Velvet Revolver

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Velvet Revolver
Velvet Revolver live in London 5 June 2007 01.jpg
Velvet Revolver saat tampil di Hammersmith Apollo, London, 5 Juni 2007. Dari kiri ke kanan: Dave Kushner, Duff McKagan, Scott Weiland, Slash, Matt Sorum
Latar belakang
Asal Rancho Santa Margarita, California, Amerika Serikat
Genre Hard rock
Tahun aktif 2002-sekarang,
Label Sony BMG, RCA
Artis terkait Guns N' Roses, Slash's Snakepit, Stone Temple Pilots, Wasted Youth
Situs web www.velvetrevolver.com
Anggota Slash
Dave Kushner
Duff McKagan
Matt Sorum
Mantan anggota Lihat: #Mantan

Velvet Revolver adalah sebuah band rock asal California yang berdiri pada tahun 2002. Disebut-sebut sebagai Guns N' Roses kedua, karena komposisi anggotanya terdiri dari 3 orang mantan anggota band yang paling bersinar di era awal tahun 80'an Guns N' Roses, mereka adalah Slash (lead guitar), Duff McKagan (bassis), Matt Sorum (drum) dan dengan 2 tambahan mantan personel band lainnya Scott Weiland sebagai vocalist (eks Stone Temple Pilots) dan mantan guitarist Wasted Youth, Dave Kushner. Mereka sudah mengeluarkan 2 album yaitu Contraband dan Libertad. Awalnya mereka ingin merekrut Izzy Stradlin yang notabene adalah mantan Rhythm Gitaris Guns N' Roses tapi Izzy Stradlin dianggap tidak cocok, karena ia trauma dengan sang vokalis band ini.

Velvet Revolver, sebuah super grup yang beranggotakan 3 orang mantan ex-the most dangerous band in the world, Guns N' Roses.

Para personil dari GnR yang sudah tidak tahan dan uring-uringan oleh tingkah Axl Rose yang keluar di tahun 1996 membentuk sebuah band baru Velvet Revolver. Anggota band ini antara lain: Scott Weiland, dari Stone Temple Pilots, Dave Kushner dari Wasted Youth, serta Slash, Duff McKagan, dan Matt Sorum dari Guns N' Roses.

Sebenarnya, eks GnR yang lain, Izzy Stradllin dan Steven Adler juga sempat daftar untuk join di posisi gitar dan drum, tidak tahu kenapa, Slash lebih memilih Matt Sorum dan Dave Kushner.

Sebelum Scott Weiland bergabung sebagai lead singer, kuartet Slash dkk sempat menggelar audisi yang di filmkan oleh VH1, beberapa Vokalis lain yang mengikuti audisi ini antara lain; Todd Kerns dari Age of Electric, Josh Todd dari Buckcherry, Sebastian Bach mantan Skid Row, Kelly Shaefer dari Atheist/Neurotica dan Travis Meeks dari Days of the New. Scott Weiland sendiri sebelum bergabung dengan Velvet Revolver sudah merupakan teman dari Duff McKagan, selain itu Scott juga sudah pernah tampil manggung dengan Dave Kushner sewaktu Stone Temple Pilots masih bernama Mighty Joe Young dan sewaktu Dave Kushner masih jadi anggota Electric Love Hogs.

Pemilihan nama "Velvet Revolver" dimulai dari Slash yang pada awal mulanya mengajukan nama "Revolver" sementara Scott Weiland mengusulkan tambahan "Black Velvet" tapi berhubung Slash merasa kalau nama itu agak terdengar mirip dengan "Stone Temple Pilots" akhirnya diputuskan kalau kedua nama itu di gabungkan dan di persingkat jadi hanya "Velvet Revolver".

Lagu rekaman VR yang pertama adalah "Set Me Free" yang merupakan Soundtrack film Hulk di tahun 2003, juga memainkan lagu Pink Floyd "Money" yang jadi bagian dari film Italian Job. Gigs pertama mereka adalah El Rey di Los Angeles di bulan Juni 2003. Di tahun ini mereka juga sudah mulai merekam album pertama yang diberi judul "Contraband" yang dirilis di bulan Juni 2004.

Contraband sendiri cukup sukses dipasaran dengan menduduki #1 Billboards Album Charts, dan #11 di British Album Charts. Single yang juga merupakan video pertama mereka adalah Slither sukses bertengger di #1 Billboard Mainstream Rock Tracks Chart dan #5 di Billboard Modern Rock Track, #64 Billboard Hot 100, 20 Finland dan Top 40 European Composite Chart, Canada, dan juga Australia. Setelah itu menyusul pula lagu bertipe Ballad "Fall to Pieces" dan hard-rocker "Dirty Little Thing".

Setahun kemudian, Contraband sukses terjual 2 juta kopi di Amerika Serikat, dan mereka juga sudah mulai Tour Eropa, Jepang, dan beberapa negara lainnya.

Menyusul sukses Contraband, VR mulai menggarap materi di album selanjutnya, "Libertad" yang diproduseri oleh Brendan O'brien menggantikan produser sebelumnya, Rick Rubin. Dengan lagu utama "Get Out the Door" yang dipiih secara voting di website resmi VR mengalahkan "let It Roll", dan "She Mine" dirilis di 28 Januari 2008. Berdasarkan BlabberMouth.net Scott sempat masuk ke rehabilitasi dan VR terpaksa membatalkan Tur Australia yang sebelumnya sudah di delay 2 bulan. Mereka mulai manggung lagi di Dubai pada tanggal 8 Maret 2008 di ajang Desert Rock Fest.

Perkataan Scott Weiland di konser Glasglow (20 Maret 2008) yang mengatakan kalau konser tersebut jadi konser terakhir VR berbuntut didepaknya dia dari posisi vokalis VR, dan dia akhirnya memilih kembali ke band lamanya, Stone Temple Pilots. Sebelumnya, Scott Weiland juga sudah terlibat cekcok mulut dengan Axl Rose.

Dengan dikeluarkannya Scott Weiland, bukan berarti membuat VR bubar, "that the band was definitely not breaking up and that they looked for a singer before and they can do it again" ujar Matt Sorum. Sebagai tambahan, Duff McKagan membantah rumor yang beredar bahwa Chris Cornell, Lenny Kravitz, dan Royston Langdon sedang dalam masa pertimbangan untuk jadi frontman saat ini.

Mantan[sunting | sunting sumber]