U.S. Città di Palermo

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Disambig gray.svg
Palermo
Logo US Citta di Palermo
Nama lengkap Unione Sportiva Città di Palermo
Julukan Rosanero ("merah muda - hitam"),
Aquile ("Elang")
Didirikan 1900 (Anglo Panormitan Athletic and Football Club)
Stadion Stadion Renzo Barbera,
Palermo, Italia
(Kapasitas: 36.349[1])
Ketua Bendera Italia Maurizio Zamparini
Pelatih Kepala Davide Ballardini
Liga Serie A
Situs web Situs web resmi klub
Kostum kandang
Kostum tandang
Kostum ketiga

Unione Sportiva Città di Palermo atau yang familiar dengan sebutan Palermo adalah sebuah tim sepak bola Italia yang bermarkas di Palermo, Italia. Secara resmi, tim ini dibentuk pada tahun 1900 dengan nama Anglo Panormitan Athletic and Football Club. Kini, Palermo berlaga di kompetisi tertinggi persepakbolaan Italia, Serie A. Palermo juga masih memegang status sebagai tim pencetak poin 1 musim tertinggi di kompetisi sepak bola kasta kedua Italia, Serie B dengan torehan 86 poin yang mereka bukukan pada musim 2013-14. Belum ada satupun tim yang pernah berlaga di Serie B yang mampu menyamai rekor tersebut. Warna kebesaran klub adalah pink yang dikombinasikan dengan hitam. Hal ini membuat Palermo dijuluki Il Rosanero (merah muda - hitam).

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Kapan tepatnya klub ini berdiri masih menjadi perdebatan hingga saat ini. Ada catatan yang menuliskan klub berdiri pada tahun 1898 oleh Joseph Whitaker, konsultan asal Inggris, yang mana juga diyakini sebagai presiden pertama klub. Namun ada catatan lain yang menerangkan jika klub berdiri secara resmi pada 1 November 1900 dengan nama Anglo Panormitan Athletic and Football Club. Pendirinya adalah Ignazio Majo Pagano, warga asli Palermo, yang merupakan kolega dari Joseph Whitaker. Ia menimba ilmu di London dan mempelajari sepak bola selama bersekolah di Inggris untuk kemudian mengajarkan ilmunya di Palermo. Terlepas dari itu, nama klub kemudian berubah menjadi Palermo Foot-Ball Club pada 1907. Setelah Perang Dunia I, klub kembali dibentuk ulang dengan nama Unione Sportiva Palermo oleh komunitas mahasiswa dan olahragawan pada tahun 1919. Nama klub terus mengalami perubahan sebelum resmi berubah menjadi U.S. Citta di Palermo mulai tahun 1994 hingga kini.

Setelah berjibaku di kompetisi kasta menengah ke bawah di Italia, Palermo merasakan debut perdananya di kompetisi nomor 1 Italia, Serie A di musim 1932-33 usai menjadi juara di Serie B musim 1931-32. Seiring musim debut perdananya di Serie A, Palermo berpindah markas ke Stadio Littorio yang kini dikenal dengan nama Stadio Renzo Barbera. Palermo mengakhiri musim tersebut dengan berada di posisi ke-12 dan bertahan untuk musim berikutnya. Nama Renzo Barbera sendiri berasal dari nama presiden Palermo, Renzo Barbera yang mengakuisisi klub di tahun 1970. Renzo Barbera sukses mengantarkan Palermo masuk final Piala Italia hingga 2 kali. Namun sayang, mereka kalah adu penalti oleh Bologna pada tahun 1974 dan menyerah dari Juventus di tahun 1979 melalui babak perpanjangan waktu.

Salah satu musim terbaik Palermo terjadi pada musim 2004-05 saat Palermo tengah dipimpin oleh presiden Maurizio Zamparini, yang terkenal kejam dalam memecat dan mengganti pelatih. Pada musim 2004-05 tersebut, Palermo yang berstatus tim promosi usai menjadi juara Serie B di musim sebelumnya, secara mengejutkan sukses mengakhiri musim di peringkat ke-6 dan lolos ke Piala UEFA untuk kali pertama dalam sejarah klub. Dalam kompetisi Piala UEFA musim 2005-06 tersebut, Palermo sukses melewati babak kualifikasi, menjadi juara di fase grup, dan melaju hingga babak 16 besar sebelum menyerah dari tim Jerman, Schalke 04 dengan skor agregat 1-3. Total, Palermo 5 kali menjadi wakil Italia untuk berlaga di kompetisi antar negara Eropa tersebut. Palermo juga terus melanjutkan rentetan hasil positifnya di Serie A dengan menduduki peringkat 5 di musim 2005-06 dan 2009-10. Prestasi membanggakan Palermo lainnya adalah untuk ketiga kalinya menjadi finalis Piala Italia yang mereka gapai pada musim 2010-11. Namun sekali lagi, Palermo gagal menjadi juara setalah kandas dengan skor 1-3 dari Inter Milan di babak final.

Prestasi[sunting | sunting sumber]

Berikut daftar kompetisi yang telah dijuarai Palermo sepanjang sejarah berdirinya klub:

Skuat[sunting | sunting sumber]

Berikut daftar skuat pemain Palermo per 16 Mei 2016:

Catatan: Bendera menunjukkan tim nasional pemain sesuai dengan peraturan FIFA. Pemain dapat saja mempunyai lebih dari satu kewarganegaraan.

No. Pos. Nama
1 Bendera Kroasia GK Josip Posavec
2 Bendera Italia DF Roberto Vitiello
3 Bendera Italia DF Andrea Rispoli
6 Bendera Italia DF Edoardo Goldaniga
7 Bendera Maroko DF Achraf Lazaar
8 Bendera Republik Makedonia FW Aleksandar Trajkovski
9 Bendera Italia FW Accursio Bentivegna
10 Bendera Swedia MF Oscar Hiljemark
11 Bendera Italia FW Alberto Gilardino
12 Bendera Kosta Rika DF Giancarlo González
15 Bendera Polandia DF Thiago Cionek
16 Bendera Uruguay MF Gastón Brugman
18 Bendera Bulgaria MF Ivaylo Chochev
20 Bendera Italia FW Franco Vázquez
21 Bendera Swedia MF Robin Quaison
22 Bendera Hongaria FW Norbert Balogh
23 Bendera Slovenia DF Aljaž Struna
No. Pos. Nama
24 Bendera Italia MF Bryan Cristante
25 Bendera Italia MF Enzo Maresca
28 Bendera Kroasia MF Mato Jajalo
53 Bendera Italia GK Fabrizio Alastra
54 Bendera Italia FW Antonino La Gumina
70 Bendera Italia GK Stefano Sorrentino
77 Bendera Swiss DF Michel Morganella
97 Bendera Italia DF Giuseppe Pezzella
99 Bendera Serbia FW Uroš Đurđević |}

Staf[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Renzo Barbera" (dalam Italia). Italia.it. Diakses tanggal 2007-05-04. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]