Tuyul & Mbak Yul

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Tuyul dan Mbak Yul)
Tuyul & Mbak Yul
Genre
PembuatTripar Multivision Plus
SutradaraArizal
Pemeran
Penggubah lagu temaOzy Syahputra
Lagu pembuka"Tuyul & Mbak Yul" — Ozy Syahputra
Lagu penutup"Tuyul & Mbak Yul" — Ozy Syahputra
Penata musikChossy Pratama
Negara asalIndonesia
Bahasa asliBahasa Indonesia
Jmlh. musim3
Jmlh. episode260 (daftar episode)
Produksi
Produser eksekutifGobind Punjabi
ProduserRaam Punjabi
KameraMulti-kamera
Durasi60 menit
Rumah produksiTripar Multivision Plus
DistributorMNC Media
Rilis
Jaringan asliRCTI
Tanggal tayang asli1 April 1997 (1997-04-01) –
24 Desember 2002 (2002-12-24)
Kronologi
Dilanjutkan olehTuyul Milenium
Pranala luar
Situs web produksi

Tuyul & Mbak Yul adalah sinetron Indonesia produksi Tripar Multivision Plus yang ditayangkan perdana 1 April 1997 pada pukul 19.30 WIB di RCTI. Sinetron ini disutradarai oleh Arizal dan dibintangi oleh Ony Syahrial, Dominique Sanda, dan Tia Ivanka.

Tuyul & Mbak Yul ditayangkan di RCTI sejak 1 April 1997 hingga 24 Desember 2002, setiap hari Selasa pukul 19.30 WIB. Pada tanggal 13 September 2018, RCTI menayangkan sinetron ini lagi pada pukul 06.45 WIB. Pada tanggal 22 Juni 2020, ANTV kembali menayangkan sinetron ini pada pukul 06.30—08.00 WIB.

Sinopsis

Ucil (Ony Syahrial) adalah tuyul yang insyaf, tetapi Ucil dikejar-kejar oleh tuyul algojo yang diutus oleh raja tuyul. Awalnya Ucil lari ke pantai, dan di sana ia bertemu dengan jin laut yang bernama Kentung.

Perjalanan Ucil terus berlanjut hingga ia bertemu dengan Yulia (Dominique Sanda), atau yang lebih akrab dipanggil Mbak Yul. Mbak Yul tinggal bersama adiknya Sandra (Ersa Mayori), dan sepupunya yang berprofesi sebagai artis bernama Merry (Novita Wibowo).Selain itu, si ucil selalu menolong orang yang kesusahan.

Pemeran

Pemeran Peran
Ony Syahrial Ucil
Ocol
Dominique Sanda Yulia (Eps. 1 — 56)
Jackie Kezia Yulia (Kameo) (Eps. 128 — 148)
Regina Reviana Yulia (Eps. 150 — selesai)
Tia Ivanka Yulfani (Eps. 59 — 127)
Rita Herawati Yulisa (Eps. 107 — selesai)
Ersa Mayori Sandra
Novita Wibowo Merry (Eps. 10 — 192)
Slamet Djoyo Kentung (Eps. 1 — 53)
Robby Karelal Kentang (Eps. 96 — selesai)
Kenting (Eps. 134)
Anang Bachroni Sontol (Eps. 1 — 91)
Akke Tidouri Bonggol (Eps. 1 — 27)
Jamal Bulat Pampam (Eps. 27 — selesai)
Mamat Tuyul Samson (Eps. 96 — selesai)
Untung Blangkon Untung (Eps. 162 — selesai)
Rita Kusmiati Miller Putri/Melati (Eps. 1,2, 8, dan 9)
Gisela Cindy Pretty (Eps. 150 — selesai)
Dhani Bot Budi
Femmy Permatasari Yolanda (Eps. 6 — 12)
Shinta Bella Bella (Eps. 27 — 59)
Cecep Reza Hanya muncul di beberapa episode
Erwin Bagindo
Ramzi
Taufik Lala

