Vodafone Park

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Vodafone Park
Sarang Elang (Kartal Yuvası)
Beşiktaş J.K. vs Bursaspor 11 April 2016 (5).jpg
Nama lamaVodafone Arena[1] (2016–2017)
LokasiBeşiktaş, Istanbul, Turki
Koordinat41°02′21.14″N 28°59′41.07″E / 41.0392056°N 28.9947417°E / 41.0392056; 28.9947417Koordinat: 41°02′21.14″N 28°59′41.07″E / 41.0392056°N 28.9947417°E / 41.0392056; 28.9947417
PemilikBeşiktaş J.K.
OperatorBeşiktaş J.K.
Suite eksekutif147
Kapasitas41,188[2]
Rekor kehadiran39.623
(20 April 2017,
Beşiktaş-O. Lyon)
Ukuran lapangan105 oleh 68 meter (115 yd × 74 yd)
PermukaanRumput hibrida
Konstruksi
Mulai pembangunanOktober 2013
Dibuka11 April 2016
BiayaEUR € 110 juta (perkiraan)[3]
ArsitekBünyamin Derman,
Metin Demir[4]
Kontraktor umumBeşiktaş İnşaat A.Ş.
Pemakai
Beşiktaş J.K. (2016–sekarang)
Situs web
www.vodafonepark.com.tr

Vodafone Park adalah all-seater, stadion multi-fungsi di distrik Beşiktaş di Istanbul, Turki.[5][6] Merupakan kandang Beşiktaş JK. Stadion ini dibangun di situs bekas kandang Beşiktaş, Stadion BJK İnönü. Memiliki kapasitas sekitar 41.188 penonton, awalnya direncanakan untuk 41.903. Pada 14 Agustus 2019, stadion ini menjadi tuan rumah Piala Super UEFA 2019.

Vodafone Park memiliki 144 suite eksekutif, dan satu "Lounge 1903" yang dapat menghibur hingga 1.903 penonton secara total. The "1903 stand" memiliki kapasitas 636 penonton. Kursi VIP di stadion dilengkapi dengan solusi Stadion & Arena FUNTORO — monitor interaktif definisi tinggi yang menyediakan siaran TV langsung, sistem periklanan, informasi pemain, dll. Stadion baru ini juga memiliki 2.123 meter persegi restoran, 2.520 meter persegi restoran teras dan kapasitas parkir VIP 600 kendaraan. Lapangan merupakan 'stadion pintar', tempat para penggemar menikmati StadiumVision dan teknologi Wi-Fi berkecepatan tinggi, yang direncanakan bersama dengan Cisco.[7]

Karya pembongkaran di Stadion BJK İnönü dimulai pada 2 Juni 2013, mengikuti akhir play-off promosi untuk TFF First League. Perkiraan biaya proyek pada saat itu adalah sekitar $ 80 juta. Stadion baru ini dirancang oleh Bünyamin Derman dari arsitek DB. Stadion lama dihancurkan, kecuali untuk stan Eski Açık, karena ini berdiri dan menaranya dianggap monumen bersejarah oleh pemerintah. Stand Eski Açık diatur ulang agar menyerupai tampilan amfiteater antik. Stadion baru ini dirancang agar "selaras dengan pemandangan alam dan bersejarah Bosphorus" jika dilihat dari laut.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Lokasi[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 1936, arsitek dan perencana kota Prancis Henri Prost (1874–1959) diundang ke Turki oleh Presiden Mustafa Kemal Atatürk. Dia ditugaskan untuk mempersiapkan perencanaan kasar dan pembangunan kembali kota Istanbul, yang berlangsung hingga 1951. Dalam rencana pertama, Prost berpikir bahwa distrik Şişli mungkin merupakan lokasi yang baik untuk stadion kota. alih-alih istal Istana Dolmabahçe sebagai pencapaian yang adil dalam pembangunan kota Istanbul, yang mulai berlaku di 1939.

