Wang Yang (pejabat)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Wang Yang
汪洋
Wang Yang (Chinese politician) Washington 2013.jpg
Wakil Perdana Menteri Republik Rakyat Tiongkok
Mulai menjabat
16 Maret 2013
Menjabat bersama Zhang Gaoli, Liu Yandong, Ma Kai
Perdana MenteriLi Keqiang
PendahuluZhang Dejiang
Sekretaris Partai Komunis Guangdong
Masa jabatan
22 Oktober 2007 – 18 Desember 2012
PendahuluZhang Dejiang
PenggantiHu Chunhua
Sekretaris Partai Komunis Chongqing
Masa jabatan
Desember 2005 – Oktober 2007
PendahuluHuang Zhendong
PenggantiBo Xilai
Informasi pribadi
Lahir12 Maret 1955 (umur 64)
Suzhou, Anhui, Tiongkok
KebangsaanTiongkok
Partai politikPartai Komunis Tiongkok
Alma materSekolah Partai Pusat, Kolese Pendidikan Lanjutan
Universitas Sains dan Teknologi Tiongkok
KabinetPemerintah Li Keqiang

Wang Yang (Hanzi: 汪洋; Pinyin: Wāng Yáng; lahir di Suzhou, Anhui, Tiongkok, 12 Maret 1955; umur 64 tahun) adalah seorang politikus Tiongkok berpangkat tinggi. Ia adalah salah satu dari empat Wakil Perdana Menteri Tiongkok dalam Pemerintah Perdana Menteri Li Keqiang. Sampai Januari 2013, ia menjabat sebagai Sekretaris Partai Komunis Guangdong; jabatan tertinggi di provinsi Tiongkok selatan tersebut. Ia menjabat sebagai sekretaris partai Chongqing, sebuah munisipalitas dalam dari 2005, sampai 2007. Mula-mula sebagai pemegang jabatan regional penting, dan sekarang sebagai wakil perdana menteri, Wang juga menduduki kursi pada Politburo Partai Komunis Tiongkok, dewan pemerintahan negara tersebut.

Wang dipandang sebagai salah satu reformator utama dalam kepemimpinan papan atas Tiongkok, dan seringkali dikenal karena mempelopori model Guangdong, yang dikarakteristikkan pada wirausaha swasta, pertumbuhan ekonomi dan peran besar untuk masyarakat sipil. banyak dianggap sebagai salah satu anggota 'liberal' paling kuat dari elit Tiongkok, yang mengadvokasikan reformasi ekonomi dan politik.

Kehidupan awal[sunting | sunting sumber]

Wang lahir di Suzhou, Anhui, dari keluarga kelas pekerja perkotaan biasa. Ayahnya adalah seorang buruh manual.[1] Antara 1972 dan 1976, ia bekerja sebagai anggota pabrik pengolahan makanan sebelum diangkat menjadi petinggi. Ia bergabung dengan Partai Komunis Tiongkok pada 1975. Ia kemudian bergabung dengan Sekolah Partai lokal sebagai instruktur, sebelum belajar ekonomi politik saat reformasi ekonomi Deng Xiaoping di Sekolah Partai Pusat pada 1979. Ia kembali ke kampung halamannya sebagai instruktur kebijakan partai sebelum bergabung dengan organisasi Liga Pemuda Komunis lokal – dimana ia ia bergabung dengan organisasi provinsional tersebut pada 1984. Ia kemudian berpindah untuk bekerja sebagai Deputi Direktur dan Direktur Biro Olahraga Provinsial Anhui sampai 1988.

Masa jabatan pertamanya dengan administrasi sipil terjadi di Tongling, Anhui, yang bermula pada 1988. Ia menjabat pada administrasi munisipal sebagai deputi sekretaris partai, pelaksana jabatan wali kota, dan wali kotanya, sesambil juga berupaya meraih gelar administrasi politik di Sekolah Partai Pusat. Ia diangkat menjadi asisten Gubernur provinsial pada tahun berikutnya, dan diangkat menjadi Wakil Gubernur Anhui antara 1993 dan 1998. Ia akhirnya dikirim untuk bekerja dalam pemerintahan pusat sebagai kepala deputi Komisi Reformasi dan Pengembangan Nasional, dan kemudian sebagai deputi sekretaris jenderal Deputi Negara antara 2003 dan 2005, dimana sehari-hari ia mengerjakan administrasi di Kantor Umum Dewan Negara.[2]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Johnson, Ian (13 November 2012). "Dynasty of Different Order Is Reshaping China". New York Times. 
  2. ^ Xinhua's Official Biography of Wang

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Jabatan partai politik
Didahului oleh:
Huang Zhendong
Sekretaris Partai Komunis Chongqing
2005–2007
Diteruskan oleh:
Bo Xilai
Didahului oleh:
Zhang Dejiang
Sekretaris Partai Komunis Guangdong
2007–2012
Diteruskan oleh:
Hu Chunhua