Bintang tamu

Pemeran Peran
Adam Jordan Teddy (Eps. 1 — 2, 13)
Arhinza Satya (Eps. 12 — 13)
Joshua Suherman (Eps. 67)
Tenno Ali N/A
Chelsea Olivia Fira (Eps. 84)
Errina GD Erin (Eps. 70)
Helmalia Putri (Eps. 51 dan 90)
Nani Somanegara (Eps. 160)
Doni Pesurnay N/A
Sahrul Gunawan Junaidi
Robert Syarif Om Jin (Eps. 11)
Fuad Baradja Ayah Junaidi
Yuyun Sukawati Santi
Enno Lerian Enno
Dien Novita (Eps. 2)
Tina Toon (Eps. 119 dan 131)
Indra Sadji (Eps. 16 dan 152)
Muhammad Dwiky Riza (Eps. 119)
Gogon (Eps. 7)
Fairly Wattimena N/A
Gracia Indri Devi (Eps. 171)
Supangat N/A
Sutan Simatupang Rio (Eps. 92)
Geofanny Hasan (Eps. 25)
Caca Handika Tuyul Jambrong (Eps. 146)
Fadil Jaidi Adit (Eps. 203)
Latief Sitepu (Eps. 3)
Choky Andriano pengedar narkoba (Eps. 109)
Jane Shalimar (Eps. 120)}
Rita Hasan (Eps. 161)
Tinna Harahap (Eps. 71, 81, 112, dan 141)
Keterangan
  • N/A: Not Available

