Umukia raja

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Umukia raja
Klasifikasi ilmiah
Domain:
Kerajaan:
Filum:
Kelas:
Ordo:
Famili:
Genus:
Radjah

Spesies:
Radjah radjah

Subspesies

R. r. radjah (Lesson, RP, 1828)
R. r. rufitergum (Hartert, 1905)

Sinonim

Tadorna radjah

Umukia raja ( Radjah radjah ) adalah spesies tunggal burung anatidae dalam genus Radjah. Burung ini sebagian besar ditemukan di Papua Nugini dan Australia, dan juga di beberapa Kepulauan Maluku. Ia juga dikenal sebagai Umukia radjah, Umukia punggung-hitam, atau di Australia sebagai umukia Burdekin.

Taksonomi[sunting | sunting sumber]

Nama spesifiknya radjah berasal dari nama Maluku Radja tepatnya di pulau Buru di Indonesia.[2]

Sebelumnya ditempatkan di genus Tadorna, ia sangat berbeda dari anggota lain dalam morfologi eksternal dan data urutan sitokrom b mtDNA, yang menunjukkan statusnya harus diselidiki ulang.[3] Klasifikasi semasa menempatkannya dalam genus monotaipnya sendiri Radjah .

Keterangan[sunting | sunting sumber]

Baik jantan maupun betina dari spesies ini sebagian besar berwarna putih, dengan ujung sayap berwarna gelap dan "kerah" bulu berwarna gelap yang khas. Jika dilihat dari atas, saat terbang atau saat sayap terentang, garis-garis hijau terlihat di bagian atas sayapnya. Untuk berkomunikasi, sang betina mengeluarkan suara kerincingan yang keras sementara sang jantan mengeluarkan suara seperti peluit yang serak.

Distribusi dan habitat[sunting | sunting sumber]

Umukia raja mendiami hutan bakau dan garis pantai Papua Nugini ( Papua Barat dan Papua Nugini ) dan Australia, serta beberapa wilayah Maluku di Indonesia bagian timur. Di Australia, wilayah jelajah utamanya adalah pesisir, Australia utara yang tropis, membentang hingga ke selatan hingga Queensland tengah, ke barat melalui wilayah atas Northern Territory (termasuk Taman Nasional Kakadu ) hingga Kimberley di Australia Barat . Umukia raja terdaftar sebagai burung yang dilindungi di seluruh negara bagian Australia, dan hukuman diberlakukan jika menyakiti atau mengganggu mereka.

Spesies ini lebih menyukai perairan asin di dataran bakau dan rawa pohon melaleuca, namun akan mengunjungi semua jenis rawa air payau dan air tawar, laguna, danau, muara, delta sungai, dan billabong lebih jauh ke pedalaman selama musim hujan.

Perilaku[sunting | sunting sumber]

Umukia raja membentuk pasangan terikat jangka panjang, dan biasanya ditemui dalam pasangan mandiri atau kelompok kecil. Selama musim hujan, pejantan biasanya menjadi sangat mudah tersinggung dan terlihat menyerang pasangannya.

Makanan pilihan Umukia raja terutama terdiri dari moluska, serangga air atau serangga lainnya, cacing, gulma air, material sedimen, dan alga . Pasangan mulai mencari tempat bersarang selama bulan Januari dan Februari. Mereka bersarang dekat dengan sumber makanan utama mereka, sering kali di dahan pohon yang mati atau mengalami dehidrasi, sehingga perusakan habitat menjadi masalah tersendiri.

Umukia raja tidak menggunakan bahan sarang selain dari bulu bulu yang disuplai sendiri. Bertelur biasanya selesai pada bulan Mei atau Juni, namun bergantung pada lamanya musim hujan . Satu sarang Umukia raja berkisar antara 6 hingga 12 butir telur. Waktu inkubasi sekitar 30 hari.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ BirdLife International (2016). "Radjah radjah". 2016: e.T22680029A92839434. doi:10.2305/IUCN.UK.2016-3.RLTS.T22680029A92839434.en. 
  2. ^ Jobling, James A. (2010). The Helm Dictionary of Scientific Bird Names. London: Christopher Helm. hlm. 330. ISBN 978-1-4081-2501-4. 
  3. ^ Sraml, M.; Christidis, L.; Easteal, S.; Horn, P. & Collet, C. (1996): Molecular Relationships Within Australasian Waterfowl (Anseriformes).