Vincenzo Sospiri

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Vincenzo Sospiri
Lahir7 Oktober 1966 (umur 57)
Forlì, Italia
Karier Kejuaraan Dunia Formula Satu
KebangsaanItalia Italia
Tahun aktif1997
TimLola
Jumlah lomba1 (0 start)
Juara Dunia0
Menang0
Podium0
Total poin0
Posisi pole0
Lap tercepat0
Lomba pertamaGrand Prix Australia 1997
Lomba terakhirGrand Prix Australia 1997

Vincenzo Sospiri (lahir 7 Januari 1966) adalah seorang pembalap mobil profesional asal Italia yang aktif dalam balap mobil pada dekade 1990-an.

Profil[sunting | sunting sumber]

Puncak karier balap Sospiri adalah saat ia memenangkan gelar Kejuaraan Formula 3000 Internasional pada tahun 1995. Formula 3000 pada saat itu merupakan seri balap pendahulu Formula Satu, dan menjadi langkah penting bagi para pembalap yang ingin naik ke tingkat tertinggi balap mobil. Kemenangan ini membuka pintu bagi Sospiri untuk mencoba peruntungannya di Formula Satu. Setelah sukses di Formula 3000, Sospiri mendapatkan kesempatan debutnya di Formula Satu pada musim 1997 bersama tim MasterCard Lola. Namun, debutnya ini tidak berjalan sesuai harapan. Tim MasterCard Lola mengalami kesulitan finansial dan mobil mereka tidak cukup kompetitif, sehingga Sospiri hanya berpartisipasi dalam satu balapan, yaitu Grand Prix Australia 1997. Dia gagal finis dalam balapan itu.

Sayangnya, setelah debutnya yang singkat di Formula Satu, Sospiri tidak lagi mendapatkan kesempatan untuk balapan di tingkat tertinggi tersebut. Dia beralih ke balap GT dan Endurance setelahnya, dengan penampilan terkenalnya termasuk di perlombaan 24 Hours of Le Mans dan Indy Racing League.[1]

Meskipun tidak berhasil menetapkan dirinya sebagai pembalap top di Formula Satu, Sospiri masih dianggap sebagai pembalap berbakat dengan prestasi gemilang dalam karier balapnya. Kemenangannya di Formula 3000 menunjukkan potensi dan keterampilannya dalam mengemudi mobil balap. Sejak itu, Sospiri telah melanjutkan karier balapnya dengan berbagai peran di dunia otomotif. Dia terlibat dalam manajemen tim balap dan telah menjadi pelatih dan mentor bagi pembalap muda yang mengejar karier balap mereka.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Vinenzo Sospiri, Champ Car Stats, Retrieved 2011-12-30

Pranala luar[sunting | sunting sumber]