Tulang Bawang Tengah, Tulang Bawang Barat

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Tulang Bawang Tengah
Negara Indonesia
ProvinsiLampung
KabupatenTulang Bawang Barat
Pemerintahan
 • Camat-Achmad Nazaruddin, S.IP.,M.IP
Luas
 • Total- km2 (Formatting error: invalid input when rounding sq mi)
Populasi
 • Total- jiwa
Kode Kemendagri18.12.01 Edit the value on Wikidata

Tulang Bawang Tengah nama sebuah kecamatan yang sebelumnya bernama Panaragan adalah ibu kota Kabupaten Tulang Bawang Barat yang sekaligus menjadi pusat pemerintahan dan perekonomian dari Kabupaten Tulang Bawang Barat, Lampung, Indonesia.

Panaragan sebelum masuk administratif Tulang Bawang Barat telah ada sejak era Kesultanan Palembang. Bermula Kesultanan Palembang dan Kesultanan Demak melakukan penyerangan terhadap Portugis di Malaka.

Dari pihak Kesultanan Demak mengirimkan pasukan Menggala Warok dari Ponorogo. Seusai penyerangan, pasukan dari Ponorogo diberikan sebuah tempat yang kini disebut Panaragan yang masuk kabupaten Tulang Bawang Barat dan Menggala yang masuk kabupaten Tulang Bawang sebagai bentuk tanda jasa atas ikut andil dalam penyerangan.[1]

Pada era Kolonial Belanda dan program transmigrasi juga dikirimkannya orang dari ponorogo untuk mengembangkan Panaragan, maka tidak sulit untuk menemukan kesenian Reog Ponorogo di Lampung.[2]

  1. ^ Geographic, National (30 juli 2015). "kisah raja muda dari demak yang menantang portugis". national geographic. Diakses tanggal 15 november 2020. 
  2. ^ Terkini, news lampung (11 oktober 2016). "reog dan tari bali meriahkan selamatan budaya". newS lampung terkini. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2020-01-28. Diakses tanggal 15 november 2020.