Universitas Indo Global Mandiri

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Universitas Indo Global Mandiri
Universitas Indo Global Mandiri
Moto"Your Success is Our Commitment"
JenisPerguruan Tinggi Swasta
Didirikan22 Mei 2008
RektorDr. H. Marzuki Alie, SE., MM.
Lokasi
Jend. Sudirman Km.4 No.629 Palembang
, ,
WarnaBiru Tua  
Nama julukanUIGM
Situs webwww.uigm.ac.id

Universitas Indo Global Mandiri adalah salah satu Perguruan Tinggi Swasta di Kota Palembang, Sumatera Selatan. Kampus Universitas Indo Global Mandiri terletak di Jalan Jend. Sudirman Km.4 No.629, Sumatera Selatan 30129

Visi

Menghasilkan Sumber Daya Manusia profesional dan berintegritas untuk mengisi dan menciptakan peluang kerja.

Misi

Selain melaksanakan fungsi Tridarma Perguruan Tinggi berupa pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, dalam rangka mencapai visi yang telah ditetapkan, manajemen telah menyusun misi yang akan dilaksanakan, meliputi:

Mengembangkan sistem pembelajaran yang relevan dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi, baik dalam hal membangun sarana dan prasarana yang up to date, kurikulum yang memenuhi kebutuhan pasar, serta tenaga pendidik yang memiliki kualifikasi dan kompetensi yang diperlukan;

Bekerjasama dengan berbagai Institusi baik korporasi maupun Perguruan Tinggi dalam rangka meningkatkan kualitas penelitian bagi Tenaga Pendidik dan Mahasiswa, sehingga mampu memberikan manfaat bagi perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi sesuai dengan profesi dan bidang ilmunya;

Mengembangkan pola pengabdian kepada masyarakat yang berbasis kepada keunggulan yang dimiliki masyarakat, agar dapat memberikan nilai tambah bagu kehidupan masyarakat, sebagai bagian dari solusi atas persoalan yang dihadapi masyarakat;

Mengembangkan sistem magang yang menghadirkan link and match antara dunia pendidikan dan dunia kerja serta bisnis, dengan bekerjasama kepada korporasi sesuai dengan bidang keilmuannya;

Mengembangkan kehidupan kampus yang religi dengan prinsip ketauladanan, untuk membangun sdm yang berkarakter kuat dan berintegritas.

Sasaran

Menghasilkan lulusan yang profesional dan berintegritas serta memiliki kompetensi keilmuan yang unggul dan mandiri dengan meningkatkan kualitas pembelajaran dengan target kerja 5 tahun;

Meningkatkan jumlah penelitian, pengabdian kepada masyarakat dan publikasi yang berkualitas, dapat dimanfaatkan oleh masyarakat sehingga memperoleh status Madya dengan target kerja 5 tahun;

Mewujudkan tenaga pendidik yang kompeten dan berkomitmen melalui penyadaran etos kerja untuk pencapaian visi dengan target kerja 5 tahun;

Mensinergikan program kerja tridarma perguruan tinggi dengan pemangku kepentingan yang berorientasi untuk meningkatkan kualitas lulusan serta berdaya guna bagi masyarakat dengan target kerja 4 tahun;

Mengembangkan fasilitas, sarana, dan prasarana guna mendukung atmosfir kehidupan kampus yang dinamis serta berorientasi pada kepentingan masyarakat dengan target kerja 4 tahun.

Tujuan

Menguatkan keunggulan dan kualitas Tridarma Perguruan Tinggi dalam rangka menghasilkan SDM profesional yang memiliki integritas sehingga bermanfaat bagi masyarakat, bangsa, negara dan agama;

Menguatkan budaya mutu untuk mengoptimalkan peran dan tanggungjawab sebagai institusi penyelenggara pendidikan tinggi yang dituntut untuk berkiprah dalam masyarakat.

