Universitas Anglia Ruskin

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Cambridge School of Art)
Universitas Anglia Ruskin
Lambang Universitas Newcastle
Lambang Universitas Newcastle
bahasa Latin: Universitas Anglicus de Ruskin
MotoEXCELLENTIA PER SOCIETATEM
Excellence through partnership
JenisPerguruan tinggi negeri
Didirikan2005 (dapat status sebagai universitas)
1858 (sebagai Cambridge School of Art) [1]
KanselirMichael Ashcroft, Baron Ashcroft
Wakil KanselirMichael Thorne
Lokasi,
Koordinat: 52°12′11.1″N 0°8′1.3″E / 52.203083°N 0.133694°E / 52.203083; 0.133694
KampusUrban
WarnaBiru dan Kuning    
AfiliasiUniversities UK, EUA, EFMD, BAC, million+, SPACE, BUTEX, ECREA, HUMANE, HECSU, SUPC, ABS, PRME, AIESEC
Situs webwww.anglia.ac.uk

Universitas Anglia Ruskin University adalah perguruan tinggi negeri di East of England, Britania Raya, dengan total populasi mahasiswa/i sekitar 35,000.[1] Kampus ini berlokasikan di Cambridge, Chelmsford dan Peterborough, Inggris, Britania Raya.

Universitas ini didirikan pada 1858 oleh Cambridgeshire College of Arts and Technology (CCAT) dan The Essex Institute of Higher Education (sebelumnya Institut Chelmer – Institut ini terbentuk dari The Mid-Essex Technical College dan The Brentwood College of Education).[1] Kolese-kolese ini kemudian bergabung membentuk Universitas Politeknik Anglia pada tahun 1992. Dan barulah pada tahun 2005 dikenal dengan namanya yang sekarang.[1]

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Pendiri William John Beamont, the decorated Cambridge-educated clergyman and author.
Henry Acland dan John Ruskin (kiri), orang yang memainkan peranan cukup penting pada universitas ini hingga pendiriannya [1]
Tampak depan dari gedung Helmore dari kampus universitas di Cambridge.

Universitas ini awalnya adalah berupa Cambridge School of Art, yang didirikan oleh William John Beamont[2] pada tahun 1858. Nama universitasnya sendiri didapatkan dari nama John Ruskin[3] (sering kali disalah artikan sebagai pendiri; dimana sebenarnya ia dalah pendiri dari Ruskin School of Drawing di Oxford). Lokasi aslinya berdekatan dengan Sidney Sussex College, yang kemudian pindah ke lokasinya sekarang ini dekat dengan Mill Road, Cambridge. Pada tahun 1960 kampus ini menjadi Cambridgeshire College of Arts and Technology (CCAT). Pada tahun 1989 CCAT bergabung dengan The Essex Institute of Higher Education dan membentuk The Anglia Higher Education College. Gabungan kolese itu kemudian menjadi politeknik pada tahun 1991, dan memakai nama Politeknik Anglia, dan mendapatkan status sebagai universitas pada tahun 1992.

Ketika bernama Anglia Polytechnic University (APU), mereka tetap memakai istilah 'politeknik' karena istilah tersebut masih memiliki nilai cukup berarti bagi para mahasiswa/i-nya dan juga para calon-calon pekerja maupun bagian akademisinya, dimana hal itu menandakan bahwa kampus ini akan memberikan pendidikan praktis untuk dipakai di dunia kerja [4] walaupun sebenarnya pada tahun 2000 ada keengganan untuk memakai istilah tersebut, karena hanya kampus ini yang masih memakainya.

Akhirnya kampus ini merasa perlu untuk tidak lagi memakai istilah politeknik karena istilah itu sudah kurang berarti baik untuk para mahasiswa/i-nya, alumninya maupun para stafnya. Selain itu istilah tadi sudah tidak relevan dengan beberapa jurusan yang bukan pendidikan vokasi.[4] Akhirnya, dari sekitar dua ratusan masukan dan setelah berkonsultasi dengan para staf, para mahasiswa/i-nya dan penduduk sekitar, komunitas dan kalangan bisnis, kampus ini akhirnya memilih nama Universitas Anglia Ruskin (yaitu mengambil nama belakang dari John Ruskin, yang mendirikan Cambridge School of Art), dan nama baru tersebut mulai berlaku secara efektif sesuai approval dari Privy Council pada 29 September, 2005.

Beberapa tenaga pengajarnya termasuk Odile Crick, istri dari Francis Crick; dimana is menciptakan simple iconic image dari DNA sebagai dua pita terkait terbalik dan dihubungkan oleh sepuluh rungs setiap lipatan dari dua sisi yang secara resmi muncul untuk pertama kali di jurnal Nature yang mengumumkan penemuannya.[5] Pengarang Tom Sharpe juga pernah mengajar sejarah di CCAT antara tahun 1963 dan 1972 serta Anne Campbell,[6] anggota partai buruh untuk Cambridge dari tahun 1992 hingga 2005, yang pernah mengajar ilmu statistic di CCAT.