Konstruksi[sunting | sunting sumber]

Stadion BJK İnönü, awalnya bernama Stadion Dolmabahçe, dirancang oleh arsitek Italia Paolo Vietti-Violi, yang bekerja sama dengan arsitek Turki Şinasi Şahingiray dan Fazıl Aysu untuk menyiapkan proyek. Yayasan pertama diletakkan pada 19 Mei 1939, tetapi konstruksi dihentikan karena pecahnya Perang Dunia Kedua. Stadion ini diresmikan pada 19 Mei 1947, oleh İsmet İnönü, Presiden Turki yang kedua dan dirinya sendiri penggemar Beşiktaş, dan Lütfi Kırdar, Gubernur Istanbul.

Kapasitas awal adalah 16.000. Dalam rencana proyek asli, ada dua patung perunggu figur atlet di stan Eski Açık: satu melempar cakram, dan yang lainnya melempar lembing. Namun, patung-patung itu tidak pernah dibangun karena masalah keuangan. Pabrik minyak yang ditemukan di belakang stadion dihancurkan untuk membangun stan Yeni Açik di bagian barat stadion pada tahun 1950. (karenanya nama Yeni Açık, yang berarti Baru-atas; mengacu pada dua tribun tertutup (Numarali dan Kapalı) dan dua tribun open-top (Eski Açık dan Yeni Açık). Pada tahun 1952, stadion ini berganti nama menjadi Stadion Mithat Paşa, dan kemudian pada tahun 1973, stadion ini diganti namanya menjadi Stadion İnönü.[8] Sebuah kontrak sewa ditandatangani antara Beşiktaş JK dan Kementerian Pemuda dan Olahraga pada Februari 1998 yang memberikan semua hak penggunaan Stadion İnönü kepada Beşiktaş JK selama 49 tahun.

Pertandingan Sepak Bola Pertama[sunting | sunting sumber]

Pertandingan sepak bola pertama di Stadion Dolmabahçe berlangsung antara Beşiktaş JK dan AIK Stockholm dari Swedia, pada tanggal 27 November 1947, dan gol pertama di stadion dicetak oleh Süleyman Seba; Presiden klub yang paling terkenal dan paling lama memimpinnya (pada 1980-an dan 1990-an) ketika dia menjadi pemain untuk Beşiktaş JK. Beşiktaş menerima kekalahan 3–2.

Galatasaray S.K. dan Fenerbahce S.K. berbagi stadion dengan Beşiktaş JK selama bertahun-tahun, sebelum pembangunan Stadion Ali Sami Yen untuk Galatasaray pada tahun 1964, dan renovasi Stadion Şükrü Saracoğlu untuk Fenerbahçe S.K. pada tahun 1982.

Wasit Wanita Pertama[sunting | sunting sumber]

Taman Vodafone menyaksikan wasit wanita pertama dalam pertandingan sepak bola pria Eropa utama ketika wasit Prancis Stéphanie Frappart mengambil alih pertandingan sepak bola di Vodafone Park pada 14/08/2019, antara Liverpool dan Chelsea di Piala Super UEFA.[9]

Renovasi[sunting | sunting sumber]

Pekerjaan renovasi terjadi di Stadion BJK İnönü pada tahun 2004. Jalur tartan telah dihapus dalam lingkup kegiatan ini dan permukaan tanah diturunkan sebesar 4 meter untuk meningkatkan kapasitas stadion menjadi 32.145 penonton. Kursi pers dipindahkan ke stand Numaralı dari stand Kapalı. Lounge yang dibuat di tengah-tengah dudukan Kapalı dihancurkan. Jumlah gerbang digandakan. Sebuah pusat pers untuk Beşiktaş TV dibangun di dalam stadion. Toilet dan konter makanan direnovasi. Stand Yeni Açık ditutupi dengan struktur logam. Pekerjaan itu dilakukan sesuai dengan standar UEFA.

