Tsugumi Ohba

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Tsugumi Ohba
Lahir1969
Tokyo, Jepang[1]
KebangsaanJepang
Dikenal atasDeath Note
Bakuman
Platinum End
PenghargaanEagle Award for Favourite Manga for Death Note

Tsugumi Ohba (大場 つぐみ Ōba Tsugumi) adalah seorang penulis manga yang lahir pada tahun 1969 di Tokyo, Jepang. Tsugumi dikenal dengan beberapa karyanya seperti Death Note, Bakuman, dan Platinum End. Karya-karya tersebut dirilis di majalah mingguan Shonen Jump. Ia juga bekerja sama dengan Takeshi Obata, dan menghasilkan manga yang terkenal.

Perjalanan Hidup[sunting | sunting sumber]

Tsugumi Ohba dan Takeshi Obata memulai karir mereka dengan mengerjakan karya Death Note pada tahun 2003, dan kembali bekerja sama pada tahun 2008 untuk manga Bakuman. Kedua karya ini mendapatkan versi anime, dan live action.

Tsugumi Ohba sangat merahasiakan identitasnya dari khalayak umum sehingga hanya sedikit informasi pribadi yang bisa diketahui. Selain tahun lahir yang diketahui, informasi mengenai jenis kelamin, nama asli, dan tanggal lahir masih misterius dan tidak diketahui kejelasannya.

Terdapat rumor yang mengatakan bahwa sebenarnya Tsugumi Ohba adalah seorang novelis veteran atau seseorang dengan nama pena Hiroshi Gamou, seorang mangaka yang sering membuat manga bergenre gag. Hal ini dikarenakan terdapat kemiripan cara penyampaian cerita oleh keduanya. [2]

Namun pada tahun 2008, setelah manga Death Note berakhir, baru diketahui bahwa Ohba adalah laki-laki dan mengidolakan Fujio Fujiko sang kreator Doraemon [3]

Karya[sunting | sunting sumber]

Kedua karya Tsugumi Ohba dipublikasikan di Weekly Shōnen Jump dan diilustrasikan oleh Takeshi Obata.

Logo Death Note

Death Note[sunting | sunting sumber]

Death Note (2003 - 2006) adalah manga yang Ohba dikerjakan bersama Takeshi Obata, menceritakan kehidupan seorang anak SMA bernama Light Yagami. Yagami menemukan sebuah buku catatan yang dapat membunuh siapa saja hanya dengan menuliskan namanya di dalam buku tersebut (dan mengenal wajahnya).

Plot dari cerita ini adalah keinginan Light Yagami untuk menciptakan dunia yang bersih dari kejahatan. Untuk menciptakan dunia tersebut, Ia mulai membunuh siapa pun yang menjadi penghalang rencananya, mulai dari pelaku kriminal, pihak yang berwajib, hingga detektif terbaik sedunia yaitu L.

Hal yang ingin Ohba sampaikan dalam manga ini adalah bahwa kematian akan menghampiri setiap orang dan pentingnya untuk menjalani hidup dengan sebaik mungkin. Selain mendapat versi animenya, manga ini telah diadaptasi ke dalam bentuk permainan (video game), film live action, cinderamata, panggung musikal [4] hingga drama televisi.

Sampul komik Bakuman

Bakuman (2008 - 2013) adalah manga yang Ohba juga kerjakan bersama Takeshi Obata, menceritakan dua orang anak SMA yang ingin menulis manga hingga sukses menjadi anime untuk mewujudkan mimpi dari salah satu pengarangnya, Moritaka Mashiro, yang berjanji kepada Miho Azuki, wanita yang ia suka pada masa SMA yang bercita-cita untuk menjadi seorang pengisi suara untuk anime yang merupakan adaptasi dari manga yang dikarang oleh Mashiro.

Skip! Yamada-kun[sunting | sunting sumber]

Skip! Yamada-kun (2014) adalah manga yang Ohba kerjakan bersama Rubico yang rilis di majalah mingguan Young Jump terbitan Shueisha. Manga ini menceritakan tentang seorang siswa SMA bernama Yamada yang membenci hal-hal yang menyusahkan dan berharap hidupnya bisa dilalui dengan mudah.

Platinum End[sunting | sunting sumber]

Platinum End (2015-2021) bercerita tentang Mirai Kakehashi, seorang siswa merasa tertekan dan tinggal bersama keluarganya yang kejam setelah ditinggal kematian orangtuanya. Awalnya Mirai ingin bunuh diri namun diselamatkan oleh seorang malaikat. Setelah peristiwa itu, Mirai mendapatkan kekuatan baru untuk menjadi kandidat seorang dewa baru dan menggantikan peran Tuhan yang akan pensiun 999 hari lagi.

Rujukan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "EXCLUSIVE: Tsugumi Ohba & Takeshi Obata Spotlight". Viz Media. May 28, 2012. Diakses tanggal 17 Februari 2022. 
  2. ^ "Takeshi Obata & Tsugumi Ohba". Jurnal Otaku. 21 November 2015. Diakses tanggal 17 Februari 2022. 
  3. ^ "Kala Kreator Death Note Jadi Penggemar Pencipta Doraemon". CNN.com. 30 Juni 2020. Diakses tanggal 17 Februari 2022. 
  4. ^ "Inilah Visual Baru Death Note The Musical Tahun 2020". Japanesestation. 13 Agustus 2019. Diakses tanggal 17 Februari 2022.