Planet X (grup musik)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Planet X (band))
Planet X
AsalAmerika Serikat
GenreInstrumental rock, progressive metal, jazz fusion
Tahun aktif2000–2011
LabelInsideOut Music
Artis terkaitCAB
Situs webxplanetx.com
AnggotaDerek Sherinian
Virgil Donati

Planet X adalah supergrup instrumental rock/progressive metal/jazz fusion, yang didirikan oleh keyboardist Derek Sherinian dan drummer Virgil Donati. Sepanjang lebih dari satu dekade, mereka telah merilis tiga album studio dan sebuah album live, masing-masing dengan berbagai musisi tamu, dan sering mengubah formasi.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Setelah keluar dari band progressive metal Dream Theater, Sherinian merilis album solo pertamanya yang berjudul Planet X pada tahun 1999. Konsep ini kemudian diperluas. Derek Sherinian bekerja sama dengan drummer Virgil Donati, untuk membentuk kelompok dengan nama yang sama. Album studio pertama Planet X, Universe, rilis pada tanggal 6 Juni 2000. Untuk rekaman ini, gitaris Tony MacAlpine diajak untuk menggantikan Brett Garsed, yang telah dimainkan pada awal album Sherinian Planet X. Live from Oz, sebuah album live direkam selama tur mereka 2002 Australia, dirilis pada tanggal 3 April tahun itu. Album kedua mereka, MoonBabies, dirilis tak lama setelahnya, pada 29 Juli 2002. Lima tahun kemudian, album ketiga mereka, Quantum dirilis pada tanggal 18 Mei 2007. Lineup ini menampilkan dua penampilan musisi tamu, gitaris jazz fusion, Allan Holdsworth, dengan Garsed juga ditarik kembali sebagai gitaris.

Pada tanggal 18 April 2009, mereka mengumumkan bahwa Tony MacAlpine telah bergabung kembali ke grup, dengan album baru yang akan direkam di akhir tahun.[1] Namun, ia kemudian menyatakan dalam sebuah wawancara Oktober 2012 bahwa ia tidak lagi bagian dari grup.[2]

Komposisi dan gaya[sunting | sunting sumber]

Gaya band digambarkan sebagai "metal fusion", dengan Sherinian menyatakan bahwa niatnya mendirikan Planet X adalah "untuk menemukan musisi yang memainkan instrumen mereka begitu keras, yang akan menyerang ketakutan di hati musisi lain ketika mereka bermain".[3] Komposisi mereka sebagian besar adalah instrumental, kecuali satu kali "spoken words" oleh Dick Smothers, Jr. di trek kelima pada album Universe. Setiap komposisi biasanya terdiri dari banyak ingar-bingar musik heavy metal dan suara gitar (termasuk penggunaan gitar tujuh-string)[4] dan semua instrumen yang padat.

Sinergi antara setiap musisi dan instrumen mereka menyediakan perpaduan yang sangat berbeda dan unik dari gaya bermusik. Keyboard biasanya sebagai pengantar dan untuk membentuk beberapa bentuk background melodi (yang sering menggunakan harmoni dan disonansi interval (musik) untuk menciptakan sesuatu yang menyenangkan, (seperti suasana), walaupun keyboard solo Sherinian yang khas selalu menjadi fitur yang menonjol. "Rhythm gitar" dan "lead gitar" cenderung untuk membangun dan pengembangan secara independen (biasanya melibatkan shredding dan teknik bermain solo canggih lainnya), sementara kadang mereka bekerja sama dengan keyboard di "counterpoint" dan "trade-off", selain bass solo. Sementara itu, tabuhan drum Donati begitu dinamis dan sering menggunakan polyrhythm, modulasi metrik dan pergeseran tempo sekering gaya heavy metal, jazz dan progressive rock.

Diskografi[sunting | sunting sumber]

Anggota Band[sunting | sunting sumber]

Anggota Tetap[sunting | sunting sumber]

Artis Tamu dan Mantan Anggota[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Tony MacAlpine Re-Joins Planet X". MySpace. Retrieved 2012-07-20.
  2. ^ Prokofiev, Dane (2012-10-06). wawancara dengan Tony MacAlpine (6th October, 2012)". YouTube. Retrieved 2012-10-19.
  3. ^ "The Band". xplanetx.xom. Retrieved 2012-07-20.
  4. ^ "Virgil & Derek AOL Chat". xplanetx.com. 2002-09-21. Retrieved 2012-07-20.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]