Proyek Stadion Baru[sunting | sunting sumber]

Karena lokasi unik dari Stadion BJK İnönü, yang dianggap sebagai salah satu yang terbaik di dunia,[10] dan status hukumnya sebagai "monumen bersejarah" yang dilindungi oleh Dewan Monumen Tinggi Turki, proyek pembaruan harus dimodifikasi dan ditunda beberapa kali dan semua permintaan resmi, upaya pembaruan ditolak. In 2008, mantan presiden klub Yildirim Demirören meluncurkan proyek yang dirancang oleh HOK sports, dengan kapasitas desain 42.000 penonton. Namun, proyek ini juga dibatalkan karena kekhawatiran tentang bagaimana proyek baru tersebut tidak sesuai dengan lingkungan historis Beşiktaş. Akhirnya, pada 2013, presiden klub saat ini Fikret Orman menyelesaikan prosedur administrasi setelah pertukaran birokrasi yang panjang, dan menerima semua izin yang diperlukan dengan mengusulkan tujuan desain tertentu.

Pemboman Desember 2016[sunting | sunting sumber]

Pada 10 Desember 2016, dua bom meledak di luar stadion, menewaskan sedikitnya 46 (38 petugas polisi, 8 warga sipil) dan melukai 136. Ledakan pertama dan lebih besar terjadi sekitar 7:30 p.m. setelah tim tuan rumah Beşiktaş mengalahkan tamunya Bursaspor 2-1 di Liga Super Turki. Seorang pejabat dengan pengetahuan tentang serangan itu mengatakan bahwa waktu pemboman bertujuan untuk memaksimalkan korban jiwa. Namun, angka kematian warga sipil lebih rendah karena penggemar sudah meninggalkan stadion setelah pertandingan. Saksi mata juga melaporkan mendengar suara tembakan setelah ledakan. Para pejabat mengatakan bahwa ledakan pertama disebabkan oleh kendaraan yang melintas yang meledak di daerah di mana pasukan khusus polisi berada di pintu keluar stadion. Bus polisi anti huru hara tampaknya menjadi sasaran. Pejabat Turki mengatakan seseorang yang telah dihentikan oleh polisi di [Taman Maçka]] melakukan bunuh diri dengan memicu peledak beberapa saat kemudian.

Perubahan Nama 2017[sunting | sunting sumber]

Pada 26 Mei 2017 Presiden Turki Erdogan mengumumkan bahwa dia telah menginstruksikan menteri olahraganya untuk menghapus kata 'arena' dari semua stadion di seluruh negeri..[11] Satu hari kemudian, TFF (Federasi Sepak Bola Turki) mengkonfirmasi bahwa kata itu akan dihapus. Satu minggu kemudian, Beşiktaş JK mengumumkan Vodafone Arena diganti namanya menjadi Vodafone Park.[12]

Desain[sunting | sunting sumber]

Vodafone Park dirancang oleh firma arsitektur DB Architects.[13] Bünyamin Derman menjabat sebagai Arsitek proyek. Stadion ini memenuhi kriteria 4 Kategori UEFA, yang paling ketat dalam peringkat yang ditentukan oleh peraturan UEFA untuk infrastruktur stadion.

Taman Vodafone berbeda dari stadion modern dengan 3 tujuan desain yang ditentukan oleh otoritas dan sifat dari lokasi konstruksi. Berkat tujuan desain ini "arsitektur stadion mencerminkan sejarah, warisan, dan kemakmuran."

Arsitektur Colosseum (Coliseum)[sunting | sunting sumber]

Karena kedekatan Istana Dolmabahçe, Menara Jam Dolmabahçe, Masjid Dolmabahçe dan Bosphorus, Dewan Tinggi Monumen Turki menuntut tampilan yang lebih bersejarah yang harus sesuai dengan area bersejarah di sekitarnya. Sebagian besar desain arsitektur yang diusulkan untuk stadion baru adalah struktur modern, dengan permukaan luar mengkilap yang terbuat dari bahan logam, kaca atau komposit. Untuk mencapai tujuan desain pertama, arsitektur colosseum diusulkan dan diterima oleh dewan tinggi. Arsitektur Colosseum sebelumnya digunakan di stadion seperti Los Angeles Memorial Coliseum dan Stadion Memorial Busch.

