Lyceum

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari

Lyceum adalah sebuah kategori dari institusi pendidikan yang didefinisikan pada sistem pendidikan di berbagai negara, biasanya di Eropa. Definisi tersebut bermacam-macam di negara-negara tersebut; biasanya definisi tersebut adalah sebuah jenis dari sekolah menengah.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

"Lyceum" adalah sebuah kata Latin yang berasal dari kata Yunani kuno Λύκειον ("Lykeion"), nama dari sebuah gimnasium di Athena Klasik yang didedikasikan kepada Apollo Lyceus. Lyceum asli ini diingat sebagai tempat dari sekolah peripatetik dari Aristoteles. Beberapa negara memberikan nama tersebut untuk sekolah-sekolah modern mereka dari kata Latin namun menggunakan kata Yunani untuk sekolah kuno: contohnya, bahasa Belanda memiliki kata "Lykeion" (kuno) dan "Lyceum" (modern), keduanya artinya "lyceum" dalam bahasa Inggris (sebagai catatan, dalam bahasa Latin klasik, "C" dalam kata lyceum sering diucapkan sebagai huruf K, namun huruf C lembut, seperti dalam bahasa Inggris modern).

Nama Lycée digunakan oleh Napoleon pada 1802 untuk menamai pendirian pendidikan menengah utama. Dari Perancis, nama ini menyebar ke berbagai negara yang terpengaruh oleh budaya Perancis.

Menurut negara[sunting | sunting sumber]

Asia[sunting | sunting sumber]

India[sunting | sunting sumber]

Lyceum Goa (Portugis: Liceu de Goa) di Panaji, Goa - didirikan pada 1854, mengikuti model Portugis-nya - adalah sekolah menengah publik pertama di negara tersebut, yang kemudian menjadi sebuah wilayah dari Portugis.[1] Kemudian, Lyceum Goa mendapatkan nama resmi Liceu Nacional Afonso de Albuquerque (Lyceum Nasional Afonso de Albuquerque).

Filipina[sunting | sunting sumber]

Terdapat sebuah universitas utama dan sistem pendidikan di Kota Manila yang dinamai Lyceum (nama lengkap: Universitas Lyceum Filipina). Kata tersebut juga merujuk kepada akronimnya LPU. Cabang-cabangnya juga mencantumkan nama "Lyceum". Terdapat sekolah-sekolah lainnya yang tidak berafiliasi dengan LPU namun memiliki kata "Lyceum" dalam nama-nama mereka; namun, LPU adalah pencantum pertama dan asli dari nama tersebut dan sangat terikat dengannya. LPU adalah salah satu universitas paling stable di Filipina dengan kampus-kampus cabang di Makati, Batangas, Laguna, dan Cavite. Lyceum Alabang, meskipun tak berafiliasi dengan universitas yang dikatakan tersebut, menjadi salah satu sekolah terbaik di bagian selatan Manila.

Sri Lanka[sunting | sunting sumber]

Sekolah Lyceum Internasional (LIS) adalah sebuah sekolah internasional swasta yang memberikan pendidikan untuk anak-anak sekolah dasar dan menengah di Sri Lanka. Sekolah tersebut didirikan oleh direktur managing Mr. Mohan Lal Grero pada 7 September 1989 dan mengajar pada 14 Juni 1993 di sekolah orangtua saat ini di Nugegoda. Sekolah yang berorientasi akademis tersebut sekarang memiliki tujuh cabang di pulau tersebut, dimana yang paling terkini berada di Underbank, Anuradhapura.

Turki[sunting | sunting sumber]

Kata Turki untuk bagian terakhir dari pendidikan pra-universitas adalah lise yang berasal dari kata Perancis "lycée"[2] dan merujuk ke "sekolah tinggi" dalam bahasa Inggris. Jenjang pendidikan tersebut berlangsung selama 4 sampai 5 tahun dengan acuan pengajaran jenis sekolah tinggi. Pada akhir pendidikan "lise" mereka, para murid mengambil tes YGS / LYS, agar dapat masuk ke universitas.

Uzbekistan dan Tajikistan[sunting | sunting sumber]

Lyceums juga ada di bekas negara-negara yang pernah diduduki Uni Soviet setelah negara-negara tersebut merdeka. Salah satu contohnya adalah Uzbekistan, dimana semua sekolah tinggi diganti dengan lyceum ("litsey" adalah istilah Rusia, yang berasal dari kata Perancis "lycée"), yang memberikan program pendidikan tiga tahun.

Eropa[sunting | sunting sumber]

Albania[sunting | sunting sumber]

Lyceum Nasional Albania adalah sebuah sekolah tinggi di kota Korçë, Albania, yang mengenalkan budaya Perancis dan nilai-nilai Eropa. Sekolah tersebut secara penuh berfungsi untuk mengenalkan budaya Perancis dari 1917 sampai 1939. Sekolah tersebut dilanjutkan pasca Perang Dunia II dengan nama Sekolah Tinggi Raqi Qirinxhi.[3]

Belarus[sunting | sunting sumber]

Lyceum Kemanusiaan Belarusia adalah sebuah sekolah menengah swasta yang didirikan tak lama setelah kemerdekaan Belarus dari USSR oleh para intelektual, seperti Vincuk Viacorka dan Uladzimir Kolas

Siprus[sunting | sunting sumber]

Pendidikan Umum Menengah - Usia: 16 ~18

Lykeio (3 tahun, pendidikan sekolah menengah keatas)[4][5]

Republik Ceko[sunting | sunting sumber]

Istilah lyceum merujuk kepada jenis pendidikan menengah yang berlangsung selama 4 tahun. Sekolah tersebut adalah sebuah jenis antara sekolah grammar dan sekolah tinggi teknikal.