Trivia

  • Sepanjang episode Tuyul dan Mbak Yul dari episode pertama hingga tamat, hanya Ucil dan Mbak Sandra yang paling lama bertahan meskipun Ersa Mayori selaku pemeran Mbak Sandra sendiri sempat absen pada awal-awal penayangan.
  • Pemeran Mbak Yulia sempat mengalami 3 kali pergantian pemeran. 56 episode pertama dimainkan oleh Dominique Sanda, kemudian digantikan Jackie Kezia pada episode 128 hingga 145, dan terakhir Reggyna Reviana pada episode 150 hingga tamat.
  • Oleh para penggemar Tuyul dan Mbak Yul, ketiga pemeran Mbak Yulia mendapat julukan masing-masing. Dominique Sanda dijuluki Classic Mbak Yul, kerana ia merupakan pemeran yang paling diingat oleh para fans, mengingat ia adalah pemeran Mbak Yul yang pertama, selama Mbak Yul diperankannya, karakternya yang tegas dan lebih keibuan dibanding pemeran Mbak Yulia lainnya, kerap memarahi Ucil jika ia berbuat salah, selebihnya ia menyayangi Ucil sebagaimana adiknya sendiri. Jackie Kezia yang paling singkat memerankan Mbak Yul, (hanya 17 episode saja, dari episode 128 hingga 145), dijuluki Super Mbak Yul, selama ia memegang karakter Mbak Yul, hanya dialah yang memiliki adegan berantem melawan penjahat. Terakhir Reggyna Reviana, dijuluki Eternal Mbak Yul kerana dialah yang paling lama bertahan memerankan Mbak Yul.
  • Pada masa Dominique Sanda, cerita hanya difokuskan kepada Ucil dan Mbak Yul saja, Kentung, Sontol, Pampam, serta mbak-mbak lainnya hanya muncul sekilas saja.
  • Selama absennya karakter Mbak Yulia, sempat muncul sosok Mbak Yulfani, adik Mbak Yulia yang juga dipanggil Mbak Yul (diperankan oleh Tia Ivanka) yang bermain mulai episode 59 hingga 125.
  • Jackie Kezia yang menggantikan Dominique Sanda sebagai Mbak Yulia pada episode 128, sempat muncul di episode 62 sebagai cameo. Dimana dikisahkan para artis yang bernaung di Tripar Multivision Plus sedang melaksanakan donor darah.
  • Tak hanya pemeran Mbak Yulia kedua, Femmy Permatasari yang dulunya memerankan Mbak Yolanda, juga ikut muncul pada episode 62. Ia berada di belakang Cut Keke yang sama-sama menjadi cameo.
  • Selain Mbak Yulfani, Mbak Yul juga mempunyai adik perempuan yang bernama Mbak Yulisa, dan juga si bungsu, Mbak Sandra. Mbak Yul juga mempunyai kakak perempuan yang bernama Mbak Yolanda, yang sempat muncul pada episode 6 hingga 12.
  • Keluarga Mbak Yul terdiri dari 5 bersaudara. Si sulung bernama Yolanda, anak kedua adalah Yulia, anak ketiga Yulfani, yang keempat Yulisa, dan yang paling bungsu adalah Sandra.
  • Kedua orangtua para mbak-mbak dikisahkan tinggal di Amerika Serikat, namun hanya ayahnya saja yang pernah dimunculkan, yakni episode 26, sedangkan ibunya tidak pernah dimunculkan.
  • Kedua orangtua mbak-mbak dijanjikan akan dihadirkan pada saat episode lebaran, namun kenyataannya hingga episode terakhir mereka tidak pernah muncul. Hal tersebut yang membuat Mbak Sandra kerap menangis pada setiap episode lebaran.
  • Pada masa Tia Ivanka, ada beberapa episode spesial Ramadhan, dimana seluruh pemeran tuyul tidak memerankan tuyul, melainkan berperan sebagai manusia biasa, untuk menghormati bulan suci Ramadhan 1999.
  • Kegiatan syuting Tuyul dan Mbak Yul sempat dihentikan sementara kerana Krisis finansial Asia 1997.
  • Karakter Raja Tuyul tidak pernah dimunculkan wajahnya, tetapi suaranya pernah terdengar pada episode 86: Putus Lagi, dalam sebuah percakapan dengan Pampam melalui sambungan telefon.
  • Ada episode khusus yang menceritakan beberapa karakter dikisahkan memiliki kemiripan wajah, seperti Kenting yang adalah saudara kembar Kentang, Marsiyem yang wajahnya mirip Merry, Santi yang mirip Sandra, Mamat yang mirip Samsons, Yuli yang mirip Mbak Yul dan lain sebagainya. Belakangan nama Yuli dan Kenting dijadikan karakter tetap dalam versi reborn.
  • Marsiyem sempat kembali muncul pada episode 162, dimana ia memperkenalkan adik laki-lakinya yang bernama Untung (Untung Blangkon) untuk bekerja sebagai pembantu di rumah Mbak Yul. Untung juga mempunyai saudara kembar yang bernama Prapto, muncul di episode 177: Pak Guru dari Desa.
  • Samsons merupakan satu-satunya karakter yang berperan ganda hingga 3 karakter. Selain Mamat di episode 136, ia juga memerankan sosok suami dari tetangga Mbak Yul di episode 184.
  • Sebelum Samson dan Pampam, musuh Ucil awalnya hanyalah Sontol dan Bonggol. Kemudian Bonggol digantikan Pampam pada episode 28, kemudian Sontol digantikan Samson pada episode 96.
  • Selama penayangannya, Tuyul dan Mbak Yul sempat diwarnai bayang-bayang duka, dimana Slamet Djoyo sebagai pemeran Kentung, meninggal dunia pada pertengahan tahun 1998. Kemudian Anang Bachroni sebagai pemeran Sontol, juga meninggal dunia pada tahun 1999, sebelum merampungkan syuting episode 91.