Tempat Duduk Bergelombang[sunting | sunting sumber]

Di stadion modern, ketinggian dudukan umumnya pada tingkat yang sama. Karena lokasi pembangunan Vodafone Park sempit dan dikelilingi oleh jalan, ketinggian tribun berkurang secara khusus di sudut-sudut dan melebar di tepi. Ketinggian yang bervariasi menciptakan bentuk gelombang yang signifikan di tribun dan memberikan tampilan tradisional. Ketinggian dudukan timur lebih rendah - yang merupakan tujuan desain lain yang dikenakan oleh Dewan Tinggi sehingga tidak mempengaruhi siluet Bosphorus.

Desain Elips[sunting | sunting sumber]

Desain sebagian besar stadion sepak bola modern sebagian besar berbentuk persegi, persegi panjang dengan sudut membulat, atau bundar. Beberapa stadion yang lebih tua termasuk trek tartan - terutama stadion Olimpiade. Karena trek tartan, stadion ini memiliki bentuk elips seperti stadion İnönü lama. Setia dengan arsitektur sebelumnya yang dirancang pada tahun 1939 dan selaras dengan dua menara bersejarah yang tersisa dari stadion Inönü lama, Vodafone Park juga memiliki bentuk elips, meskipun tidak ada trek tartan di dalam stadion. Desain ini mengulangi gagasan yang sama tentang kesimetrian sempurna yang dicapai pada tahun 1939 dengan memperluas busur utama antara dua menara tua di seluruh struktur.

Pengembangan[sunting | sunting sumber]

Kompatibilitas Lingkungan[sunting | sunting sumber]

Proyek stadion baru ini bertujuan untuk memastikan dampak lingkungan yang rendah melalui penggunaan teknologi berkelanjutan yang canggih. Stadion ini dibangun untuk mengurangi konsumsi energi dari sumber energi tak terbarukan dengan mengurangi limbah dan mengoptimalkan sumber daya yang tersedia.Konsep Bangunan hijau Vodafone Park memastikan proses yang ramah lingkungan dan efisien sumber daya pada setiap tahap konstruksi, dari pemilihan lokasi dan desain hingga konstruksi dengan menggunakan bahan bangunan bersertifikat Green Building, untuk mencari dampak seminimal mungkin terhadap lingkungan.

Stadion ini akan menghasilkan listrik menggunakan energi matahari yang ditangkap melalui panel fotovoltaik[14] mampu menghasilkan 500 kVA per tahun. Ini sesuai dengan konsumsi listrik tahunan sekitar 100 rumah tangga rata-rata dan penghematan CO2 sekitar 250 ton. Stadion ini akan menyimpan air hujan di sumur untuk digunakan nanti untuk menyiram lapangan dan keperluan lainnya. Sumber energi alternatif ini bertujuan membantu stadion memenuhi kriteria yang ditentukan oleh Protokol Kyoto dengan menghasilkan beberapa hasil:

  • Eksploitasi energi surya secara intensif melalui alat pelacak surya
  • Pengurangan gas rumah kaca[15]
  • Tidak ada produksi emisi kimia atau akustik[16]
  • Tidak ada polusi udara
  • Tidak ada risiko kebakaran
  • Pengumpulan air hujan[17]

Semua bagian beton dan logam dari Stadion BJK Inönü yang dihancurkan dipisahkan dan digunakan kembali; Bahan-bahan tersebut dibagi menjadi beberapa kategori, agar dapat didaur ulang, dijual kembali, atau digunakan kembali.

Monumen Sejarah[sunting | sunting sumber]

Stand sisi Timur disebut Eski Açık (Tribune Lama) dengan kapasitas tempat duduk 7.962. Ada dua menara di sisi kiri dan kanan dudukan Eski Açık dan gerbang besi di tengah 2 menara. Menara dan gerbang itu dilestarikan sebagai monumen bersejarah selama pembangunan stadion baru.

Hak penamaan[sunting | sunting sumber]

Beşiktaş menandatangani kesepakatan $ 145 juta dengan Vodafone pada 21 Agustus 2013. Kesepakatan itu termasuk sponsor jersey selama 3 tahun (+2 tahun opsional yang digunakan), hak penamaan stadion (diberi nama 'Taman Vodafone'), periklanan, dan hak investasi infrastruktur teknologi stadion selama 10 (+5 opsional) tahun.

