Uruma

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
Uruma
うるま市
Kota
Jalan Tengah Laut, yang menghubungkan Semenanjung Katsuren dengan Kepulauan Yokatsu
Jalan Tengah Laut, yang menghubungkan Semenanjung Katsuren dengan Kepulauan Yokatsu
Bendera Uruma
Bendera
Lambang resmi Uruma
Lambang
Letak Uruma di Prefektur Okinawa
Letak Uruma di Prefektur Okinawa
Negara Jepang
Kawasan Kyushu
Prefektur Prefektur Okinawa
Pemerintahan
 • Wali kota Toshio Shimabukuro
Luas
 • Total 86,00 km2 (3,300 sq mi)
Ketinggian[1] 204 m (669 ft)
Penduduk (May 1, 2013)
 • Total 118.330
 • KepadatanBad rounding here14/km2 (Bad rounding here36/sq mi)
Zona waktu Waktu Standar Jepang (UTC+9)
- Pohon Ryuūkyū kuroki
(Symplocos lucida Sieb. et Zucc)
- Bunga Sandanka
(Ixsora chinensis)
- Pohon berbunga Hibiscus
- Unggas Chaan (ayam Ryukyu)
Nomor telepon 098-974-3111
Address 1-1-1 Midori-machi, Uruma-shi, Okinawa-ken
904-2292
Situs web www.city.uruma.lg.jp(Jepang)

Uruma (うるま市, Uruma-shi) adalah sebuah kota yang terletak di Prefektur Okinawa, Jepang.[2] Kota modern Uruma didirikan pada 1 April 2005, saat kota Gushikawa dan Ishikawa digabung dengan kota Katsuren dan Yonashiro (keduanya dari Distrik Nakagami).[2][3] Pada 1 Mei 2013, kota tersebut diperkirakan memiliki populasi sejumlah 118,330 dan kepadatan penduduk sejumlah 1,400 orang per km². Luas wilayahnya sebesar 86.00 km². Kota tersebut meliputi bagian pesisir timur dari selatan Pulau Okinawa, Semenanjung Katsuren, dan delapan Kepulauan Yokatsu.[4] Kepulauan Yokatsu meliputi sejumlah tempat penting bagi agama Ryukyu, dan kota tersebut secara keseluruhan memiliki sejumlah situs bersejarah, yang meliputi: Istana Katsuren, Istana Agena, dan Istana Iha dan Tumpukan Kerang Iha.[2][3] Tempat tersebut adalah rumah dari tempat terbesar pertarungan banteng Okinawa. Jalan Tengah Laut, yang melintasi samudera dan menghubungkan Kepulauan Yokatsu dengan pulau utama Okinawa, sekarang menjadi simbol Uruma.[2][3][5]

Uruma dikenal karena perannya dalam menyediakan kamp=kamp pengungsian berskala besar dan organisasi awal dari pemerintah lokal Okinawa setelah Pertempuran Okinawa pada 1945. Sehingga, kota tersebut dianggap menjadi tempat titik mulai restorasi kehidupan sipil di Okinawa setelah akhir Perang Dunia II.[6][7] Amerika Serikat menempatkan empat basis militer di Uruma, beberapa membantang di munisipalitas-munisipalitas Okinawa lainnya: Kawasan Penyimpanan Amunisi Kadena, Kamp McTureous, Kamp Courtney, dan Fasilitas Angkatan Laut Pantai Putih. Basis-basis tersebut meliputi 12.97% dari total wilayah kota tersebut. Dua kontroversi berkaitan dengan basis-basis militer Amerika di Uruma: kecelakaan Okinawa F-100 1959 yang menewaskan dan melukai sejumlah pelajar dan pemukim, dan transportasi Agent Orange melalui Fasilitas Angkatan Laut Pantai Putih untuk dites di Okinawa pada awal 1960an sebagai bagian dari Proyek AGILE terklasifikasi.[8][9][10]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ 石川岳 (dalam bahasa Japanese). Tokyo: Yama-kei Publishers Co., Ltd. 2012. Diakses tanggal Jan 8, 2013.  Parameter |trans_title= yang tidak diketahui akan diabaikan (bantuan)
  2. ^ a b c d "うるま". Dijitaru Daijisen (dalam bahasa Japanese). Tokyo: Shogakukan. 2012. OCLC 56431036. Diakses tanggal 2012-12-14.  Parameter |trans_title= yang tidak diketahui akan diabaikan (bantuan)
  3. ^ a b c "うるま(市)". Nihon Daihyakka Zensho (Nipponika) (dalam bahasa Japanese). Tokyo: Shogakukan. 2012. OCLC 153301537. Diakses tanggal 2012-12-14.  Parameter |trans_title= yang tidak diketahui akan diabaikan (bantuan)
  4. ^ "与勝諸島". Nihon Daihyakka Zensho (Nipponika) (dalam bahasa Japanese). Tokyo: Shogakukan. 2013. OCLC 153301537. Diakses tanggal 2013-04-04.  Parameter |trans_title= yang tidak diketahui akan diabaikan (bantuan)
  5. ^ "海中道路". Naha, Okinawa Prefecture, Japan: Okinawa Info IMA. 2005. Diakses tanggal 2013-05-09.  Parameter |trans_title= yang tidak diketahui akan diabaikan (bantuan)
  6. ^ "Ishikawa". Encyclopedia of Japan. Tokyo: Shogakukan. 2012. OCLC 56431036. Diakses tanggal 2012-12-20. 
  7. ^ "Information from Uruma City" (dalam bahasa Japanese). Uruma, Okinawa Prefecture, Japan: City of Uruma. 2005. Diakses tanggal Dec 26, 2012. 
  8. ^ Mitchell, Jon (17 May 2012). "Agent Orange 'tested in Okinawa'". Japan Times. Tokyo: Japan Times, Ltd. Diakses tanggal 2013-03-06. 
  9. ^ Mitchell, Jon (7 Aug 2012). "25,000 barrels of Agent Orange kept on Okinawa, U.S. Army document says". Japan Times. Tokyo: Japan Times, Ltd. Diakses tanggal 2013-03-06. 
  10. ^ Lobel, Phillip; Schreiber, Elizabeth A.; McClosky, Gary; O'Shea, Leo (2003). Harris, Robert; Richlin, Mindy, ed. An Ecological Assessment of Johnston Atoll (PDF). Edgewood, Md.: U.S. Army Chemical Materials Activity. hlm. 4. Diakses tanggal 2013-03-06. 

Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "agena-c" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "agena-n" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "agena-park" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "amawari" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "ayahashi" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "bechtel" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "biti" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "byoin-1" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "byoin-2" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "c-whitebeach" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "cnic-1" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "cnic-2" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "council" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "courtney-c" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "courtney-g" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "festival" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "global" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "gosamaru" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "gushikawa" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "gushikawa-m" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "hamahiga" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "henza" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "himawari" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "himawari-r" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "hist" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "iha" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "ikei-ohashi" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "katsuren-bunka" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "katsuren-c" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "katsuren-e" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "katsuren-p" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "katsuren-unesco" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "kerr" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "kichi" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "kinwan" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "library" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "mctureous-c" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "menseki" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "misato" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "miyagi" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "rottman" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "sanpo-109" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "schools" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "sddc" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "sho" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "spiritual" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "tengan" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "tsuken" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "tsuken-train" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "tsuken-train-a" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "typhoon" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "ukibara-c" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "ukibara-renjo" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "ww2" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "yabuchi" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.

Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "yokatsu-h" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Media terkait Uruma, Okinawa di Wikimedia Commons