Universitas Anglia Ruskin

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Universitas Anglia Ruskin
Lambang Universitas Newcastle
Lambang Universitas Newcastle
bahasa Latin: Universitas Anglicus de Ruskin
MotoEXCELLENTIA PER SOCIETATEM
Excellence through partnership
Didirikan2005 (dapat status sebagai universitas)
1858 (sebagai Cambridge School of Art) [1]
JenisPerguruan tinggi negeri
KonselorMichael Ashcroft, Baron Ashcroft
LokasiCambridge, Chelmsford, London dan Peterborough, Inggris Raya
KampusUrban
WarnaBiru dan Kuning          
AfiliasiUniversities UK, EUA, EFMD, BAC, million+, SPACE, BUTEX, ECREA, HUMANE, HECSU, SUPC, ABS, PRME, AIESEC
Situs webwww.anglia.ac.uk

Universitas Anglia Ruskin University adalah perguruan tinggi negeri di East of England, Britania Raya, dengan total populasi mahasiswa/i sekitar 35,000.[1]Kampus ini berlokasikan di Cambridge, Chelmsford dan Peterborough, Inggris, Britania Raya.

Universitas ini didirikan pada 1858 oleh Cambridgeshire College of Arts and Technology (CCAT) dan The Essex Institute of Higher Education (sebelumnya Institut Chelmer – Institut ini terbentuk dari The Mid-Essex Technical College dan The Brentwood College of Education).[1] Kolese-kolese ini kemudian bergabung membentuk Universitas Politeknik Anglia pada tahun 1992. Dan barulah pada tahun 2005 dikenal dengan namanya yang sekarang.[1]

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Pendiri William John Beamont, the decorated Cambridge-educated clergyman and author.
Henry Acland dan John Ruskin (kiri), orang yang memainkan peranan cukup penting pada universitas ini hingga pendiriannya [1]
Tampak depan dari gedung Helmore dari kampus universitas di Cambridge.

Universitas ini awalnya adalah berupa Cambridge School of Art, yang didirikan oleh William John Beamont[2] pada tahun 1858. Nama universitasnya sendiri didapatkan dari nama John Ruskin[3] (seringkali disalah artikan sebagai pendiri; dimana sebenarnya ia dalah pendiri dari Ruskin School of Drawing di Oxford). Lokasi aslinya berdekatan dengan Sidney Sussex College, yang kemudian pindah ke lokasinya sekarang ini dekat dengan Mill Road, Cambridge. Pada tahun 1960 kampus ini menjadi Cambridgeshire College of Arts and Technology (CCAT). Pada tahun 1989 CCAT bergabung dengan The Essex Institute of Higher Education dan membentuk The Anglia Higher Education College. Gabungan kolese itu kemudian menjadi politeknik pada tahun 1991, dan memakai nama Politeknik Anglia, dan mendapatkan status sebagai universitas pada tahun 1992.

Ketika bernama Anglia Polytechnic University (APU), mereka tetap memakai istilah 'politeknik' karena istilah tersebut masih memiliki nilai cukup berarti bagi para mahasiswa/i-nya dan juga para calon-calon pekerja maupun bagian akademisinya, dimana hal itu menandakan bahwa kampus ini akan memberikan pendidikan praktis untuk dipakai di dunia kerja [4] walaupun sebenarnya pada tahun 2000 ada keengganan untuk memakai istilah tersebut, karena hanya kampus ini yang masih memakainya.

Akhirnya kampus ini merasa perlu untuk tidak lagi memakai istilah politeknik karena istilah itu sudah kurang berarti baik untuk para mahasiswa/i-nya, alumninya maupun para stafnya. Selain itu istilah tadi sudah tidak relevan dengan beberapa jurusan yang bukan pendidikan vokasi.[4] Akhirnya, dari sekitar dua ratusan masukan dan setelah berkonsultasi dengan para staf, para mahasiswa/i-nya dan penduduk sekitar, komunitas dan kalangan bisnis, kampus ini akhirnya memilih nama Universitas Anglia Ruskin (yaitu mengambil nama belakang dari John Ruskin, yang mendirikan Cambridge School of Art), dan nama baru tersebut mulai berlaku secara efektif sesuai approval dari Privy Council pada 29 September, 2005.

Beberapa tenaga pengajarnya termasuk Odile Crick, istri dari Francis Crick; dimana is menciptakan simple iconic image dari DNA sebagai dua pita terkait terbalik dan dihubungkan oleh sepuluh rungs setiap lipatan dari dua sisi yang secara resmi muncul untuk pertama kali di jurnal Nature yang mengumumkan penemuannya.[5] Pengarang Tom Sharpe juga pernah mengajar sejarah di CCAT antara tahun 1963 dan 1972 serta Anne Campbell, [6] anggota partai buruh untuk Cambridge dari tahun 1992 hingga 2005, yang pernah mengajar ilmu statistic di CCAT.

Galeri[sunting | sunting sumber]

Panorama of Anglia Ruskin University, Cambridge

Alumnus[sunting | sunting sumber]

The bust of Lord Ashcroft, an alumnus of the university and after whom its business school as well as the building where it is housed is named, can be seen at the university's Cambridge campus.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c d e "History of the Anglia Ruskin University". Diakses tanggal 30 Desember 2014. 
  2. ^ Searby, Peter (1997), A History of the University of Cambridge: Volume 3 1750–1870, Cambridge: Cambridge University Press, hlm. 39, ISBN 978-0-521-35060-0, diakses tanggal 2013-02-22 
  3. ^ Ruskin, John (29 October 1858), Cambridge School of Art: Mr Ruskin's Inaugural Address (Transcript of speech), London: Bell & Daldy (dipublikasikan tanggal 1858), diakses tanggal 2013-02-22 
  4. ^ a b Chopra Consultants (2005), Anglia Ruskin University, diarsipkan dari versi asli tanggal 19 October 2007, diakses tanggal 2013-02-22 
  5. ^ "Cambridge Business News | Cambridgeshire Local Business & Corporate News". Cambridge-news.co.uk. Diakses tanggal 2010-07-26. 
  6. ^ "Anne Campbell (annecampbell.org.uk), Election". annecampbell.org.uk. 6 May 2005. Diakses tanggal 2010-07-26. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Media terkait Universitas Anglia Ruskin di Wikimedia Commons


Jika Anda melihat halaman yang menggunakan templat {{stub}} ini, mohon gantikan dengan templat rintisan yang lebih spesifik.