Vincenzo Grossi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Vincenzo Grossi (9 Maret 1845 – 7 November 1917) adalah seorang imam Katolik Roma Italia. Ia lahir pada tanggal 9 Maret 1845 di Cremona, Lombardy, Italia Utara, sebagai anak bungsu dari tujuh bersaudara, dari pasangan Baldassare Grossi dan Maddalena Capellini.

Vincenzo Grossi masuk seminari dan memulai studi imamatnya di Cremoa pada tanggal 4 November 1864. Pada tanggal 22 Mei 1869, ia ditahbiskan sebagai imam. Setelah merayakan misa pertama bersama keluarga besarnya, Vincenzo lalu ditugaskan menjadi pastor paroki di kota Regona, Italia. Pada tahun 1883, ia diangkat menjadi pastor paroki di Vicobellignano, Italia Utara.

Pada tahun 1885, ia mendirikan sebuah Oratorium yang disebut Institutum Filiarum Oratorii (Latin) atau dalam bahasa Italia disebut Figlie dell’Oratorio, (disingkat : F.d.O). Oratorium tersebut mengadopsi regula Santo Filipus Neri dan berkarya merangkul kaum muda Katolik dan menuntun mereka untuk menjalani panggilan hidup masing-masing. Oratorium tersebut secara khusus berkarya dalam bidang pendidikan bagi anak-anak dan kaum muda Katolik. Ia menjadi pemimpin Oratorium yang pertama. Ia adalah teladan bagi para pengikutnya karena menjalani pola hidup yang sangat miskin sesuai kaul kemiskinan para anggota Oratorium. Ia juga menjadi terkenal akan kemampuannya dalam berkhotbah.

Vincenzo Grossi meninggal pada tanggal 7 November 1917 dalam usia 72 tahun. Ia dibeatifikasi oleh Paus Paulus VI pada tanggal 1 November 1975. Pada tanggal 18 Oktober 2015, ia dikanonisasi oleh Paus Fransiskus di Basilika Santo Petrus, Roma.[1]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Santo Vinsensius Grossi". Info Katolik.