Ulee Kareng, Banda Aceh

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Ulee Kareng
Peta lokasi Kecamatan Ulee Kareng
Peta lokasi Kecamatan Ulee Kareng
Negara Indonesia
ProvinsiAceh
KotaBanda Aceh
Pemerintahan
 • Camat-
Populasi
 • Total- jiwa
Kode Kemendagri11.71.09 Edit the value on Wikidata
Luas6,15 Km2 (615,0 Ha)
Desa/kelurahan9 gampong

Kecamatan Ulee Kareng adalah salah satu kecamatan di Kota Banda Aceh.

Berdasarkan Perda Kota Banda Aceh Nomor 8 tahun 2000 Banda Aceh mengalami pemekaran wilayah dari 5 kecamatan menjadi 9 kecamatan. Kecamatan Ulee Kareng merupakan pemekaran dari kecamatan Syiah Kuala. Kecamatan ini memiliki 2 mukim 9 gampong dan 31 dusun.

Dalam perkembangannya yang dinamis, kecamatan Ulee Kareng terus berbenah dalam administrasi pemerintahan dan pembangunan sarana dan prasarana. Pasca terjadi bencana alam gempa bumi dan tsunami tanggal 26 Desember 2004 kecamatan ini merupakan salah satu kecamatan yang tidak terkenak dampak tsunami secara langsung, Hal ini dikarenakan secara geografis kecamatan Ulee Kareng berada jauh dari garis pantai.

Masa rekonstruksi pasca bencana merupakan babak baru bagi kecamatan Ulee Kareng, dimana perkembangan pembangunan, ekonomi dan meningkatnya mobilitas penduduk secara langsung dan tidak langsung menjadi sentral bagi kota Banda Aceh yang baru tertimpa bencana. Begitu juga kebijakan pemerintah dalam pembangunan jalan tembus Kantor Gebernur-Santan (Aceh Besar/Jl. Nyak Makam) dan pembangunan jembatan layang di Gampong Pango yang menghubungkan Aceh Besar dengan Kota Banda Aceh juga berdampak besar pada denyut perkembangan Kecamatan Ulee Kareng sekarang ini.

Kecamatan Ulee Kareng terdapat 2 kemukiman yaitu mukim Pouteumereuhom yang di dalam nya ada beberapa gampong seperti Pango Raya, Pango Deah, Lamteh Ilie, Lambhuk. Sedang kan di kemukiman Simpang Tujuh juga terdapat beberapa gampong di dalam nya seprti: Ceurih, Ie Masen Ulee Kareng, Lamglumpang, Doy.

Ulee Kareng juga terkenal dengan Kopi Aceh Ulee Kareng-nya yang khas.[1]

Gampong di Kecamatan Ulee Kareng adalah:

  1. Pango Raya
  2. Pango Deah
  3. Ilie
  4. Lamteh
  5. Lam Glumpang
  6. Ceurih
  7. Ie Masen Ulee Kareng
  8. Doy
  9. Lambhuk

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Kopi Ulee Kareng Coffe Merambah Medan: Kopi Ulee Kareng Coffe Merambah Medan, diakses pada 16 Januari 2016

[1]

  1. ^ Kecamatan Ulee Kareng, Kota Banda Aceh