Slash

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Slash (musician))
Slash
Perform Slash pada tahun 2011
Perform Slash pada tahun 2011
Informasi latar belakang
Nama lahirSaul Hudson
Nama lainSlash
Lahir23 Juli 1965 (umur 58)
Hampstead, London, Inggris, Britania Raya
GenreHard rock
Heavy metal
Glam metal
Blues rock
PekerjaanMusisi, pencipta lagu
InstrumenGitar
Tahun aktif1983–sekarang
LabelUZI Suicide, Geffen, Koch, RCA
Artis terkaitGuns N' Roses, Slash's Snakepit, Slash's Blues Ball, Velvet Revolver, Hollywood Rose, Lenny Kravitz, Michael Jackson, Derek Sherinian, Tidus Sloan, Poison, Black Sheep
Situs webwww.slashonline.com
Slash

Saul Hudson (lahir 23 Juli 1965), terkenal dengan nama panggungnya, Slash, adalah musisi dan pencipta lagu berkebangsaan Inggris-Amerika.[1] Ia terkenal sebagai gitaris grup musik rock Guns N' Roses, yang meraih kesuksesan pada dasawarsa 1980-1990-an. Selama bergabung dengan Guns N' Roses, Slash membuat proyek sampingan Slash's Snakepit. Setelah meninggalkan Guns N' Roses tahun 1996, ia mendirikan supergrup bernama Velvet Revolver, yang membawa kembali Slash ke puncak arus utama pada dekade 2000-an. Slash telah merilis tiga album solonya: Slash (2010), mengikut sertakan sejumlah musisi rock papan atas, sedangkan album Apocalyptic Love (2012) dan World on Fire (2014), direkam bersama grup musiknya, Myles Kennedy and the Conspirators. Ia akhirnya kembali ke Guns N' Roses sejak 2016, hampir 20 tahun ia meninggalkan grup musik tersebut.

Slash telah menerima banyak pujian dan disebut-sebut sebagai gitaris musik rock terbesar sepanjang sejarah musik rock dunia. Majalah Time memasukkannya sebagai runner-up dalam daftar sepuluh gitaris listrik terbaik tahun 2009,[2] sedangkan majalah Rolling Stone menempatkannya pada posisi ke-65 dalam daftar seratus gitaris terbaik tahun 2011.[3] Guitar World memasukkan solo gitarnya di lagu November Rain ke posisi ke-6 pada daftar seratus solo gitar terbaik tahun 2008,[4] sedangkan Total Guitar menempatkan riff intro lagu Sweet Child o' Mine pada posisi pertama pada daftar seratus riff terbaik tahun 2004.[5] Pada tahun 2010, Gibson Guitar Corporation menempatkan Slash pada posisi ke-34 dalam daftar 50 gitaris sepanjang masa versi Gibson, sedangkan pembacanya menempatkannya pada posisi ke-9 dalam daftar 25 gitaris sepanjang masa.[6] Tahun 2012, ia akhirnya dicatatkan ke Rock and Roll Hall of Fame sebagai anggota klasik Guns N' Roses.

Biografi[sunting | sunting sumber]

Slash atau Saul Hudson lahir di Hampstead, pinggiran kota London. Ayah Slash berasal dari Inggris, sedangkan ibunya keturununan Amerika-Afrika. Ibu Slash, Ola Hudsons, adalah seorang perancang pakaian yang bekerja untuk David Bowie, dan bapaknya adalah seorang seniman yang menyumbang ansambel hidup bagi musisi terkenal termasuk Neil Young dan Joni Mitchell. Slash dbesarkan di kota Stoke-on-Trent, Staffordshire, sampai ia berumur 11 tahun, saat orang-tuanya memindahkan keluarganya ke Los Angeles, California di pertengahan tahun 1970. Tetapi kemudian orang tua Slash berpisah, dan setelah itu, Slash tinggal bersama ibunya dan David Geffen. Dia diberikan nama panggilan "Slash" oleh teman keluarganya, Seymour Cassel. Saat berumur 16, sebelum ia dikeluarkan dari sekolah Crespi Carmelite, Slash diberikan gitar pertamanya oleh neneknya. Gitar itu hanya mempunyai 1 helai tali (string). Dia menghabiskan setiap harinya untuk berlatih. Akhirnya, fokus seluruhnya dipertaruhkan atas musik dan dia membuat keputusan untuk berhenti sekolah. Di artikel majalah Rolling Stone, katanya:

(Kebangkitan besar saya terjadi ketika saya berumur empat belas tahun. Saya sudah mencoba memasuki celana gadis ini yang lebih tua untuk sesaat, dan dia akhirnya membiarkan saya datang ke rumahnya. Kami berkeluyuran, menghisap beberapa batang dan mendengarkan lagu Aerosmith, Rocks. Itu memukul saya seperti tertimpa satu ton bata. Saya duduk di sana mendengarkannya berulang-ulang kali dan secara total mengesampingkan gadis ini. Saya teringat saat mengendarai sepeda saya kembali ke rumah nenek dimana saat itu saya mengetahui hidup saya telah berubah. Sekarang saya bisa memahami sesuatu.)

Disamping Aerosmith, pengaruh awal Slash termasuk AC/DC, Alice Cooper, Black Sabbath, Jeff Beck, Eric Clapton, Iron Maiden, Rory Gallagher, Jimi Hendrix, David Bowie, Led Zeppelin, Queen, Rolling Stone, Thin Lizzy, Van Halen dan Festival of Weeks. Pada tahun 1983, setelah gagal bergabung dengan Poison bersama teman masa kecilnya, Steven Adler, mereka bersama membentuk Road Crew. Slash menempatkan iklan di sehelai koran untuk bassis, dan setelah itu ia menerima jawaban dari Duff McKagan. Ketika Road Crew bubar, Slash bergabung dengan band lokal, Black Sheep. Diketuai oleh Willie Bass band ini kemudian saling berbagi seorang agen dengan band lainnya, yang dikenal sebagai Hollywod Rose. Pada 1984, kedua band tersebut membuka untuk band Christian Metal Stryper. Setelah pertunjukan tersebut, Slash dan lead singer Axl Rose diperkenalkan kepada satu sama lain oleh seorang teman. Keduanya dengan cepat menjadi teman, dan setelah beberapa bulan, Slash dan Steven Adler diundang bergabung dengan Axl Rose, Duff McKagan dan Izzy Stradlin sebagai personel band, Guns N Roses.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Slash information page". www.slashparadise.com. November 10, 2012. 
  2. ^ Tyrangiel, Josh (August 14, 2009). "The 10 Greatest Electric Guitar Players". Time. Time, Inc. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2011-05-05. Diakses tanggal April 26, 2011. 
  3. ^ "100 Greatest Guitarists". Rolling Stones. November 23, 2011. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2008-03-14. Diakses tanggal October 30, 2015. 
  4. ^ "The 100 Greatest Guitar Solos: 6) "November Rain" (Slash)". Guitar World. October 14, 2008. Diarsipkan dari versi asli tanggal April 29, 2011. Diakses tanggal April 29, 2011. 
  5. ^ "The 100 Greatest Riffs". Total Guitar. June 2004. Diakses tanggal April 29, 2011. 
  6. ^ Gibson.com (28 May 2010). "Gibson.com Reveals Top 50 Guitarists, Plus Readers Poll Results" (dalam bahasa English). Gibson.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2016-07-25. Diakses tanggal 28 July 2016. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]