  • Sempat terjadi misinformasi tentang pemeran Kentung. Beberapa media menyebutkan pemeran Kentung bernama asli Bambang Triyono, asal Sleman, dan meninggal dunia pada 2015, beberapa bulan setelah kematian Robby Karelal yang memerankan Kentang. Beberapa bulan kemudian, Ony Syahrial, melalui akun instagramnya @onisyahrial.sinchan (kini nonaktif) selaku pemeran Ucil, mengatakan bahwa Kentung diperankan oleh Slamet Djoyo, kelahiran Surabaya tahun 1960, dan sudah meninggal pada akhir April 1998. Setelah ditelusuri, nama Bambang Triyono (yang juga dipanggil Kentung oleh warga sekitar), dulunya merupakan pemegang rekor jamu jago tahun 1986 sebagai manusia tergemuk.
  • Kentung, Putri, dan Pretty merupakan 3 karakter yang tidak pernah terkena ledakan hingga gosong.
  • Rumah tempat Mbak Yul beserta adik-adiknya tinggal, kerap kali berganti-ganti setiap episodenya. Pada awalnya di Bambu Apus, sesekali di Cinere, lalu di Duren Sawit, kemudian di Graha Pejaten.
  • Untung merupakan karakter pembantu yang kelewat bodoh. Salah satu momen yang paling diingat oleh pemirsa ialah pada epsode 178—180 (Trilogi Suling Ajaib), dimana ia membanting tulang (yang dibelinya seharga Rp 2000 dari tukang bakso yang lewat di depan rumah), lalu menjungkir balik di pinggir kolam renang, setelah ia dinasehati oleh Ucil supaya bekerja keras, banting tulang dan jungkir balik.
  • Pada awal-awal penayangannya, Tuyul dan Mbak Yul kerap kali mengangkat isu-isu sosial seperti wajib belajar, menabung, mencintai alam, kebudayaan dan produk buatan Indonesia, namun setelah kemunculan Samson, Kentang dan Pretty, cerita berfokus kepada pertarungan Ucil vs Samson, dan Kentang vs Pampam, sehingga jarang terjadi interaksi antara Ucil (saat menjadi Tuyul) dengan Mbak Yulia.
  • Beberapa pemain yang mengundurkan diri, kebanyakan berfokus kepada sinetron lain yang melibatkan dirinya sebagai peran utama. Contohnya Teddy (Adam Jordan) terakhir bermain pada episode 12, kemudian memfokuskan diri di Tersanjung, Mbak Yulia pertama (Dominique Sanda) ia mengundurkan diri pada episode 56, dengan alasan tidak nyaman menggunakan wig saat syuting, kemudian ia menggunduli rambutnya, lalu memfokuskan diri pada sinetron Air Mata Ibu. Mbak Yulfani (Tia Ivanka) terakhir bermain pada episode 125, kemudian memfokuskan diri untuk Kehormatan dan Panji Manusia Millenium, Mbak Merry (Novita Wibowo) terakhir bermain pada episode 192, kerana sedang hamil anak pertama, ia tidak melanjutkan Tuyul dan Mbak Yul, kemudian setelah melahirkan ia berfokus pada Tersanjung 6 yang merupakan sinetron terakhirnya.
  • Berbeda dengan pemeran-pemeran yang tertulis pada point di atas, hengkangnya pemeran Putri atau Melati (Rita Kusmiati) sudah direncanakan sejak 1998 (saat runtuhnya pemerintahan Orde Baru) mengingat pada saat itu maraknya pembantaian warga keturunan Tionghoa, dalam sebuah siaran langsung di instagramnya @floradu2, Rita menjelaskan bahwa setelah reformasi, ia memutuskan berpindah ke Amerika Serikat mencari suaka perlindungan di sana. Kemudian, ia sempat kembali ke Indonesia pada Agustus 1999 dan kembali bermain pada episode 93 dan 94. Setelah itu ia kembali ke Amerika, dan menetap disana hingga kini. Saat ini Rita Kusmiati telah menikah dengan Lawrence "Larry" Miller, yang juga seorang penyandang disabilitas (Larry adalah seorang tunanetra), dan dikaruniai 2 orang anak yang terlahir tanpa ada kecacatan.
  • Pada beberapa episode, kerap kali muncul adegan Ucil membaca manga Crayon Shinchan sembari menirukan suaranya. Kerana ia adalah seiyu dari karakter Shinchan yang juga tayang di RCTI pada saat itu.
  • Tuyul dan Mbak Yul tamat tepat sehari sebelum Natal 2002, dengan episode terakhirnya Belajar Bahasa Inggris (episode 259), tanpa ada ending yang menceritakan momen spesial apapun. Namun pada episode 5 Tuyul Millenium, saat kembalinya Kentang (pemerannya sudah digantikan (Boy Sopingi), sempat dibahas bahwa Ucil sudah ditangkap dan dibawa ke hadapan raja oleh kedua algojo Tuyul.
  • Robby Karelal sempat kembali bermain pada season kedua Tuyul Millenium. Tak lagi memerankan Kentang yang protagonis, kali ini Robby memerankan karakter antagonis bernama Jin Besi yang hanya muncul pada episode 61.
  • Karakter Putri juga kembali dimunculkan dalam Tuyul Millenium. Tak lagi diperankan oleh aktris difabel, peran Putri yang tadinya dimainkan oleh Rita Kusmiati Miller, kini digantikan oleh aktris cilik pendatang baru Mutia Amalia (Mutia kelahiran 1993, saat bermain di Tuyul Millenium usianya baru 10 tahun).
  • Dalam sekuelnya Tuyul Millenium, Ony Syahrial kembali bermain mulai pertengahan season 1. Tak lagi menjadi Ucil, Oni berperan sebagai anak manusia bernama Leony yang dipanggil Ony. Namun, kerana ia diceritakan terlahir dalam keadaan sungsang, maka ia mempunyai kemampuan melihat Acil (Daus Mini) dalam wujud Tuyul, dan juga karakter Tuyul-tuyul lainnya.
  • Selain Oni, Jamal Bulat juga muncul di Tuyul Millenium, tetapi ia muncul menjelang episode terakhir season 1. Berbeda dengan peran sebelumnya sebagai Pampam, kali ini Djamal memerankan karakter baru bernama Pompom. Berbeda dengan Pampam yang merupakan panglima tuyul, Pompom adalah pangeran tuyul yang ditugaskan menggantikan Jendol (Andri Dado) kerana Jendol dianggap gagal dalam melaksanakan tugasnya.

Pranala luar