Mantan siswa termasuk penyair Victoria, Augusta Webster, yang menandatangani petisi John Stuart Mill untuk suara wanita pada tahun 1866. Dosen sebelumnya termasuk Odile Crick , istri Francis Crick , yang menciptakan gambar ikon sederhana DNA . Musisi Syd Barrett , penulis lagu dan gitaris utama band, Pink Floyd adalah seorang alumni. Penulis Tom Sharpe adalah seorang dosen sejarah di CCAT antara tahun 1963 dan 1972 dan Anne Campbell , MP Buruh untuk Cambridge dari tahun 1992 hingga 2005, sebelumnya adalah seorang dosen Statistik di CCAT. Plakat biru untuk pendidik terkemuka, Dame Leah Manning, MP didirikan pada tahun 2019 di bekas sekolah compang-camping di Young Street yang diakuisisi oleh universitas pada tahun 2006 dan kemudian diubah menjadi Institut Terapi Musik Universitas Anglia Ruskin.

Kelembagaan dan administrasi[sunting | sunting sumber]

Ada empat Fakultas di Universitas Anglia Ruskin:[7](1) Fakultas Bisnis dan Hukum. (2)Fakultas Seni, Humaniora & Ilmu Sosial, (3) Fakultas Kesehatan, Pendidikan, Kedokteran & Perawatan Sosial, (4)Fakultas Sains & Teknik.

HSHS, mantan Sekolah Studi Kesehatan Homerton, diakuisisi oleh Universitas dari Wali Amanat Homerton College pada tahun 2005, setelah bekerja sama dalam kemitraan selama beberapa tahun.

Kampus[sunting | sunting sumber]

Universitas Anglia Ruskin memiliki kampus di Cambridge, Chelmsford dan Peterborough, pusat Universitas berada di King's Lynn dan Peterborough, dan kemitraan kolaboratif dengan institusi di berbagai lokasi di seluruh dunia, termasuk London, Berlin, Budapest, Athena, Basel, Kuala Lumpur, Singapura, dan Trinidad.

Fasilitas[sunting | sunting sumber]

Kampus Cambridge Anglia Ruskin adalah rumah bagi salah satu dari hanya 9 sekolah optometri di Inggris, yang memiliki klinik optometri sendiri.[8]

Pada tahun 2009, salah satu bangunan terbesar Universitas, Rackham, di tengah kampus, dihancurkan untuk membuat cara untuk Sekolah Bisnis Internasional Lord Ashcroft yang baru. Teater Mumford, yang menampilkan berbagai tur profesional, komunitas lokal, dan teater mahasiswa untuk umum dan anggota Universitas, bertempat di pusat kampus. Dari tahun 2015, gedung baru di Young Street menyelenggarakan kursus kesehatan, seperti keperawatan, kebidanan, paramedis, ODP, dll.[9]

Galeri[sunting | sunting sumber]

Panorama of Anglia Ruskin University, Cambridge

Alumnus[sunting | sunting sumber]

The bust of Lord Ashcroft, an alumnus of the university and after whom its business school as well as the building where it is housed is named, can be seen at the university's Cambridge campus.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c d e "History of the Anglia Ruskin University". Diakses tanggal 30 Desember 2014. 
  2. ^ Searby, Peter (1997), A History of the University of Cambridge: Volume 3 1750–1870, Cambridge: Cambridge University Press, hlm. 39, ISBN 978-0-521-35060-0, diakses tanggal 2013-02-22 
  3. ^ Ruskin, John (29 October 1858), Cambridge School of Art: Mr Ruskin's Inaugural Address (Transcript of speech), London: Bell & Daldy (dipublikasikan tanggal 1858), diakses tanggal 2013-02-22 
  4. ^ a b Chopra Consultants (2005), Anglia Ruskin University, diarsipkan dari versi asli tanggal 2007-10-19, diakses tanggal 2013-02-22 
  5. ^ "Cambridge Business News | Cambridgeshire Local Business & Corporate News". Cambridge-news.co.uk. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2007-09-26. Diakses tanggal 2010-07-26. 
  6. ^ "Anne Campbell (annecampbell.org.uk), Election". annecampbell.org.uk. 6 May 2005. Diakses tanggal 2010-07-26. 
  7. ^ "News Article". www.angliastudent.com (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2021-06-12. 
  8. ^ "Archived version of http://www.anglia.ac.uk/ruskin/en/home/faculties/fst/departments/vision_hearing/clinic.html from 2012". www.webarchive.org.uk. Archived from the original on 2012-12-17. Diakses tanggal 2021-06-12.  Hapus pranala luar di parameter |title= (bantuan)
  9. ^ "Young Street - ARU". aru.ac.uk (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2021-06-12. 
  10. ^ https://www.telegraph.co.uk/technology/2021/04/02/essex-born-onlyfans-founder-built-porn-empire-has-become-one/

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Media terkait Anglia Ruskin University di Wikimedia Commons