Virgil Donati

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Virgil Donati
Informasi latar belakang
Lahir22 Oktober 1958 (umur 65)
Melbourne, Australia
GenreInstrumental rock, progressive metal, jazz fusion
InstrumenDrum, keyboards
Tahun aktif1972–sekarang
Artis terkaitPlanet X, Allan Holdsworth, Steve Vai, CAB, Southern Sons, Derek Sherinian, Tribal Tech, Michel Polnareff, Soul SirkUS, Scott Henderson, Tony MacAlpine, U.K., Kazumi Watanabe
Situs webvirgildonati.com

Virgil Donati lahir 22 Oktober 1958 adalah drummer Australia, sering sebagai Drum klinik dan produser. Dia saat ini bermain dengan Planet X, Allan Holdsworth, dan band-nya sendiri di antara proyek-proyek lainnya. Virgil mungkin paling terkenal untuk keterampilan drum teknis sangat cepat. Dia memegang stick drum dengan gaya tradisional dan juga mahir bermain Keyboard.

Biografi[sunting | sunting sumber]

Virgil Donati lahir pada tanggal 22 Oktober 1958 di Melbourne, Australia dari keturunan Italia.[1] Dia mendapat drumset pertama pada usia 2 tahun.[2] Dia mulai bermain dengan band ayahnya, dan terus melakukan acara-acara ini sampai dia berusia sekitar 6 tahun.

Dia bergabung dengan band rock pertama dan menandatangani kontrak dengan label rekaman besar pertama pada usia 15. Band ini pertama kali bernama Cloud Nine, namun kemudian berganti nama Taste, dengan mereka ia merekam 3 album.[2][3] Setelah pada usia 16, Donati meninggalkan sekolah dan berfokus tidak hanya pada drum, tetapi juga piano. Pada usia 19 Donati melakukan perjalanan ke AS untuk belajar dengan Philly Joe Jones, dan pada Dick Groves School di Los Angeles. Ia juga mengambil pelajaran dari spesialis snare drum Murray Spivack.[4]

Donati kembali ke Australia pada usia 21 di mana kariernya akhirnya lepas landas. Bermain jazz dengan Allan Zavod dan Brian Brown, dan rock dengan band Peter Cupples.[5] Dia sibuk tur dan sesi drummer di Australia. Band popnya sendiri, The State berubah menjadi Southern Sons, yang menyebabkan rasa pertama Donati tentang ketenaran internasional, dengan debut self-titled mereka terjual multi-platinum dan menghasilkan hit single internasional 'Heart In Danger'.

Selama tahun 1980-an Donati adalah anggota dari band jazz-rock fusion berbasis di Melbourne, Changes '(Virgil Donati Drums, Joe Chindamo Keyboards, Mark Domoney Gitar, Steve Hadley Bass, John Barrett Saxophone), yang kemudian menjadi 'Loose Change' (kuartet - lineup yang sama sebagai 'Changes' dikurangi Saxophone).

Istirahat besar datang pada tahun 1995 di mana album solo pertama Donati Strech Diarsipkan 2008-10-15 di Wayback Machine. dirilis. Pada tahun 1999 Donati merilis On The Virg: Serious Young Insects Diarsipkan 2008-10-15 di Wayback Machine. melalui perusahaan rekaman berbasis di Melbourne Vorticity Music Diarsipkan 2008-12-01 di Wayback Machine..

Pada tahun 1999, Ex-keyboardist Dream Theater Derek Sherinian mengajak Virgil untuk bermain drum, dan co-write pada debut rekaman solonya Planet X. Kolaborasi ini berubah menjadi band metal-fusion Planet X. Bersama-sama mereka telah merilis tiga album studio; Universe, MoonBabies, Quantum , dan satu album live, Live from Oz. Donati juga telah membuat banyak penampilan live di seluruh dunia dengan pemimpin fusion, Scott Henderson dan Tribal Tech.

Pada tahun 2004, Donati terpilih sebagai no.1 clinician of the year oleh pembaca majalah drummer populer, modern Drummer.

Pada tanggal 15 Maret 2007, melalui website-nya Virgildonati.com ia meluncurkan 2-disc DVD digipak eksklusif dari kliniknya di Stockholm selama festival Bass n'Drum 2005.

Pada tahun 2009, Donati kembali ke Australia untuk pertama kalinya dalam 4 tahun, bermain di Drumscene Live Tour bersama dengan Thomas Pridgen dan Dom Famularo, serta bermain di Australia Ultimate Drummers Weekend di kota kelahirannya Melbourne.

Pada tahun 2010, Donati menghabiskan sebagian besar waktunya di Amerika Serikat bermain dengan sejumlah band yang berbeda. Donati juga salah satu dari tujuh drumer yang mengikuti audisi untuk menggantikan Mike Portnoy di Dream Theater.

Pada musim gugur 2012 Donati mengadakan tur secara ekstensif dengan gitaris Allan Holdsworth dan bassis Jimmy Haslip dan Anthony Crawford, bermain di berbagai tempat di Amerika Serikat, Kanada dan Eropa.

Virgil dikenal untuk kehidupan yang didedikasikan untuk musik. Dalam sebuah wawancara dengan majalah Modern Drummer, isu yang keluar pada pertengahan tahun 1999, ketika ditanya tentang pernikahan, Virgil mengatakan, "Saya pikir Anda harus sangat kuat untuk tetap berpegang pada tujuan Anda dalam hidup... Sejauh ini saya sudah menolak pilihan pernikahan dan banyak gangguan yang mereka dapatkan."

Pranala[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Virgil Donati Biography, Videos & Pictures". drumlessons.com. Diakses tanggal 29 May 2011. 
  2. ^ a b "Virgildonati.com". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2008-05-17. Diakses tanggal 2015-01-07. 
  3. ^ "Encyclopedia entry for 'Taste'". Worldwide Home of Australasian Music and More Online. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2004-08-09. Diakses tanggal 29 May 2011. 
  4. ^ "Virgil Donati". Drummerworld. Diakses tanggal 29 May 2011. 
  5. ^ "Southern Sons". passagen.se. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2012-10-08. Diakses tanggal 29 May 2011.