Wangunsari, Sindangkerta, Bandung Barat

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Wangunsari
Desa
Negara  Indonesia
Provinsi Jawa Barat
Kabupaten Bandung Barat
Kecamatan Sindangkerta
Pemerintahan
 • Kepala desa Dede Suhendar
Luas ... km²
Jumlah penduduk ... jiwa
Kepadatan ... jiwa/km²

Wangunsari adalah desa di kecamatan Sindangkerta, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, Indonesia. Desa Wangunsari merupakan Desa pemekaran dari desa Wangun sekitar tahun 1990-an.

  • Kepala desa periode 2008-2013 & 2013-2021 adalah Bapak Dede Suhendar.
  • Ada beberapa Sekolah Negeri di Wangunsari di antaranya : SDN Wangunsari, SDN 1 Wangun, SDN 2 Wangun, SDN Hegarmanah, SDN Panggelar Budi, SDN Bhakti Mulya, SDN Margamulya , SDN Sinar Galih, SMPN 2 Sindangkerta dan terdapat pula SMA Swasta yaitu: SMA Bina Siswa, SMK Bela Persada
  • Terdapat PUSKESMAS di Kampung Hegarmanah. Sedangkan sarana Ibadah umat muslim ada beberapa tempat di antaranya Masjid Al-Mubarokah. Kiyainya Ust.Iyan Sopandi, Masjid Al-Hikmah Cionjang, dll.
  • Seperti desa-desa lain nya juga desa wangunsari sebagian penduduk nya adalah mayoritas petani. Adapun jenis pertanian yang terdapat di desa wangunsari yaitu padi. karena wilayah desa wangunsari di apit beberapa gunung, jadi tanah di Desa Wangunsari sangat subur.
  • Selain tanah yang sangat subur. Desa Wangunsari juga memiliki panorama alam yang sangat indah. Kita akan di suguhkan satu pemandangan alam yang sangat eksotis, dengan hamparan sawah yang sangat luas dan deretan gunung yang menjulang. Ada bebrapa tempat wisata yang terdapat di Desa Wangunsari, salah satunya yang paling sering dikunjungi adalah Curug gawang atau Air terjun gawang.