Waktu Moskwa

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Waktu di Rusia
     USZ1 Waktu Kaliningrad UTC+2 (MSK–1)
     MSK Waktu Moskwa UTC+3 (MSK±0)
     SAMT Waktu Samara UTC+4 (MSK+1)
     YEKT Waktu Yekaterinburg UTC+5 (MSK+2)
     OMST Waktu Omsk UTC+6 (MSK+3)
     KRAT Waktu Krasnoyarsk UTC+7 (MSK+4)
     IRKT Waktu Irkutsk UTC+8 (MSK+5)
     YAKT Waktu Yakutsk UTC+9 (MSK+6)
     VLAT Waktu Vladivostok UTC+10 (MSK+7)
     MAGT Waktu Magadan UTC+11 (MSK+8)
     PETT Waktu Kamchatka UTC+12 (MSK+9)

Waktu Moskwa (bahasa Rusia: Моско́вское вре́мя) adalah zona waktu untuk kota Moskwa, Rusia, Belarus, dan sebagian Rusia Barat, termasuk Saint Petersburg. Zona waktu ini adalah yang kedua paling barat dari sebelas zona waktu Rusia. Zona waktu ini telah diatur ke UTC+3 secara permanen pada 26 Oktober 2014;[1] sebelumnya berada pada UTC+4 sejak 27 Maret 2011.[2]

Waktu Moskwa digunakan untuk jadwal kereta api, kapal, dan lainnya. di seluruh Rusia, sementara perjalanan pesawat menggunakan waktu setempat. Deskripsi dari zona waktu di Rusia sering didasarkan pada Waktu Moskwa daripada UTC. Misalnya, Yakutsk (UTC+9) dinyatakan sebagai MSK+6 di Rusia.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Sesuai dengan Keputusan Dewan Komisar Rakyat tanggal 16 Juni 1930, Keputusan Waktu (Decree of time) diperkenalkan dengan menambahkan satu jam ke masing-masing zona waktu di Uni Soviet, sehingga Waktu Moskwa menjadi tiga jam lebih cepat dari Waktu Universal Terkoordinasi.

Sampai tahun 2011, selama musim dingin, antara minggu terakhir bulan Oktober dan hari minggu terakhir bulan Maret, Waktu Standar Moskwa (MSK, МСК) adalah tiga jam lebih awal dari UTC, atau UTC+3; selama musim panas, Waktu Moskwa bergeser maju satu jam untuk menjadi Waktu Musim Panas Moskwa (MSD), pada UTC+4.

Pada tahun 2011, pemerintah Rusia menyatakan bahwa daylight saving time akan diberlakukan sepanjang tahun, dengan demikian secara efektif menggantikan waktu standar—tindakan yang diklaim pemerintah muncul dari masalah kesehatan yang dikaitkan dengan pergeseran tahunan antara waktu standar dan daylight saving time. Pada tanggal 27 Maret 2011, Moskwa memajukan waktu ke depan untuk terakhir kalinya menjadi UTC+4 secara permanen.

Pada tanggal 29 Maret 2014, setelah aneksasi Krimea oleh Federasi Rusia, Republik Krimea dan kota Sevastopol—dua subjek federal yang dibentuk oleh Rusia di Semenanjung Krimea—mengganti zona waktu mereka menjadi MSK.

Pada Juli 2014, Duma Negara meloloskan rancangan undang-undang untuk mencabut perubahan waktu tahun 2011, menempatkan Waktu Moskwa pada UTC+3 secara permanen.

Penggunaan[sunting | sunting sumber]

Sebagian besar dari Eropa Rusia (bagian dari Rusia di sebelah barat Pegunungan Ural) menggunakan Waktu Moskwa. Di Oblast Kaliningrad, Waktu Kaliningrad (UTC+2) digunakan. Oblast Samara dan Udmurtia menggunakan Waktu Samara (UTC+4) dan Krai Perm, Bashkortostan, dan Oblast Orenburg menggunakan Waktu Yekaterinburg (UTC+5). Di Distrik Federal Krimea, wilayah Krimea yang disengketakan antara Rusia dan Ukraina, juga menggunakan Waktu Moskwa, begitu pula di wilayah separatis Republik Rakyat Donetsk dan Republik Rakyat Luhansk, yang sejak 2014 mengendalikan sebagian besar Oblast Donetsk dan Oblast Luhansk di Ukraina.[3]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Russia Turns Clocks Back to 'Winter' Time". RIA Novosti. 26 October 2014. Diakses tanggal 27 October 2014. 
  2. ^ "Russia Abolishes Winter Time". Timeanddate.com. 8 February 2011. Diakses tanggal 26 March 2011. 
  3. ^ "DPR and LPR switch over to Moscow time". Tass - Russian News Agency. 26 October 2014. Diakses tanggal 11 August 2015. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]