, lagu mungkin direkam ulang dengan lirik yang berbeda, mulai dari penggantian satu garis yang direkam ulang, seperti James Blunt dengan "You're Beautiful," yang menggantikan "fucking high" dengan "flying hight" dalam versi kedua, untuk seluruh lagu yang akan benar-benar berubah, seperti D12's "Purple Hills", yang menggantikan kata-kata kotor, referensi obat, dan lainnya yang tidak pantas lirik dari aslinya "Purple Pills". Contoh lain dari jenis pertama (satu-pengganti line) adalah Black Eyed Peas lagu "Let's Get It Started", dan judul asli adalah "Let's Get Retarded" tetapi diubah untuk membuatnya lebih cocok untuk bermain radio. Sean Kingston's "Beautiful Girls", di beberapa radio edit, mengubah "You got me suicidal" dengan "in denial". Seluruh paduan suara dari Cee Lo Green's "Fuck You" diganti kata "Fuck" dengan "Forget", sehingga mengubah judul untuk "Forget You" di radio edit. That;s What I Like (lagu Bruno Mars) dalam Steve Harvey Morning Show pertama 7 detik dari lagu "You And Your Ass Invited" diganti dengan versi instrumental dan bagian lainnya "Sex By The Fire At Night" [3x] diganti dengan versi instrumental. Radio edit mungkin memiliki lebih banyak atau lebih sedikit kata-kata yang diedit dari "versi bersih", karena dari stasiun' atau badan-badan standar. "Diubah" radio edit yang hanya menghilangkan utama menggunakan kata-kata kotor sambil menjaga kecil kata-kata kotor yang dapat dihasilkan untuk beberapa stasiun kecil yang memungkinkan kata-kata kotor (misalnya "You're Going Down" oleh Sick Puppies dan "Theory of a Sick Puppies" oleh Teori of a Deadman) sedangkan yang "kotor" radio edit melestarikan bahasa yang kasar, tapi mempertahankan lebih pendek waktu bermain dapat dihasilkan, yang mungkin bertujuan untuk klub bermain, malam, radio, dan non-radio terestrial stasiun. Kid Rock menulis istilah "radio edit" ke dua dari lagu-lagunya, yang keduanya adalah sama pada radio dan album versi. Setelah dua juta eksemplar dari Michael Jackson "They Don't Care About Us" sudah dikirim, lirik lagu asli dengan kata-kata "Jew me" dan "Kike me" diganti dengan "do me" dan "strike me" karena kontroversial anti-Semit. Versi radio edit lagu tetap dengan versi aslinya sampai versi yang diedit ditekan dan dilepaskan.

Salah satu stasiun, KIIS-FM di Los Angeles, penyensoran lagu-lagu yang jauh lebih banyak, dan lebih jelas, daripada rekan, Power 106. Ini hampir selalu dilakukan untuk hip-hop, lagu-lagu, dan sebanyak beberapa detik dapat dipotong. Ini lebih besar sensor yang dimulai pada tahun 2004, mungkin sebagai bagian dari peningkatan pengawasan dari konten media berikut "Nipplegate" insiden di Super Bowl XXXVIII. Contoh dari sensor ini dapat didengar di Rihanna's ballad "Unpaithful", di mana lirik "I might as well take a gun and put it to his head" disensor di KIIS-FM sebagai "I might as well take a _____ put it to his head". Contoh sebelumnya dari lagu editing adalah umum bagi banyak CHR stasiun yang dimiliki oleh iHeartMedia.

Di Indonesia, Wali pernah mengganti kata-kata dalam lirik lagu "Emang Dasar" dari "bajingan" menjadi "cacingan".

Istilah lain[sunting | sunting sumber]

Istilah lain untuk "radio edit"

  • "UK radio edit" (radio edit dibuat untuk pasar Inggris).
  • "Album edit" (kadang-Kadang versi yang berbeda dari 'radio edit')
  • "F. M. Versi"
  • "LP edit" (Juga kadang-kadang versi yang berbeda dari 'radio edit')
  • "7" edit"
  • "7" mix"
  • "7" remix"
  • "7" version"
  • "Radio mix"
  • "Radio cut"
  • "Radio remix"
  • "Edit"
  • "Edit mix"
  • "Diedit remix"
  • "Edited version"
  • "Short edit"
  • "Short mix"
  • "Short radio edit"
  • "Pendek radio mix"
  • "Pendek radio remix"
  • "Versi pendek"
  • "Pendek versi radio"
  • "Versi Radio"
  • "Bersih edit"
  • "Clean radio edit"
  • "Bersih radio version"
  • "Versi bersih"
  • "Anak-anak versi"
  • "Versi anak-anak"
  • "Keluarga"
  • "Single version" (Biasanya digunakan untuk referensi yang berdiri sendiri yang satu tidak mengeluarkan album, single yang diambil dari soundtrack, atau lead single dari album)
  • "Soundtrack version" (Biasanya digunakan seperti sebelumnya istilah di atas, tapi tidak untuk referensi studio memimpin single album)
  • "Single edit" (versi Singkat dari versi tunggal biasanya)
  • "Pendek single edit"
  • "Single edit"
  • "Single mix"
  • "Single remix"
  • "Versi utama" (Dapat juga menjadi album version tetapi yang khas adalah radio diformat version)
  • "Edit utama" (Jika "versi utama" adalah album version, kemudian "edit" biasanya radio edit)
  • "Edit baru"
  • "Diubah"
  • "Diamendemen"
  • "Asli edit"
  • "Alternatif remix"
  • "Alternatif Campuran"

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "This Calgary radio station has started cutting songs in half so listeners don't get bored". Financial Post. 1 August 2014. Diakses tanggal 1 August 2014. 
  2. ^ "Amp Radio Calgary relaunches with QuickHitz". RadioInsight. Diakses tanggal 2 August 2014. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]