Fakta[sunting | sunting sumber]

Penghargaan[sunting | sunting sumber]

  • Vodafone Park menerima Penghargaan Ramah Lingkungan[18] pada 30 April 2015 saat Upacara Penghargaan Ekonomi Hijau ke-4.
  • Vodafone Park menerima Penghargaan "Stadium of the Year 2016" Terbaik dalam pemungutan suara publik dan juga terpilih sebagai yang terbaik ke-2 "Stadium Tahun 2016 " oleh lima juri ahli setelah Stadion London.[19] Vodafone Park memperoleh lebih banyak poin dalam kategori "Relasi dengan lingkungan" (7,600) daripada Stadion London (7.000) berkat gol desain yang dijelaskan di atas.
  • Vodafone Park menerima "Project of the Year Award di The Stadium Business Design & Development Summit" pada tahun 2017,[20] melampaui Wanda Metropolitano di Madrid - tempat acara itu diadakan - dan T-Mobile Arena di Las Vegas.

Konstruksi Dasar[sunting | sunting sumber]

  • Pondasi tabung digunakan: 10,8 km[21]
  • Anchorage: 28,5 km
  • Paku digunakan: 2,2 km
  • Kedalaman: 30 meters
  • Tanah digali untuk pondasi: 760.000 m3 [22]

Kapasitas[sunting | sunting sumber]

  • Total: 41,903[23]
  • Jumlah Suites:147
  • Kursi Suite: 1847
  • Parkir VIP: 350
  • Kursi VIP: 2100
  • Kursi Handicap: 81 (+ 81 untuk tamu)
  • Tempat duduk pers: 186

Pitch Dimensions[sunting | sunting sumber]

  • Jarak antara garis gawang dan tribun: 7,95 m
  • Jarak antara garis sentuh dan dudukan: 6,15 m

Atap[sunting | sunting sumber]

Atap kabel ringan dirancang sebagai atap kabel melingkar klasik yang berisi satu kompresi dan satu cincin tensi. Mayoritas atap ditutupi dengan membran dan terdiri dari 260 ton rakitan tali 246. Cincin tegangan dalam, yang terbuat dari 8 Ø110 mm tali kumparan terkunci penuh dengan panjang tunggal hampir 200 meter, terhubung ke cincin kompresi luar oleh kabel radial yang terdiri dari tali kumparan terkunci penuh dengan Ø110, Ø85, Ø65 dan Ø45 mm.[24]

Konser[sunting | sunting sumber]

Panorama[sunting | sunting sumber]

Panorama Vodafone Park selama upacara pembukaannya.
Panorama Vodafone Park selama upacara pembukaannya.

Koneksi Transportasi[sunting | sunting sumber]

Vodafone Park berjarak 5 menit berjalan kaki dari Taksim Square, pusat transportasi yang sibuk terletak di jantung pusat kota Istanbul. Area ini dilayani oleh berbagai jalur bus, Stasiun kereta metro Taksim (M2), stasiun trem Kabataş (T1), dan Kereta gantung Taksim-Kabataş (F1). Layanan transportasi laut terjadwal juga tersedia bagi pengunjung yang datang dari sisi Anatolia kota, kapal uap mengoperasikan layanan ke dan dari dermaga feri Beşiktaş dan Kabataş, sedangkan dermaga Kabataş juga dilayani oleh bus laut.[26][27]

Stasiun dan dermaga terdekat:

Layanan / Operator Stasiun / Dermaga Jalur
Kereta Metro istanbul logo (new).png Stasiun kereta Taksim Handicapped/disabled access Istanbul M2 Line Symbol.png YenikapıHacıosman
Trem Metro istanbul logo (new).png Kabataş stasiun trem Istanbul T1 Line Symbol.png BağcılarKabataş
Kereta Bukit Metro istanbul logo (new).png Stasiun kereta kabel Kabataş dan Taksim Istanbul F1 Line Symbol.png Taksim ↔ Kabataş
Kapal uap Beşiktaş Wharf Kadıköy ↔ Beşiktaş

