Vicelinus

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Santo Vicelinus
Eckersberg vicelin 1812.jpg
Vicelinus membagikan makanan kepada yang membutuhkan. Lukisan minyak oleh Christoffer Wilhelm Eckersberg, 1812
Rasul Holstein dan Uskup Lübeck
Lahir1086
Hameln, Niedersachsen, Jerman
Wafat12 Desember 1154
Neumünster, Schleswig-Holstein, Jerman
Dihormati diGereja Katolik Roma
Tempat ziarahGereja Augustine (orig. Neumünster), Bordesholm (sejak 1330), Jerman
Pesta12 Desember
AtributGereja terletak di lengan kirinya

Santo Vicelinus (juga Vicelin, bahasa Jerman: Vizelin; 1086 – desember 12, 1154) merupakan seorang uskup Jerman dari Oldenburg in Holstein yang dianggap sebagai rasul Holstein.

Kehidupan[sunting | sunting sumber]

Vicelinus lahir di Hamelin pada sekitar tahun 1086.[1] Yatim piatu sejak usia dini, dia dibesarkan oleh pamandanya Ludolf, seorang imam di sebuah desa tetangga.[2] Dia diam-diam meninggalkan Paderborn, tempat dia menikmati rumah dan instruksi dari Hartmann, dan segera mengalahkan teman-temannya dan membantu pengelolaan sekolah katedral.

Vicelinus dipanggil ke Bremen untuk bertindak sebagai guru dan kepala sekolah, dan ditawarkan jabatan kanonik oleh Uskup Agung Friedrich dari keuskupan agung Hamburg-Bremen. Pada tahun 1122 ia mungkin pergi ke Laon untuk menyelesaikan studinya di bawah Abelardus. Pada tahun 1126, Vicelinus memutuskan untuk pergi ke Madgeburg, untuk menemui St. Norbert, yang pada waktu itu adalah uskup agung. Ia berharap agar St. Norbert menahbiskan dia sebagai imam dan ia bisa memulai pekerjaan misionaris di antara orang-orang Slavia. Karena satu atau lain alasan rencana ini gagal dan Vicelinus kembali ke Bremen, di mana Uskup Albero menahbiskan dia. Uskup Agung Uskup Agung Hamburg-Bremen Adalbero mengirimnya ke antara Slavia Polabian, dan pada musim gugur 1126 Henryk, Pangeran Obotrite, memberinya sebuah gereja di Liubice, di dekat lokasi Lübeck yang kemudian. Pada saat kematian Henryk (22 Maret 1127) Vicelinus kembali ke Bremen, dan diangkat sebagai pastor di Neumünster. Ini memberi dia kesempatan untuk bekerja di antara Wagrian dan tetangga Obotrite.

Khotbah Vicelinus mengumpulkan banyak pendengar yang bersemangat, dan banyak imam membantu dia mendirikan biara baru (bahasa Latin: novum monasterium) pada tahun 1127, yang menjadi eponymous untuk Wippenthorp sebagai Neumünster. Biara tersebut mengikuti Aturan St. Agustinus, dan dianugerahi secara bebas oleh uskup agung tersebut. Perang di antara suku-suku pada tahun 1137 menyebabkan misionaris meninggalkan pekerjaan mereka selama dua tahun. Vicelinus mengirim dua imam ke Liubice, namun dengan sedikit keberhasilan. Pada 1134 ia mendirikan kanonik kedua di Segeberg.

Beberapa tahun kemudian Vicelinus mendirikan sebuah rumah di Hogersdorf. Di Uskup agung Harsefeld Hamburg-Bremen Hartwig I menjadikannya Uskup Starigard (atau Aldinborg oleh orang-orang Sachsen, hari ini Oldenburg) pada tahun 1149. Di sana dia melakukan banyak hal untuk kesejahteraan spiritual dan temporal keuskupannya. Pada tahun 1152 ia dikejutkan oleh kelumpuhan dan bertahan di tengah banyak penderitaan selama dua tahun sebelum meninggal di Neumünster.

Penghormatan[sunting | sunting sumber]

Setelah pada tahun 1330, kuliah hukum kanon-kanon Agustinus pindah ke Bordesholm jasadnya dipindahkan ke sana juga pada tahun 1332, dan dimakamkan di depan altar utama. Pada tahun 1874, paroki kecil Katolik di Hamelin memotretnya di lonceng baru. Dia biasanya diwakili dengan sebuah gereja yang terletak di lengan kirinya; Hari peringatannya jatuh pada tanggal 12 Desember.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Vicelinus
Lahir: 1086 di Hamelin Wafat: 12 Desember 1154 di Neumünster
Jabatan Gereja Katolik
Lowong
Terakhir dijabat oleh
Ehrenfried
sede vacante 1066–1149
Uskup Lübeck di Holstein
1149–1154
Diteruskan oleh:
Gerald dari Oldenburg