Tulehu, Salahutu, Maluku Tengah

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Tulehu)
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Tulehu
Desa
Negara Indonesia
ProvinsiMaluku
KabupatenMaluku Tengah
KecamatanSala Hutu
Kodepos97582
Luas....km²
Jumlah penduduk....jiwa
Kepadatan.....jiwa/km²


Tulehu adalah sebuah Desa di Kecamatan Salahutu, Maluku Tengah, Provinsi Maluku, Indonesia.[1] dan menjadi pintu masuk bagi penduduk dari pulau-pulau Saparua, Seram, Haruku, Nusalaut dan pulau-pulau lainnya ke Kota Ambon karena disini terdapat pelabuhan Tulehu (Port Of Tulehu).

Masyarakat Teluhu dan sekitarnya berbicara Bahasa Tulehu yang sedikit berbeda dalam dialek dari satu desa ke desa yang lain

Olahraga[sunting | sunting sumber]

Meskipun tidak luas, Tulehu ini dikenal sebagai tempat kelahiran dari beberapa pemain Sepak bola yang terkenal di Indonesia. Pemain yang berasal dari Tulehu seperti Hendra Bayauw, Hasyim Kipuw, Dani Lestaluhu, Alfin Tuasalamony, dan Imran Nahumarury. Pemerintah berencana untuk menghabiskan 2 billipn Rps pada tahun-tahun mendatang untuk mengembangkan bakat- bakat di Tulehu.[2][3] Tinnginya antusias dan semangat dalam sepak bola di Tulehu membuat semua warga yang ekonomi berkecukupan harus menyumbangkan bola setiap tahun untuk organisasi lokal sehingga semua anak-anak akan memiliki kesempatan untuk berlatih.[4]

Di film[sunting | sunting sumber]

Film Indonesia 2014 Cahaya Dari Timur: Beta Maluku ini di adaptasi dari buku berjudul Jalan Lain ke Tulehu. Baik buku maupun film mengulas akibat Maluku konflik sektarian, dengan buku yang ditulis oleh seorang wartawan yang terjebak di Tulehu ketika hal itu terjadi. Film ini adalah tentang peristiwa dan rincian bagaimana sepak bola mundur selama konflik tetapi juga membantu membangun kembali setelah itu. Sebagian besar adegan dan aktor dari Cahaya Dari Timur: Beta Maluku berasal dari Tulehu.[5]

Sumber Air Panas Tulehu[6][sunting | sunting sumber]

Ada dua tempat pemandian air panas di desa Tulehu yaitu Air Panas Talanghaha dan Air Panas Hatuasa. Air panas alami ini dipercaya bisa menyembuhkan penyakit dan menjadi tujuan wisata.

Budaya dan Agama[sunting | sunting sumber]

Laki-laki shalat di Masjid, 1980
Gadis berdoa di Masjid, 1980
Wanita menjual Jamu di jalan, 1980

Semua warga Tulehu Muslim dengan Islam berperan penting dalam kehidupan publik dan pribadi. Mesijd Jelu Tulehu adalah masjid dan bangunan terbesar di kota ini.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Tulehu, Maluku, Indonesia". Nona.net. 
  2. ^ Tjahjo Sasongko, ed. (23 February 2016). "Tulehu, Kampung Sepakbola di Maluku". Kompas.com (dalam bahasa Indonesian). Olahraga. Diakses tanggal 14 September 2016. 
  3. ^ Widodo Groho Triatmojo (26 May 2016). "Tulehu, Brasil-nya Indonesia Pencetak Pemain Sepak Bola Berbakat" (dalam bahasa Indonesian). Diakses tanggal 14 September 2016. 
  4. ^ "Geliat Negeri Tulehu setelah Dinobatkan sebagai Kampung Sepak Bola". JPNN.com (dalam bahasa Indonesian). JPNN. 11 March 2015. Diakses tanggal 14 September 2016. 
  5. ^ Faisal Fathur. "jalan lain ke tulehu dan agama baru yang bernama sepak bola (on the road to Tulehu and the new religion named Soccer)" (dalam bahasa Indonesian). Marxisme dan Sastra (Marxism and Literature). Diakses tanggal 14 September 2016. 
  6. ^ Media, Kompas Cyber. "Tulehu, Negeri Air Panas Alami - Kompas.com". KOMPAS.com (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2017-09-12.