Fasilitas

Untuk mendukung proses kegiatan belajar mengajar, Universitas Indo Global Mandiri memiliki tiga gedung kampus perkuliahan yaitu gedung A, gedung B, dan Gedung C. Ketiga gedung kampus tersebut terletak di Jalan Jendral Sudirman KM. 4 No.629 yang posisinya sangat strategis di Kota Palembang

Setiap gedung kampus Universitas IGM memiliiki fungsi yang berbeda beda dan di dukung fasilitas yang cukup lengkap. Gedung A memiliki 3 lantai dan dikhususkan sebagai tempat administrasi di bawah naungan wakil rektor III bagian perencanaan dan kerja sama. Gedung A terdiri dari ruang wakil rektor III, front office, ruangan Biro Kemahasiswaaan, Alumni, & Bursa Kerja (BKABK), ruangan Biro Kerja Sama, dan ruangan Biro Perencanaan & Pengembangan.

Gedung B Universitas IGM memiliki 10 lantai yang difungsikan sebagai ruang belajar mahasiswa dan ruang staff. Memiliki 25 ruang kelas yang sudah dilengkapi Air Conditioner, lift, dan pelengkap belajar mengajar lainnya. Gedung ini juga memiliki mushollah, kantin, AULA yang cukup luas, Global Radio, studio gambar, ruang sablon, studio IGMTV, dan ruang siar IGMTV. Untuk kepengurusan universitas seperti ruang Biro Administrasi Akademik (BAA), ruang Biro Administrasi Umum (BAU), ruang Keuangan, dan ruang Lembaga Penelitian Pengabdian Kepada Masyarakat dan Pengembangan Pendidikan (LPPMPP) di tempatkan di gedung B.

Gedung C Universitas IGM memiliki 12 lantai dengan jumlah 14 ruang kelas yang sudah di lengkapi dengan fasilitas yang baik. Ruangan lainnya seperti kantin, perpustakaan beserta ruang baca, front office, ruang konsulltasi yang ada di beberapa lantai, ruang teater, laboratorium komputer dengan perangkat yang up to date dan ruang studio fotografi ditempatkan di gedung ini. Selain penggunaan sarana sebagai tempat belajar mengajar, di gedung C Universitas IGM juga menjadi tempat bagi rektor beserta beserta jajarannya, ketua yayasan beserta jajarannya, dan dosen dari setiap program studi.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Yayasan Indo Global Mandiri (IGM) didirikan pada tanggal 5 Oktober 1998 bertepatan dengan hari ulang tahun Tentara Nasional ndonesia (TNI) dengan akte Notaris Janti Gunardi,S.H.

Pendirian Yayasan IGM diprakarsai oleh para Profesional yang berpengalaman sangat luas dalam bidang kependidikan, pengembangan sistem informasi dan komputer yang berbasis Teknologi nformasi serta mempunyai komitmen yang sangat besar untuk meningkatkan kualitas SDM Indonesia dalam rangka mengantisipasi persaingan global.

Sebagai langkah awal,maka dibentuklah Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Indo Global Mandiri (STMIK IGM), merupakan sekolah tinggi pertama dalam bidang Teknologi Informasi yang didirikan oleh Profesional yang berpengalaman dalam bidangnya. Berdasarkan izin dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik ndonesia No.82/D/0/1999 tanggal 15 April 1999.

Kemudian pada Tahun 2002/2003 dibuka Pendidikan Tingkat Menengah Atas yaitu SMA Life Skill Teknologi Informatika (SMA LTI IGM), SMP Life Skill Teknologi Informatika (SMP LTI IGM) Tahun 2004/2005,SD-PlusIGM Tahun 2004/2005, dan di tahun 2014/2015 dibuka Pendidikan Taman Kanak-Kanak (TK) dan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD).