Üsküdar ↔ Beşiktaş

Kabataş Wharf (ditutup sampai 2018)[28] Kadıköy ↔ Kabataş

Üsküdar ↔ Kabataş

Bis laut Logoen-gb.png Kabataş Wharf (ditutup sampai 2018) Bostancı ↔ Kabataş

Bursa ↔ Kadıköy ↔ Kabataş

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ http://www.ntv.com.tr/spor/vodafone-arenanin-ismi-vodafone-park-oldu,ie2JNTJjs0CdH544UglGhQ
  2. ^ [1]
  3. ^ http://www.ntvspor.net/foto-galeri/iste-vodafone-arenanin-maliyeti/4
  4. ^ http://www.mustafavmms.com/wp-content/uploads/2016/03/vodafone-arena-16.03.2016-33.jpg
  5. ^ "Beşiktaş and Vodafone sign 15-year sponsorship contract worth $145 mln". hurriyetdailynews.com. 20 Agustus 2013. 
  6. ^ http://www.hurriyetdailynews.com/Default.aspx?pageID=238&nid=52919
  7. ^ http://www.insideworldfootball.com/world-football/europe/13113-besiktas-and-vodafone-sign-turkey-s-biggest-ever-sponsorship
  8. ^ http://spor.haber3.com/inonu-stat-degil-tarih-haberi-612609h.htm
  9. ^ https://www.france24.com/en/20190813-football-uefa-super-cup-france-woman-referee-frappart-history-liverpool-chelsea-istanbul
  10. ^ [2]
  11. ^ [3]
  12. ^ [4]
  13. ^ http://www.dbarchitects.com.tr/bjk-vodafone-arena/
  14. ^ http://spor.gazetevatan.com/haber/inonu-elektrik-santrali/565856/5
  15. ^ http://www.aksam.com.tr/spor/besiktas/besiktasin-yeni-stadi-boyle-olacak/haber-284321
  16. ^ http://www.aksam.com.tr/spor/besiktas/besiktasin-yeni-stadi-boyle-olacak/haber-284321
  17. ^ http://www.aksam.com.tr/spor/besiktas/besiktasin-yeni-stadi-boyle-olacak/haber-284321
  18. ^ http://www.bjk.com.tr/tr/haber/62475/vodafone_arena_rsquo_ya_cevreye_uyumlu_stat_odulu.tr.html
  19. ^ http://stadiumdb.com/competitions/stadium_of_the_year_2016
  20. ^ "Liverpool FC & Las Vegas project pipped by Besiktas Vodafone Park for stadium 'Project of the Year Award' - Turkish Football". Turkish Football (dalam bahasa Inggris). 30 November 2017. Diakses tanggal 30 December 2017. 
  21. ^ http://www.geotem.com/besiktas-inonu-stadyumu_115.html
  22. ^ http://www.fanatik.com.tr/2014/08/04/inonunun-harfiyatina-76-bin-kamyon-380260
  23. ^ http://www.radikal.com.tr/spor/besiktasin_yeni_stadi_vodafone_arenanin_tanitimi_yapildi-1176492
  24. ^ https://www.linkedin.com/company/fatzer-ag-wire-ropes
  25. ^ http://www.gazetevatan.com/50-bin-bana-az-1182247-magazin/
  26. ^ "Sehir Hatları | Ferry Time Table | Ferry Timetable | Bosphorus Tour | Adalar Ferry Timetable | Kadiköy | Besiktas | Kabatas". en.sehirhatlari.istanbul. Diakses tanggal 31 Oktober 2017. 
  27. ^ "İstanbul Deniz Otobüsleri A.Ş." www.ido.com.tr (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 31 Oktober 2017. 
  28. ^ Inc., Tom Brosnahan, Travel Info Exchange,. "Istanbul Ferryboat Docks, Turkey". turkeytravelplanner.com. Diakses tanggal 31 Oktober 2017. 

External links[sunting | sunting sumber]

Didahului oleh:
A. Le Coq Arena
Tallinn
UEFA Super Cup
Host Venue

2019
Diteruskan oleh:
Estádio do Dragão
Porto

Templat:Beşiktaş, Istanbul Templat:Süper Lig Venues Templat:Beşiktaş J.K.