Wakung sawo

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Wakung sawo
Yellowtail snapper seen from Underwater Tunnel Atlantis.jpg
Status konservasi
Tidak dievaluasi (IUCN 3.1)
Klasifikasi ilmiah
Kingdom: Animalia
Filum: Chordata
Kelas: Actinopterygii
Ordo: Perciformes
Famili: Lutjanidae
Genus: Ocyurus
T. N. Gill, 1862
Spesies: O. chrysurus
Nama binomial
Ocyurus chrysurus
(Bloch, 1791)
Sinonim

Untuk genus:

  • Sarda Plumier, 1802 (tidak tersedia)

Untuk spesies:

  • Sparus chrysurus Bloch, 1791
  • Lutjanus chrysurus (Bloch, 1791)
  • Mesoprion chrysurus (Bloch, 1791)
  • Anthias rabirrubia Bloch & J. G. Schneider, 1801
  • Sparus semiluna Lacépède, 1802
  • Mesoprion aurovittatus Agassiz, 1831
  • Ocyurus aurovittatus (Agassiz, 1831)
  • Ocyurus rijgersmaei Cope, 1871

Wakung sawo adalah sejenis ikan kakap yang melimpah di wilayah aslinya yaitu Atlantik barat, termasuk Teluk Meksiko dan Laut Karibia. Meski ikan ini telah ditemukan sampai di negara bagian Massachusetts, Amerika Serikat di utara, sebaran normal mereka adalah mulai dari Florida ke selatan sampai Hindia Barat dan Brasil. Di AS ikan ini dikenal dengan nama Yellowtail Snapper (kakap ekor kuning), sedangkan di Meksiko dikenal dengan nama Rabirrubia, dan di Brasil dikenal dengan nama Guaiuba. Ikan ini sudah dibawa ke perairan Indonesia dan berkembang.[1] Ikan ini biasanya ditemukan di sekitar terumbu karang namun juga bisa ditemukan di habitat lain. Biasanya ikan ini mendiami kedalaman dekat permukaan sampai 180 meter (590 ft), meski kebanyakan ditemukan di kedalaman 10–70 meter (33–230 ft).

Panjang ikan ini bisa mencapai 86,3 sentimeter ([convert: unknown unit]) meski kebanyakan hanya memiliki panjang 40 sentimeter ([convert: unknown unit]), sedangkan berat terbesar yang pernah dicatat adalah 4,1 kilogram (9,0 lb). Ikan ini merupakan satu-satunya anggota dari marga Ocyurus.[2] Mangsa dari ikan ini adalah udang, kepiting, cacing laut, dan ikan kecil. Musim kawin ikan ini adalah mulai dari musim semi ke gugur, namun kebanyakan kawin di pertengahan musim panas, dekat dengan karang. Ikan ini cenderung memiliki sifat waspada, dimana keberadaan pemangsa yang lebih besar seperti lumba-lumba atau hiu bisa menakuti kawanan ikan ini sampai pemangsanya pergi.

Seekor Wakung sawo (Ocyurus chrysurus)

Ikan ini merupakan ikan komersial yang penting dan telah dibudidayakan, juga banyak dicari oleh pemancing rekreasi serta merupakan ikan yang populer untuk ditampilkan di akuarium umum. Dagingnya yang empuk dan lembek dihargai tinggi dan rasanya dianggap sebagai salah-satu yang terbaik di keluarga kakap.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Mancing di Pulau Tinjil". www.mancingmania.com. Diakses tanggal 2017-01-27. 
  2. ^ "Ocyurus chrysurus". FishBase. Ed. Ranier Froese and Daniel Pauly. December 2013 version. N.p.: FishBase, 2013.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]