Ulat bulu laut

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Ulat bulu laut
Chloeia flava

Ulat bulu laut di Selat Lembeh, Indonesia.
Taksonomi
KerajaanAnimalia
FilumAnnelida
KelasPolychaeta
OrdoEunicida
FamiliAmphinomidae
GenusChloeia
SpesiesChloeia flava
Pallas, 1766

Ulat bulu laut (Chloeia flava) adalah spesies cacing laut bagian dari famili Amphinomidae.

Gambaran[sunting | sunting sumber]

Ulat bulu laut memiliki tubuh memanjang. Ukurannya beragam antara panjang 18 hingga 25 cm (7,1–9,8 in), dan lebar 7 hingga 10 cm (2,8–3,9 in), tidak termasuk bulu-bulu. Warnanya merah-coklat sampai coklat muda dengan kadang-kadang pita warna terang di tengah tubuh. Tubuhnya terdiri dari 37 ruas yang terlihat, masing-masing memiliki mata sederhana (ocellus) yang khas, yaitu berwarna ungu atau gelap dengan garis putih dan ditempatkan di tengah sisi atas.[1] Insang kecil, putih sampai coklat tua, terdapat di kedua sisi luar punggung tepat sebelum bulu dan di hampir semua segmen. Tubuhnya ditutupi duri atau seta, ulat tersebut memiliki aspek bulu yang berwarna keputihan, halus, tajam dan berbisa.

Penyebaran[sunting | sunting sumber]

Ulat bulu laut tersebar luas melalui kawasan lautan Indo-Pasifik dari pantai timur Afrika, termasuk Laut Merah, hingga pulau-pulau di Samudra Pasifik kecuali Hawaii dan Polinesia. Spesies ini ditemukan di daerah batuan detritus berpasir hingga berlumpur di dekat terumbu.[2]

Kebiasaan[sunting | sunting sumber]

Cacing ini merupakan karnivora yang aktif terutama saat fajar dan senja. Makanannya terdiri dari polip koral, porifera, anemon laut, hydrozoa, dan urochordata.

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Imajima Minoru (2003). "Polychaetous Annelids from Sagami Bay and Sagami Sea Collected by the Emperor Showa of Japan and Deposited at the Showa Memorial Institute, National Science Museum, Tokyo (II) : Orders included within the Phyllodocida, Amphinomida, Spintherida and Eunicida". National Science Museum monographs. National Museum of Nature and Science. 23: 1–221. ISSN 1342-9574. 
  2. ^ Neville Coleman, Marine life of the Maldives, Atoll Editions, Victoria, Australia,2000, ISBN 1876410361

Pranala luar[sunting | sunting sumber]