Finlandia[sunting | sunting sumber]

Konsep dan nama lyceum (dalam bahasa Swedia, lyseo dalam bahasa Finlandia) memasuki Finlandia melalui Swedia. Beberapa sekolah lama melanjutkan untuk menggunakan nama lyceum. Contohnya, Lyceum Normal Helsinki mendidikan para pelajar di kelas 7-12, sementara Lyceum Oulu hanya memasukan para pelajar dari kelas 10-12. Istilah yang paling umum digunakan untuk sekolah menengah keatas di Finlandia adalah lukio dalam bahasa Finlandia, gymnasium di Swedia.

Perancis[sunting | sunting sumber]

Kata Perancis untuk sekolah menengah keatas, lycée, berasal dari Lyceum. (lihat Pendidikan menengah di Perancis.)

Jerman[sunting | sunting sumber]

Lyceum di Jerman dikenal dengan nama Gimnasium (Jermany)Gimnasium.

Yunani[sunting | sunting sumber]

Secondary Education - Ages: 16 ~ 18

Γενικό Λύκειο (3 tahun), Geniko Lykeio "Lyceum Umum", (~ 1996, 2006~sekarang)

Ενιαίο Λύκειο (3 tahun), Eniaio Lykeio "Lyceum Terunifikasi" (1997~2006)

Hungaria[sunting | sunting sumber]

Sebelum Perang Dunia I, institut-institut pendidikan menengah dengan tujuan utama mempersiapkan pembelajaran yang lebih tinggi sering disebut dengan kata líceum.

Italia[sunting | sunting sumber]

Di Italia, istilah liceo merujuk kepada sejumlah sekolah menengah keatas,[6] yang berlangsung 5 tahun (dari 14 sampai 19 tahun) dan mengkhususkan diri dalam subyek dasar pengajaran, sebagai persiapan ke universitas.

Lithuania[sunting | sunting sumber]

Beberapa gimnasium disebut licėjus, contohnya Lyceum Vilnius.

Malta[sunting | sunting sumber]

Lyceum junior merujuk kepada sekolah pendidikan menengah yang dimiliki negara.

Belanda[sunting | sunting sumber]

Polandia[sunting | sunting sumber]

Liceum adalah sekolah pendidikan menengah Polandia. Liceum Polandia dimasuki oleh anak-anak berusia 16 sampai 19–21 tahun (lihat daftar di bawah). Setelah lulus, para muridnya menjadi subyek dari ujian terakhir, matura.

Liceum Polandia memiliki beberapa jenis:

Portugal[sunting | sunting sumber]

Dari 1836 sampai 1978, dalam sistem pendidikan Portugis, lyceum (bahasa Portugis: liceu), atau lyceum nasional (bahasa Portugis: liceu nacional), adalah sebuah sekolah tinggi yang mempersiapkan para pelajar untuk memasuki universitas atau pendidikan yang lebih umum. Di tangan lainnya, sekolah teknikal (bahasa Portugis: escola técnica) adalah sebuah sekolah yang berorientasi teknikal.

Rumania[sunting | sunting sumber]

Kata Rumania untuk lyceum adalah liceu.

Rusia[sunting | sunting sumber]

Di Kekaisaran Rusia, Lyceum adalah salah satu fasilitas pendidikan tinggi: Lyceum Hukum Demidov di Yaroslavl (1803), Lyceum Alexander di Tsarskoye Selo (1810), Lyceum Richelieu di Odessa (1817), dan Lyceum Kekaisaran Katkov Lyceum in Moscow (1867).

Lyceum Tsarskoye Selo dibuka pada 19 Oktober 1811 di bangunan neoklasik yang dirancang oleh Vasily Stasov dan berada di sebelah Istana Yekaterina. Para lulusan pertamanya semunya adalah orang-orang yang brilian termasuk Aleksandr Pushkin dan Alexander Gorchakov. Pada Januari 1844 Lyceum tersebut dipindahkan ke Saint Petersburg.

Selama 33 tahun keberadaan Lyceum Tsarskoye Selo, terdapat 286 lulusan. Lulusan-lulusan yang paling terkenal adalah Anton Delwig, Wilhelm Küchelbecher, Nicholas de Giers, Dmitry Tolstoy, Yakov Karlovich Grot, Nikolay Yakovlevich Danilevsky, Alexei Lobanov-Rostovsky dan Mikhail Saltykov-Shchedrin.

Serbia[sunting | sunting sumber]

Lyceum Prinsipalitas Serbia adalah sekolah pendidikan tinggi pertama di Serbia yang dalam pendidikannya diajarkan dalam bahasa Serbia. Sekolah tersebut didirikan pada 1838 atas inisiatif Pangeran Miloš Obrenović II pada 1838 di Kragujevac. Ketika Belgrade menjadi ibukota Serbian pada 1841, Lyceum Serbia dipindahkan ke kota tersebut. Pada 1863, sekolah tersebut diubah menjadi Sekolah Tinggi.

Amerika[sunting | sunting sumber]

Amerika Serikat[sunting | sunting sumber]

Lihat gerakan Lyceum.

Catatan[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  • Xoxi, Koli (1997), Liceu Kombëtar i Korçës (1917-1939) (dalam bahasa Albania), Shtëpia Botuese "Lumo Skëndo", OCLC 45500476 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]