Universitas Sains dan Teknologi Tiongkok

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Universitas Sains dan Teknologi Tiongkok
中国科学技术大学
Moto红专并进,理实交融
Moto dalam bahasa Inggris
Menjadi bertanggung jawab dan profesional, mengintegrasikan teori dengan praktek
JenisUniversitas negeri
Didirikan1958
PresidenBao Xinhe
Staf akademik
547
Jumlah mahasiswa15.500
Sarjana7.400
Magister8.100
Lokasi, ,
KampusUrban
AfiliasiAEARU, APRU, Liga 9 Universitas
Situs webwww.ustc.edu.cn
Universitas Sains dan Teknologi Tiongkok

Gate of USTC.JPG

Gerbang Utara Lama Kampus Timur
Hanzi sederhana: 中国科学技术大学
Hanzi tradisional: 中國科學技術大學
Zhongguokeda
Hanzi: 中国科大

Universitas Sains dan Teknologi Tiongkok (USTT) adalah universitas penelitian negeri di Hefei, Anhui, Tiongkok, berada di bawah manajemen langsung Akademi Ilmu Pengetahuan Tiongkok (AIPT). Universitas ini adalah anggota elit Liga 9 Universitas, yang setara dengan Liga Ivy[1] dan masuk kategori Kelas A dalam program Kelas Utama Ganda dari Kementerian Pendidikan Tiongkok.[2] Didirikan di Beijing oleh AIPT pada September 1958, kemudian dipindahkan ke Hefei pada awal tahun 1970 selama Revolusi Budaya.[3]

USTT didirikan dengan misi menangani kebutuhan mendesak dalam meningkatkan ekonomi, infrastruktur pertahanan, pendidikan sains dan teknologi Tiongkok. Kekuatan utamanya adalah penelitian ilmiah serta teknologi dan baru-baru ini telah berkembang juga bidang humaniora serta manajemen dengan penekanan ilmiah dan teknik yang mumpuni. USTT memiliki 12 fakultas, 30 departemen, kelas khusus untuk "Pemuda Berbakat", kelas eksperimental untuk "Reformasi Pengajaran", program pascasarjana (kampusnya di Hefei, Shanghai, Suzhou), perangkat lunak, pendidikan jaringan dan program pendidikan berkelanjutan. Tahun 2012, Institut Teknologi Canggih, Universitas Sains dan Teknologi Tiongkok didirikan.

Dalam beberapa tahun terakhir, USTT termasuk 100 universitas top dunia dalam peringkat universitas yang paling banyak dibaca di dunia seperti Academic Ranking of World Universities, Times Higher Education World University Rankings dan QS World University Rankings.[4][5][6][7][8] Untuk kategori hasil penelitian, Nature Index 2020 menempatkan universitas ini pada peringkat No.1 di Tiongkok & seluruh Asia serta wilayah Oceania dan peringkat ke-4 di dunia setelah Harvard, Stanford dan MIT.[9] Karena reputasinya dalam penelitian Sains dan Teknik, USTT dijuluki “Caltech-nya Tiongkok”.[10]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Best universities in China 2018". Times Higher Education. 6 September 2017. 
  2. ^ "教育部 财政部 国家发展改革委 关于公布世界一流大学和一流学科建设高校及建设 学科名单的通知 (Notice from the Ministry of Education and other national governmental departments announcing the list of double first class universities and disciplines)". 
  3. ^ "Salinan arsip". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2018-01-31. Diakses tanggal 2021-06-21. 
  4. ^ "QS Ranking: University of Science and Technology of China". Top Universities (dalam bahasa Inggris). 
  5. ^ "Institution outputs | Nature Index". www.natureindex.com. 
  6. ^ "University of Science and Technology of China". Times Higher Education (THE) (dalam bahasa Inggris). 21 May 2021. 
  7. ^ "University of Science and Technology of China". NTU Ranking. 
  8. ^ "World University Rankings - 2020 | China Universities in Top 1000 universities | Academic Ranking of World Universities - 2020 | Shanghai Ranking - 2020". www.shanghairanking.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2021-04-15. 
  9. ^ "2020 tables: Institutions - academic | 2020 tables | Institutions - academic | Nature Index". www.natureindex.com. Diakses tanggal 2021-02-27. 
  10. ^ "Science vs. the state: a family saga at the Caltech of China". MIT Technology Review (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2021-02-27.