Untuk pengembangan Pendidikan Tinggi,pada tanggal 6 November 2004,Sekolah Tinggi Teknologi Palembang (STTP) bergabung ke dalam Yayasan IGM dengan nama STTP IGM, untuk kemudian pada tahun 2008 STMIK IGM dan STTP IGM dimerger menjadi Universitas IGM berdasarkan Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No.83/D/0/2008.[1]

Pada awalnya UIGM terdiri dari 3 Fakultas, Yaitu:

  1. Fakultas Ilmu Komputer terdiri dari Program Studi Teknik Informatika (S1), Sistem Informasi (S1), Teknik Komputer (D3), Manajemen Informatika (D3), Komputerisasi Akuntansi (D3); Saat ini Program Studi Teknik Komputer ditingkatkan dari D3 menjadi S1 Sistem Komputer, sedangkan untuk Komputeriasi Akuntansi tidak dilanjutkan, menyesuaikan dengan kebutuhan pasar.
  2. Fakultas Teknik terdiri dari Program Studi Teknik Sipil (S1), Teknik Arsitektur (S1), Perencanaan Wilayah dan Kota (S1), Survei dan Pemetaan (D3).
  3. Fakultas Ekonomi terdiri dari Program Studi Manajemen (S1) dan Akuntansi (S1).

Dengan berjalannya waktu, untuk memenuhi permintaan pasar, secara bertahap dikembangkan beberapa Program Studi yang tergabung dalam 2 Fakultas, yaitu:

  1. Fakultas Ilmu Pemerintahan dan Budaya, terdiri dari Program Studi Ilmu Pemerintahan dan Desain Komunikasi Visual (DKV).
  2. Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan yang terdiri dari Program Studi Bahasa Inggris dan Matematika. Untuk sementara Program studi Matematika belum dijalankan mengingat keterbatasan minat dari masyarakat.

Sejalan dengan semakin berkembangnya ekonomi dan memenuhi keinginan masyarakat Sumatera Selatan pada umumnya mengenai tata cara perekonomian syariah, maka pada tahun 2014 dibuka Sekolah Tinggi Ekonomi dan Bisnis Syariah (STEBIS) IGM, berdasarkan Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Agama Islam Swasta No. 2516 Tahun 2014.

Universitas IGM memberikan kesempatan kepada masyarakat yang ingin meningkatkan pendidikan dalam Bidang Manajemen dengan menambah Program studi Ekonomi Manajemen Program Magister di tahun 2014, berdasarkan Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No.456/E/0/2014, kemudian dirubah menjadi Program Studi Manajemen Program Magister ditahun 2018,berdasarkan keputusan Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia No.650/KPT/1/2018.

Sebagai bentuk keperdulian kepada masyarakat yang belum beruntung, Yayasan IGM juga memberikan beasiswa kepada anak yatim / piatu atau kurang mampu berupa pendidikan Gratis yang dibina di Pondok Pesantren Modern IGM Al-Ihsaniah untuk tingkat Tsanawiyah dan aliyah.

Bentuk Kegiatan sosial keagamaan lainnya yang dilaksanakan oleh Yayasan IGM, yaitu memberikan bimbingan secara gratis kepada caIon jemaah haji berupa pelatihan manasik haji dengan mendlrlkan KBIH IGM-AI Ikhsaniyah pada tahun 2001, disamping memberikan bantuan kepada kelompok-kelompok masyarakat yang masih memerlukan bantuan baik dalam bentuk bakti sosial,bantuan dana maupun konsultasi pegembangan ekonomi kerakyatan.

Fakultas dan Program Studi[sunting | sunting sumber]

Program Diploma & Sarjana

Fakultas Ilmu Komputer

  1. Teknik Informatika (S1)
  2. Sistem Informasi (S1)
  3. Sistem Komputer (S1)
  4. Manajemen Informatika (D3)

Fakultas Teknik

  1. Teknik Sipil (S1)
  2. Arsitektur (S1)
  3. Teknik Perencanaan Wilayah dan Kota (S1)
  4. Survei dan Pemetaan (D3)
  5. Keselamatan dan Kesehatan Kerja (D3)

Fakultas Ekonomi

  1. Ekonomi Manajemen (S1)
  2. Ekonomi Akuntansi (S1)

Fakultas Ilmu Pemerintahan dan Budaya

  1. Ilmu Pemerintahan (S1)
  2. Desain Komunikasi Visual (S1)

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

  1. Pendidikan Bahasa Inggris (S1)

Program Pascasarjana

  1. Magister Manajemen (S2)
  1. ^ "Universitas UIGM". uigm.ac.id (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2022-04-22.