Universitas Industri Tyumen

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Universitas Industri Tyumen
Тюменский Индустриальный Университет
JenisInternasional
Didirikan1963; 61 tahun lalu (1963)
RektorVeronika Efremova
Jumlah mahasiswa32,530 (1500 international)
Alamat
Ulitsa Volodarskogo, 38
,
Situs webwww.tyuiu.ru

Universitas Industri Tyumen (UIT) (bahasa Rusia: Тюменский Индустриальный Университет; Tyumenskiy Industrial'nyy Universitet) adalah sebuah institusi pendidikan tinggi yang berada di Tyumen, Oblast Tyumen, Rusia[1]

UIT menyediakan semua tingkat pendidikan: dari pendidikan menengah umum, kejuruan menengah dan pendidikan tinggi, hingga studi doktoral, studi sastra, dan program pendidikan bisnis. Studi diadakan di 25 kelompok besar bidang pelatihan dan spesialisasi dan di lebih dari 150 program pendidikan. Jumlah mahasiswanya 32.530 orang, termasuk 1.500 ribu mahasiswa dari CIS dan negara-negara non-CIS termasuk Indonesia.

Kelompok penelitian UIT mencakup 225 doktor dan profesor yang lebih tinggi, 787 kandidat ilmu pengetahuan, profesor asosiasi. Di antara mereka ada 3 akademisi, 4 anggota yang sesuai dari Akademi Ilmu Pengetahuan Rusia dan lebih dari 100 anggota penuh dan anggota yang sesuai dari akademi ilmu, 7 master terhormat ilmu dan teknik Federasi Rusia. Rektor UIT adalah Veronika Efremova, per 20 September 2020.[2]

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Pengembangan wilayah Tyumen dan pengembangan industri membutuhkan pelatihan spesialis yang berkualifikasi tinggi. Pada tahun 1956, untuk mengatasi masalah ini pemerintah daerah membuka pusat pendidikan dan konsultasi Institut Politeknik Ural di gedung Sekolah Teknik Mesin Tyumen. Fedor Guriev, sekretaris eksekutif masyarakat regional untuk perluasan pengetahuan politik dan ilmiah, menjadi kepala pusat.[3]

Pada tahun 1963, karena petisi Guryev, Institut Industri Tyumen (IIT) didirikan berdasarkan keputusan Pemerintah. Rektor pertama IIT adalah Anatoly Kosukhin, yang sebelumnya bekerja sebagai profesor di Institut Politeknik Ural. Dalam sepuluh tahun, mahasiswa telah berkembang dari 750 pada tahun 1964 menjadi 8.955 pada tahun 1974. Atas inisiatif Anatoly Kosukhin, pemerintah daerah mengalokasikan apartemen untuk staf pengajar. Selama periode ini, asrama siswa, gedung pendidikan kedua, pusat televisi pendidikan, dan pusat penelitian siswa dibangun.

Pada tahun 1971, fakultas konstruksi Institut Industri Tyumen menjadi lembaga pendidikan tinggi independen dan tahun 1973, Viktor Kopylov menjadi rektor Institut Industri Tyumen. Sebagai rektor ia memberikan perhatian khusus pada perekrutan tenaga ilmiah dan pedagogi. Pada pertengahan 70-an, 30 dokter sains, profesor, sekitar 200 kandidat sains, profesor asosiasi bekerja di IIT.

Pada tahun 1986, Valentin Kanalin diangkat sebagai rektor. Selama periode ini, dibangun: kompleks pendidikan, ilmiah, dan industri dengan gedung-gedung bertingkat, bangunan tempat tinggal untuk guru dan staf, asrama siswa, tempat pelatihan, dan lain-lain. Lalu pada tahun 1990, Nikolai Karnaukhov diangkat sebagai rektor Institut Industri Tyumen.

Pada tahun 1994, IIT berubah nama menjadi Universitas Minyak dan Gas Negara Tyumen (UMGNT). Pada tahun peringatan 50 tahun, UMGNT menerima sekitar 50 ribu orang di 650 program pendidikan umum. Selama setengah abad terakhir, UMGNT telah meluluskan sekitar 75 ribu spesialis. Pada saat itu, struktur UMGNT memiliki 6 lembaga pendidikan, 18 cabang (3 di antaranya berstatus Institut), 10 divisi pendidikan dasar dan menengah kejuruan.

Sejak tahun 2003, UMGNT telah memperkenalkan sistem manajemen mutu untuk memenuhi standar pendidikan internasional. Pada periode ini, sebuah lembaga kemanusiaan dan laboratorium khusus dibuka serta pada bulan Juni 2007, lulusan dan guru universitas memiliki kesempatan untuk mendapatkan gelar Diploma Eropa. Pada 31 Maret 2010, di konferensi pekerja ilmiah dan mahasiswa, Vladimir Novoselov terpilih sebagai rektor baru. Saat itu, UMGNT termasuk 10 lembaga pendidikan di Tyumen, 16 cabang, 3 perguruan tinggi, pendidikan umum lyceum.

Saat itu, 60 ribu orang belajar di universitas tersebut. Kapasitas tenaga kerja adalah 1100 kandidat dan dokter ilmu, dengan tiga anggota penuh dan dua anggota yang sesuai dari Akademi Ilmu Pengetahuan Rusia. Struktur UMGNT mencakup 17 lembaga penelitian dan fasilitas penelitian lapangan Subarktik.

Pada tahun 2015, Universitas Arsitektur dan Teknik Sipil menjadi unit struktural Universitas Minyak dan Gas Negara Tyumen. Lalu pada 25 Maret 2016, dengan keputusan Kementerian Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan Federasi Rusia, Universitas Minyak dan Gas Negara Tyumen diubah namanya menjadi Universitas Industri Tyumen (UIT).

Pada Mei 2017 Veronika Efremova, seorang calon sarjana ilmu ekonomi, profesor asosiasi, diangkat sebagai penjabat rektor dan pada saat itu juga fakultas sastra bahasa Rusia resmi dibuka. Pada tahun 2018, Universitas meluncurkan proyek pendidikan "Sekolah Tinggi Teknik EG", yang melatih insinyur generasi baru di bidang transformasi digital di wilayah tersebut.[4]

Pada 20 September 2019, Veronika Efremova resmi menjadi rektor Universitas Industri Tyumen. Hari ini 35.000 siswa belajar di Universitas di semua tingkat pendidikan. UIT menawarkan 36 bidang pelatihan dalam program pendidikan tinggi (sarjana, gelar spesialis), 31 program magister, 37 program pendidikan kejuruan menengah, 14 program pelatihan untuk profesi dan 8 bidang studi dalam program pascasarjana.

Secara total, universitas ini telah melatih lebih dari 230 ribu spesialis. Di antara lulusannya adalah politisi, menteri, gubernur, kepala perusahaan minyak dan gas dan konstruksi di Rusia, spesialis berkualifikasi tinggi di kompleks bahan bakar dan energi, spesialis dalam konstruksi industri dan sipil, atlet terkenal. Universitas ini memiliki kemitraan jangka panjang dengan perusahaan minyak dan gas, transportasi dan jasa besar seperti Surgutneftegas, Lukoil, Transneft, Gazprom, Rosneft, Repsol, dan lainnya.[5]

Rektor[6][sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]