Walikota Berlin

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Walikota Berlin
Regierender Bürgermeister
Lambang Daerah Berlin
Petahana
Kai Wegner

sejak 27 April 2023
JenisLord Mayor
Kepala Pemerintahan
AnggotaSenat Berlin
KediamanRotes Rathaus
Ditunjuk olehAbgeordnetenhaus Berlin
Dasar hukumKonstitusi Berlin [de]
PendahuluLord Mayor Berlin Raya
Dibentuk11 January 1951
Pejabat pertamaErnst Reuter
Situs webberlin.de/rbmskzl

Walikota (Jerman: Regierender Bürgermeister) Berlin adalah kepala pemerintahan dan pejabat pimpinan Senat Berlin. Berlin merupakan sebuah kota independen dan sekaligus menjadi salah satu bagian dari Negara-Negara Bagian di Jerman (Bundesländer), kedudukan Walikota Berlin dapat disejajarkan dengan kedudukan Menteri-Presiden di negara-negara bagian lain di Jerman. Selain itu, jabatan Walikota Berlin juga sederajat dengan gelar Lord Mayor dalam artian pemimpin eksekutif sebenarnya.

Berdasarkan Kontitusi Berlin, Walikota Berlin adalah anggota dan Ketua Senat Berlin. Para menteri-menterinya disebut sebagai senator. Terdapat dua orang wakil yang menjabat sebagai Walikota (Jerman: Bürgermeister). Selain itu gelar Walikota juga digunakan oleh para pemimpin 12 wilayah di Berlin, meskipun mereka tidak secara langsung memimpin kotamadya pemerintahan-sendiri.

Kantor Walikota Berlin, Rotes Rathaus

Walikota Berlin dipilih oleh Parlemen Berlin (Jerman: Abgeordnetenhaus), yang juga mengontrol arah kebijakan di lingkungan Berlin dan dapat mengajukan pemakzulan Walikota Berlin melalui mosi tidak percaya. Walikota Berlin juga berwenang dalam mengangkat dan memberhentikan para senator pemerintahan.

Walikota Berlin berkedudukan di Balai Kota Rotes Rathaus di Mitte.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Sebagai ibukota dari Kerajaan Prusia, Walikota Berlin pertama diangkat oleh Raja Friedrich Wilhelm III setelah penarikan pasukan Napoleon pada tahun 1809. Walikota Berlin pertama digelari sebagai Oberbürgermeister. Hal ini didasarkan pada reformasi yang terjadi di Prusia. Walikota Berlin menjabat sebagai Kepala Dewan Kota yang disebut Magistrat.

Rathaus Schöneberg adalah kantor Walikota Berlin Barat selama era pemisahan Jerman

Selama pendudukan Jerman oleh tentara Sekutu setelah Perang Dunia II. Majelis Kota Berlin (Jerman: Stadtverordnetenversammlung) memilih politisi Partai Sosial Demokrat Ernst Reuter sebagai Lord Mayor pada tanggal 24 Juni 1947 yang bagaimanapun tidak memperoleh pengesahan dari Alliierte Kommandantur Berlin[1] akibat pesanan dari Uni Soviet. Setelah pemberontakan Komunis di dalam Pemerintah Kota Berlin yang terjadi pada bulan September 1948, sebuah parlemen kota terpisah dibentuk dan bagaimanapun, secara de facto hanya kompeten untuk sektor pendudukan barat (yang kemudian dikenal sebagai Berlin Barat) dipilih pada tanggal 5 Desember 1948, dua hari setelah pemisahan pemerintah kota dan Ernst Reuter menjadi Lord Mayor Berlin Barat. Pemerintahan Soviet pula secara resmi memberhentikan pemerintahan terpilih sebelumnya untuk semua wilayah di Berlin Timur dan mengangkat politisi Partai Persatuan Sosialis Jerman Fredrich Ebert Jr. sebagai Lord Mayor Berlin Timur pada tanggal 30 November 1948.

Walikota Berlin Bara Walter Momper (kiri) dan Oberbürgermeister Berlin Timur Tino Schwierzina, pada bulan Mei 1990

Berlin Barat kemudian membuat Konstitusinya sendiri (Verfassung von Berlin) dengan didasarkan pada semua fakta dan kondisi yang berubah, dan secara efektif diberlakukan pada 1 Oktober 1950. Konstitusi ini dibuat untuk penamaan kembali parlemen kota menjadi Abgeordnetenhaus von Berlin, pemerintah kota menjadi Senat Berlin dan Lord Mayor diubah menjadi Walikota Berlin[2]. Perwakilan parlemen Berlin kemudian dipilih pada 3 Desember 1950 dan memilih Erns Reuter menjadi kepala pemerintahan Kota Berlin pada tanggal 18 Januari 1951. Dari tahun 1951 sampai 1990 (selama era Perang Dingin) Walikota Berlin adalah kepala pemerintahan Berlin Barat dan berkedudukan di Rathaus Schöneberg, sedangkan Berlin Timur secara de jure tetap berada dibawah pendudukan Soviet dan secara de facto menjadi sebuah bagian dan ibukota Jerman Timur.

Pemerintah Kota Berlin Barat diklaim sebagai pemerintah yang sah untuk semua wilayah Berlin didalam batas-batas yang dibuat berdasarkan UU Berlin Raya 1920 dan berlangsung sampai Revolusi Damai 1989. Bahkan sebelum reunufikasi Jerman 1990, Walikota Berlin Barat dan Oberbürgermeister Berlin Timur menggelar pertemuan kabinet gabungan sebelum pemilihan umum besar-besaran di Berlin yang berlangsung pada 2 Desember 1990.

Daftar Walikota Berlin[sunting | sunting sumber]

Tabel dibawah menyajikan daftar Walikota Berlin Paska Reunifikasi Jerman Tahun 1990

Walikota Berlin (1990 – sekarang)
No. Potret Nama Masa Jabatan Partai Politik
-.
Walter Momper

&

Tino Schwierzina

3 Oktober 1990 – 24 Januari 1991[a] SPD
1
Eberhard Diepgen 24 Januari 1991 – 16 Januari 2001[b] CDU
2.
Klaus Wowereit 16 Januari 2001 – 11 Desember 2014[c] SPD
3.
Michael Müller 11 Desember 2014 – 21 Desember 2021 SPD
4.
Franziska Giffey 21 Desember 2021 – 27 April 2023 SPD
5.
Kai Wegner 27 April 2023 – Petahana CDU

Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Menjabat bersama sebagai hasil pelaksanaan reunifikasi Jerman
  2. ^ Diberhentikan akibat mosi tidak percaya
  3. ^ Wowereit mengundurkan diri dari jabatannya

Daftar Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ The Allied control body for Berlin corresponding to the Allied Control Council for the rest of Germany.
  2. ^ Cf. articles 25 and 40 of Die Verfassung von Berlin (Constitution of Berlin [West]), Berlin (West): Landeszentrale für politische Bildungsarbeit Berlin, 1982, pp. 34 and 37.