Txakoli

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
Tiga daerah penghasil txakoli di Basque Country.
  Txakoli Álava
  Txakoli Vizcaya
  Txakoli Getaria
Sulur txakoli di wilayah Getaria
Menyajikan txakoli di San Sebastian

Txakoli (diucapkan pengucapan bahasa Basque: [tʃakoˈli]) atau Chacolí (diucapkan pengucapan bahasa Spanyol: [tʃakoˈli]) adalah sebuah jenis anggur dengan keasaman tinggi dan kadar alkohol rendah yang diproduksi di provinsi Spanyol, Basque Country, Cantabria dan utara Burgos. Lebih jauh, Chili juga memproduksi anggur ini.

Anggur ini biasanya disajikan sebagai aperitif dan diminum dalam waktu satu tahun pembotolan karena tidak dapat disimpan untuk waktu yang lebih lama. Warna yang paling umum adalah putih, terdapat pula variasi warna hijau pucat dan merah. Saat disajikan, anggur ini biasanya dituangkan ke dalam gelas tinggi, sering digunakan sebagai pendamping untuk pintxos. Anggur ini biasanya memilik kadar alkoholi antara 9,5-11.5 ABV.

Istana Mendibile yang dibangun pada abad ke-18, terletak di Leioa dekat Bilbao, saat ini memiliki sebuah museum yang didedikasikan untuk txakoli, Museo del Txakoli, menjelaskan sejarah txakoli dengan banyak koleksi mesin yang digunakan dalam proses pembuatan.

Nama[sunting | sunting sumber]

Anggur ini disebut txakolin (diucapkan pengucapan bahasa Basque: [tʃakolin]) dalam bahasa Basque,[1] txakolina yang berarti "txakolin". Istilah ini digunakan dari pertengahan abad ke-18 dan seterusnya, terkadang juga digunakan sebagai nama pribadi.[2] Secara tradisional bentuk umum kata ni adala txakolin, meskipun xakolin telah didokumentasikan di Iparralde. Txakoli, dianggap sebagai salah ejaan oleh Euskaltzaindia, ini dibuktikan dari tahun 1985 dan seterusnya. Bentuk yang diturunkan didasarkan pada akar kata txakolin, misalnya txakolin-ardo (anggur txakoli), txakolin-dantza (tari txakoli), txakolin-saltze (penjualan txakoli), txakolin gorri (merah txakoli) atau txakolin-etxe (rumah txakoli).

Anggur ini disebut chacolí (diucapkan pengucapan bahasa Spanyol: [tʃakoˈli]) dalam bahasa Spanyol, sebuah kata yang berasal dari bahasa Basque txakolin.[3] Referensi pertama untuk nama anggur ini di Spanyol adalah vino chacolín dalam sebuah dokumen dari País Vasco pada tahun 1520.[4] Anggur ini juga terkadang disebut chacoli dalam bahasa Perancis.[5]

Sebagian besar penulis mengasumsikan berasal dari bahasa Basque, tetapi asal-usul kata ini pada akhirnya tidak diketahui, kecuali untuk akhiran -in yang sering terjadi dalam cairan (lihat ozpin "cuka", pitipin atau txuzpin "anggur siram"),[6] kata ini tidak jelas.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Sampai tahun 1980-an, txakoli adalah sebuah anggur buatan rumah, dikonsumsi di País Vasco, Cantabria dan Valle de Mena, dan hampir berada dalam kepunahan menjelang pertengahan abad ke-19.[7] Namun, sejak beberapa varietas txakoli di País Vasco berhasil mencapai sertifikasi Denominación de Origen sejak tahun 1989,[8][9] kualitas, persebaran dan daya tarik anggur ini telah meningkat.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Entry for "txakolin" in the Hiztegi Batua.
  2. ^ Entry for "txakolin" in the Orotariko Euskal Hiztegia.
  3. ^ Entry for "chacolí" in the Diccionario de la Lengua Española.
  4. ^ «Lehen txakolin ardoa, orain txakolina», Euskonews & Media, 461. zenbakia, 2008-11-14.
  5. ^ Peuchet, J. Dictionnaire Universel de la Géographie Commerçante (1799-1800) Paris
  6. ^ Azkue, RM Diccionario Vasco-Español-Francés 1905
  7. ^ Barreda, Fernando (1947 1st reprint 2001). El chacolí santanderino en los siglos XIII al XIX. Santander: Editorial Maxtor Librería. ISBN 84-95636-84-0.  Check date values in: |date= (help)
  8. ^ Facaros, D & Pauls, M Bilbao and the Basque Lands Cadoganguides 2003
  9. ^ Arazi. "Getariako txakolina". Regulatory Council of the Denomination of Origin Getariako Txakolina. Diakses tanggal 6 June 2012.